3 Manfaat AI Chatbot Customer Service, Optimalkan Sekarang!

ai chatbot customer service

Penggunaan AI chatbot customer service menjadi hal ideal di bisnis kekinian, sebab diketahui sistem ini memberikan banyak benefit untuk bisnis. Pada situs resmi bisnis misalnya, chatbot dapat memberikan respon dengan cepat dan tepat, tanpa membuat user-nya menunggu.

Kecerdasan buatan memang menjadi hal besar untuk bisnis karena berhasil menawarkan dan memberikan otomasi dalam berbagai aspek. Di sektor customer service sendiri, fungsinya dapat membantu staf customer service yang Anda miliki untuk memproses feedback yang masuk.

Baca Juga: Facial Verification untuk Bisnis, Ini 5 Manfaatnya

Penggunaan AI dalam Chatbot Customer Service

ai chatbot customer service
Sumber: freepik.com

Chatbot yang digunakan customer service sendiri akan memasukkan sistem machine learning dan natural language understanding untuk menirukan cara berbicara dari seorang manusia. Dengan demikian, customer atau pelanggan Anda akan merasa berinteraksi dengan manusia ketika memasukkan feedback di platform yang disediakan.

Memang, secara praktis kemampuan chatbot masih sangat terbatas pada pengenalan kata kunci, frasa yang sudah diatur sebelumnya, dan berbagai limitasi lain. Namun bahkan dengan keterbatasan ini, pemanfaatan chatbot benar-benar optimal untuk membantu user dalam memperoleh pengalaman yang lebih baik.

Sebenarnya masih ada beberapa penjelasan terkait dengan manfaatnya bagi bisnis yang Anda miliki, khususnya di sektor customer experience. Penjelasannya dapat Anda cermati di bagian berikutnya.

3 Manfaat  AI Chatbot Customer Service Bagi Bisnis

ai chatbot customer service
Sumber: freepik.com

1. Membantu Proses Penjualan

Manfaat pertama adalah membantu dalam proses penjualan. Mengapa? Sebab leads yang masuk akan diproses oleh sistem, dan dikumpulkan data-data pentingnya. Data ini dapat berguna untuk membantu menentukan preferensi user atau pelanggan.

Dari informasi yang diperoleh, persona setiap user dapat dilihat dan kecenderungan belanja yang mereka miliki akan dipetakan. Dalam waktu singkat, Anda dapat memperoleh data lengkap mengenai kebiasaan user bersangkutan.

Bisnis kemudian dapat membuat campaign yang benar-benar sesuai dengan preferensi ini, dan merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Rekomendasi ini sangat berguna, karena memudahkan user atau pelanggan dalam melakukan pembelian.

Sales dapat dicapai, dengan dimulai dari pengumpulan data-data pelanggan yang dimiliki melalui chatbot pada sektor customer service. Efeknya memang berantai, namun hulu dari proses ini adalah kenyamanan user pada layanan yang diterima, sehingga bersedia memberikan informasinya.

2. Menyelesaikan Masalah dan Menjawab Pertanyaan

Melakukan otomasi pada tugas rutin menjadi manfaat AI chatbot customer service berikutnya. Tugas rutin yang dilakukan, setiap waktu, setiap hari, menjadi hal yang cukup merepotkan terlebih jika Anda memiliki banyak sekali staf berbakat dan kompeten.

Dengan menggunakan dan mengoptimalkan AI di dalam bisnis di sektor customer service, maka staf yang ‘terjebak’ di tugas ini dapat dimaksimalkan pada pekerjaan lain yang membutuhkan tenaga dan bakat yang ada di dalam diri mereka.

Bukan berarti tugas di customer service tidak penting. Justru, titik ini jadi salah satu pos yang perannya besar di dunia bisnis karena jadi garda terdepan dalam melayani pelanggan secara langsung. Namun jika tugas yang dijalankan sebatas menjawab pertanyaan yang serupa dari waktu ke waktu, bukankah ini artinya Anda menyia-nyiakan sumber daya yang ada untuk kebutuhan repetitif?

Chatbot kemudian hadir dan membantu menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan rutin yang sering diajukan oleh pelanggan. Frequently asked question atau FAQ dapat dijadikan format default pada jawaban chatbot, dikaitkan dengan beberapa kata kunci yang diatur dalam jawaban chatbot pada bagian awal.

Dengan demikian pelanggan dapat menemukan jawaban yang diperlukannya, dan staf customer service dapat dialokasikan ke pos lain yang lebih strategis. Baru ketika chatbot menemukan titik buntu, staf ahli bisa masuk dan menangani masalah pelanggan ini.

3. Otomasi Tugas Rutin

Chatbot juga dapat membantu menjalankan tugas-tugas rutin yang terus-menerus harus dilakukan. Menjawab pertanyaan pelanggan jelas jadi salah satunya. Di samping itu urusan seperti pemesanan kamar, pemesanan ruangan untuk meeting, rekomendasi tanggal yang kosong, memberikan wawasan atau informasi awal mengenai bisnis pada user dari perusahaan lain, hingga berbagai urusan rutin lain yang dapat diselesaikan oleh chatbot.

Apa efeknya?

Staf yang menjalankan tugas ini dapat dimaksimalkan pada pos bisnis lain sehingga output yang didapatkan oleh bisnis dapat menjadi semakin maksimal. Optimasi sumber daya bisnis semakin baik, dan efisiensi kerja dapat terus meningkat.

Jelas, di satu dan lain hal masih banyak hal yang harus disadari sebelum menggunakan AI chatbot di dalam sektor customer service. Namun dengan penyesuaian yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaat optimal seperti yang disebutkan dalam bagian ini.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja dan Fungsi AI for Image Recognition 

Tidak sedikit bisnis yang telah menerapkan AI chatbot customer service di dalam perusahaan dan sistem bisnisnya. Anda juga dapat menjalankan hal ini dengan menggunakan berbagai produk, seperti yang ditawarkan oleh Verihubs. Proses otomasi menggunakan chatbot dapat berjalan dengan maksimal tanpa harus melakukan banyak penyetelan, sebab sistem dari produk Verihubs sendiri mudah diintegrasikan dengan berbagai model bisnis. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya