Menerapkan AI Based Marketing, Bagaimana Caranya?

ai based marketing

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari platform AI Based Marketing untuk mencapai tujuan yang intens tanpa kelelahan. Lebih dari sekadar membantu beban kerja, platform AI Based Marketing memang dapat menawarkan wawasan yang lebih komprehensif tentang basis pelanggan perusahaan dan memberikan strategi berbasis data yang mendorong konversi. Memangnya, apa itu AI Based Marketing dan apa manfaatnya?

AI Based Marketing adalah penggunaan teknologi AI untuk mengotomatiskan tugas pemasaran, meningkatkan efisiensi tim, dan memicu kreativitas. Salah satu contoh kasus penggunaan teknologi ini dapat mencakup apa saja mulai dari membuat konten blog hingga mengirimkan email penjualan. 

Apa Manfaat AI Based Marketing?

ai based marketing
Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa manfaat utama AI Based Marketing yang perlu Anda ketahui:

  • Salah satu manfaat terbesar AI Based Marketing adalah dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensinya. Dengan mempercepat proses pembuatan konten, maka bisnis dapat membebaskan waktu dan sumber daya yang dapat digunakan dengan lebih baik di tempat lain.
  • Manfaat besar lain dari AI Based Marketing adalah dapat membantu bisnis meningkatkan ROI mereka. Karena alat pemasaran yang didukung AI mampu memberikan wawasan secara detail dan rekomendasi berbasis data, maka bisnis dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang pengeluaran pemasaran mereka, yang mengarah ke hasil yang lebih baik.
  • AI Based Marketing juga dapat memicu kreativitas. Kreativitas merupakan salah satu aspek pemasaran yang paling diremehkan, tetapi tanpa itu, kampanye Anda akan gagal dan tidak berfungsi.
  • Berkat AI Based Marketing, maka kolaborasi lintas menjadi lebih baik. Alat konten AI dapat menawarkan pusat pembuatan pusat bagi tim Anda untuk membuat aset yang sesuai dengan gaya dan nada suara. Selain itu, Anda juga dapat dengan cepat menggunakan ulang salinan untuk semua saluran dan kampanye yang berbeda menggunakan template konten.

Bagaimana Cara Menggunakan AI Based Marketing?

ai based marketing
Sumber: Freepik

Mari jelajahi beberapa cara berbeda untuk memasukkan AI ke dalam saluran pemasaran Anda.

1. AI untuk Menulis Blog

Perlu dipahami, AI bukan untuk menggantikan penulis, namun AI hadir untuk membantu mereka. Dengan AI, maka seorang penulis dapat menyingkirkan blok penulis, membuat ringkasan dan garis besar konten, menghasilkan konten bentuk panjang dengan cepat, hingga menulis judul dan deskripsi blog dalam skala besar.

Meskipun alat konten AI dapat membantu Anda menulis lebih cepat, tapi perlu diingat bahwa itu tidak akan langsung siap untuk dipublikasikan. Konten yang Anda buat dengan AI masih perlu diperiksa fakta dan disunting oleh manusia di tim Anda. Sebagian besar alat bahkan dilengkapi juga dengan pemeriksa plagiarisme bawaan untuk membantu Anda mempertahankan kualitas.

2. AI untuk Copywriting

Copywriting (tulisan bentuk pendek) adalah salah satu aspek terpenting dari setiap kampanye pemasaran. Tapi itu juga bisa menjadi banyak pekerjaan, terutama ketika Anda berurusan dengan tenggat waktu yang ketat dan aset dalam jumlah besar. Bagi seorang copywriter, alat konten AI sangat berguna saat membuat konten bentuk pendek.

Dengan alat copywriting AI, maka pemasar dapat menghasilkan semua jenis salinan, dengan sangat cepat berupa salinan iklan, berita utama yang disesuaikan, baris subjek email, salinan halaman arahan, hingga satu halaman. Manfaat lain dari alat konten AI adalah mereka dapat membantu copywriter dengan salah satu aspek pekerjaan yang paling menyebalkan, yaitu blok penulis.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

3. AI untuk SEO

Optimisasi mesin pencari adalah tentang memahami apa yang dicari audiens target Anda, lalu memenuhi kebutuhan tersebut dengan konten. Nah, AI dapat membantu dengan itu. Alat konten AI dapat membantu SEO dalam hal melakukan penelitian kata kunci, membuat garis besar berdasarkan riset SERP, menghasilkan artikel berkualitas tinggi dengan lebih cepat, merangi kerusakan konten dengan mengoptimalkan konten lama, serta menulis judul blog dan deskripsi meta dalam skala besar.

AI telah terbukti menjadi sumber daya yang luar biasa bagi para profesional SEO, tetapi perlu dicatat bahwa konten yang Anda buat tetap harus ditinjau dan disunting oleh manusia di tim Anda. 

5. AI untuk Email Marketing

Email marketing adalah salah satu saluran paling efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan. Tapi itu juga bisa merepotkan, terutama saat Anda berurusan dengan daftar besar dan kampanye yang rumit. Nah, di situlah alat konten AI dapat membantu. Apakah Anda seorang penjual yang mencoba membuat email yang sempurna untuk daftar prospek, atau manajer pemasaran siklus hidup yang mengirimkan konten promosi, AI dapat membantu Anda membuat email 10x lebih cepat.

Buat baris subjek email dengan cepat yang secara konsisten mendapatkan tingkat pembukaan yang tinggi, tulis email penjualan yang dipersonalisasi, dan Anda juga dapat menyertakan gambar buatan AI yang cocok. Bahkan tim layanan pelanggan akan memperoleh bantuan yang mereka perlukan dan secara pribadi menanggapi pesan, komentar, ulasan, dan tiket dukungan dengan nada bersahabat secepat kilat.

6. AI untuk Media Sosial

Praktik terbaik dan algoritma kinerja platform media sosial terus berkembang, dan butuh waktu lama untuk membuat teks yang tepat untuk platform yang tepat. Untungnya, alat penulisan konten AI dapat membantu dengan cepat membuat salinan media sosial (dan bahkan gambar) untuk platform media sosial yang paling sesuai untuk merek Anda.

Munculkan lusinan teks Instagram yang cerdas, publikasikan artikel LinkedIn yang menghibur, tulis skrip video yang menarik untuk menjadi viral di YouTube dan TikTok, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

7. AI untuk Desain

Desain adalah area lain di mana AI mulai menonjol. Hampir mirip dengan alat tulis AI, alat seni AI seharusnya tidak menggantikan desainer Anda, tetapi harus memberi mereka cara lain untuk memicu kreativitas dan menghasilkan visual yang luar biasa dengan cepat untuk desain ulang merek, infografis, sampul ebook, visual situs web, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 3 Teknik Validasi Data yang Akurat, Kolaborasi dengan AI

Jika Anda sedang mencari cara untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit, maka AI Based Marketing bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan. Dengan begitu banyak manfaat dan aplikasi potensial, ada baiknya mempertimbangkan bagaimana AI dapat membantu tim Anda untuk mencapai sasarannya. Dan Verihubs siap membantu.

Dapatkan informasi detail dan service terbaik, Anda bisa langsung menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!