Bagaimana Cara Kerja AI Chatbot dan Contoh Penerapannya?

ai chatbot

Sebelumnya, chatbot hanyalah hal baru untuk layanan pelanggan. Namun sekarang, chatbot ini telah menjadi sangat canggih dan arus utama yang tidak dapat disangkal dengan kemajuan terbaru dalam AI, pembelajaran mesin, dan teknologi NLP. AI chatbot digunakan untuk segala hal mulai dari reservasi restoran hingga konsultasi medis virtual, dan penerapan teknologi ini terus berkembang pesat.

Inti dari AI chatbot modern adalah teknologi NLP (Natural Language Processing), yang memungkinkan mesin untuk memahami dan menginterpretasikan bahasa manusia. Chatbot dapat memberikan percakapan yang dipersonalisasi dan real-time dengan manusia dengan menganalisis data input, menjalankannya melalui algoritma, lalu merespons dengan balasan yang terdengar alami. 

Dengan munculnya AI, setiap perusahaan yang mengabaikan tren ini akan menanggung risikonya sendiri. Chatbot adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pemahaman dan apresiasi betapa kuatnya mereka.

Chatbot: Aset AI yang Berharga untuk Bisnis

ai chatbot
Sumber: Freepik

Penting untuk memahami cara kerja AI chatbot dan mengapa hal itu bisa mempengaruhi bisnis. AI chatbot akan memberikan balasan instan, sehingga para pelanggan merasa didengarkan dan waktu mereka dihargai. Dengan memanfaatkan preferensi konsumen untuk mengobrol online daripada duduk dan mengantre, maka waktu tunggu dapat dikurangi secara signifikan. Kemudian pada saat yang sama, tingkat konversi melonjak, khususnya di kalangan konsumen yang membutuhkan respon cepat atau akses ke informasi pribadi mereka secara instan. 

Melalui serangkaian percakapan terpandu, AI chatbot akan memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen tanpa perlu repot menunggu email atau perwakilan layanan pelanggan. Sebaliknya, AI chatbot dapat mengambil alih tugas-tugas biasa dan menghemat waktu karyawan. Selain itu, ini juga dapat membantu bisnis e-commerce dalam membuat saran produk yang disesuaikan dengan riwayat penjelajahan pengguna, pembelian sebelumnya, dan informasi demografis.

Hal ini akan membantu perusahaan menyediakan layanan pelanggan 24/7 karena chatbot tidak memerlukan hari libur. Selain itu, mereka juga dapat menangani tugas yang membosankan seperti mencari tahu di mana paket tersebut berada, yang menghemat waktu berharga bagi agen langsung yang menangani permintaan yang lebih menarik, sehingga akan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Dengan begitu, karyawan di perusahaan dapat dikerahkan untuk hal yang lebih strategis maupun penanganan masalah dengan konsumen yang melibatkan lebih banyak sisi emosional. Sehingga hal ini juga akan memudahkan bisnis dapat diimplementasikan secara lebih efektif. 

AI chatbot yang luar biasa bisa dikombinasikan dengan karyawan sehingga dapat membantu bisnis apapun dalam mengatasi lonjakan permintaan yang tidak terduga, atau penurunan mendadak dalam ketersediaan customer service, seperti saat karyawan sakit atau lainnya. Chatbot yang disediakan oleh Verihubs dapat secara signifikan menguntungkan bisnis dan pelanggan, karena chatbot dapat mengurangi waktu tunggu layanan pelanggan. Dan ini merupakan komponen penting dari rencana kesinambungan bisnis apapun. Segera miliki AI chatbot, hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs sekarang!

Baca juga: Peran Penting Verifikasi Biometrik di Berbagai Bidang Industri

Cara Kerja AI Chatbot 

ai chatbot
Sumber: Freepik

Chatbot adalah AI percakapan otomatis yang berpura-pura menjadi manusia dan melakukan tugas-tugas terprogram berdasarkan pemicu tertentu, merespons melalui web atau aplikasi seluler. Sama halnya seperti asisten virtual, chatbot ini memberikan dukungan untuk pengguna dengan cara yang sama seperti berbicara dengan orang lain. Dengan kemampuannya yang unik untuk mensimulasikan percakapan antara dua orang, maka Anda bisa memanfaatkan kekuatan teknologi ini untuk menambah kenyamanan dan efisiensi.

Jenis chatbot yang paling mendasar adalah bot pertanyaan-jawaban, di mana AI yang menggunakan aturan dan jalur pohon yang telah ditentukan sebelumnya untuk memberikan solusi yang telah ditentukan sebelumnya untuk pertanyaan spesifik. Bentuk chatbot ini tidak menggunakan AI yang canggih melainkan memiliki akses ke basis pengetahuan dan memanfaatkan pengenalan pola.

Tapi chatbot bisa menjadi lebih meyakinkan dan hidup ketika Anda memasukkan pemrograman AI, di mana chatbot berbasis AI tingkat lanjut memanfaatkan database informasi, pembelajaran mendalam, pembelajaran mesin, dan NLP untuk mengenali pola dalam percakapan. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk merespons secara realistis dan melibatkan pengguna seperti yang dilakukan manusia.

Program chatbot dirancang secara khusus untuk menyenangkan pelanggan dengan memanfaatkan algoritma berbasis AI yang berhasil memindai dokumentasi dukungan pelanggan dan percakapan sebelumnya untuk pola teks yang mirip dengan permintaan asli. Tentunya, hal ini memungkinkan untuk memberikan jawaban yang paling tepat dengan cepat dan akurat.

Baca juga: Bagaimana Liveness Check Dapat Meningkatkan Level Keamanan?

AI chatbot dengan cepat menjadi cara “masuk” untuk berkomunikasi dengan bisnis. Pelanggan saat ini menuntut kepuasan instan dan pengalaman berbelanja yang lebih disesuaikan di seluruh situs web, menjadikan chatbot sebagai alat yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin kebutuhan pelanggannya segera terpenuhi. Dengan kata lain, kepuasan instan sangat penting di era digital seperti sekarang ini!

Terapkan AI Chatbot, Pilih Verihubs!

Tak perlu bingung jika ingin menerapkan teknologi AI chatbot dalam bisnis Anda. Anda bisa menerapkan teknologi AI untuk keperluan verifikasi pada bisnis Anda dengan Verihubs. Produk-produk unggulannya terdiri dari Biometric Verification, Phone Number Verification, dan Identity Verification, yang merupakan sistem verifikasi yang cepat, akurat, dan efektif.

Semuanya bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dapatkan informasi lebih lanjut, langsung saja hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar