Bagaimana AI Dapat Memengaruhi Customer Experience?

AI Customer Experience

Tahukah Anda, bahwa Artificial Intelligence (AI) adalah terminologi yang muncul tahun 1956 untuk pertama kali melalui konferensi iptek di Dartmouth, AS. Artificial Intelligence dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya Artificial Intelligence, penerapannya pun menjadi semakin luas, termasuk munculnya AI customer experience.

Definisi Artificial Intelligence sendiri sebenarnya sangat luas, yaitu suatu kecerdasan buatan yang dirancang secara khusus dan dikembangkan oleh manusia. Seperti kecerdasan pada manusia, AI juga mampu berpikir dan bertindak rasional. Teknologi AI tercanggih bahkan memungkinkan sistem untuk dapat bergerak mirip manusia. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, maka AI dapat mengerjakan tugas dengan pintar tanpa harus mendapatkan perintah eksplisit. Kemunculan AI telah terbukti mampu meringankan pekerjaan manusia, terutama untuk jenis-jenis pekerjaan yang berulang dan memiliki pola kerja tertentu.

Sementara itu, AI customer experience muncul sebagai salah satu tren dominan dalam layanan pelanggan. Customer experience atau pengalaman pelanggan yang baik membantu orang merasa nyaman dengan pembelian dan merek/brand. Pengalaman positif ini akan mempengaruhi mereka untuk datang kembali di masa depan. Semakin efisien dan personal pengalamannya, maka akan semakin besar kemungkinan perusahaan dapat mengubah pelanggan pertama kali menjadi loyalis jangka panjang.

Apa itu AI Customer Experience?

AI Customer Experience
Sumber: Freepik

AI customer experience adalah pandangan holistik mengenai bagaimana pengalaman pelanggan ditambah dengan kecerdasan buatan. AI customer experience memanfaatkan teknologi seperti pembelajaran mesin pembelajaran mendalam, dan pemahaman bahasa alami untuk mengotomatiskan semua interaksi kecil yang membentuk pengalaman pengguna.

Lantas, bagaimana AI customer experience bekerja?

Salah satu contoh bagaimana AI menambah pengalaman pelanggan adalah melalui chatbot bertenaga AI, di mana chatbot AI dapat berfungsi secara digital melalui platform perpesanan seperti Facebook Messenger, email, dan asisten suara seperti Alexa dan Google Assistant, dan lain sebagainya.

Statistik chatbot menunjukkan bahwa manfaat terbesar chatbot dukungan pelanggan AI adalah menghilangkan waktu tunggu yang secara historis hadir dengan dukungan manusia saja, membantu perwakilan layanan pelanggan bekerja lebih efisien dan mengotomatiskan tugas biasa sehingga agen manusia dapat fokus pada masalah kompleks. Perusahaan yang menggunakan chatbot untuk layanan pelanggan menciptakan pelanggan yang lebih bahagia yang berubah menjadi loyalis jangka panjang dan mengurangi biaya layanan pelanggan.

Baca juga: Optimasi AI OCR dalam Sistem Perusahaan, Ini Manfaatnya!

Bagaimana AI Dapat Meningkatkan Customer Experience?

AI Customer Experience
Sumber: Freepik

AI dapat meningkatkan customer experience dengan banyak cara, di mana ini merampingkan proses dan meningkatkan dukungan otomatis untuk menyederhanakan tugas sehari-hari. Menggunakan AI untuk meningkatkan customer experience akan mendatangkan banyak keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan yang menilai perusahaan memberikan pengalaman baik, akan melakukan pembelian kembali atau membeli lebih banyak dan merekomendasikannya kepada orang lain.
  • Perusahaan dengan pola pikir customer experience akan mendorong pendapatan 4-8% lebih tinggi daripada industri lainnya.
  • Perusahaan yang memimpin dalam  customer experience dapat memenangkan persaingan.

Bagaimana AI Dapat Mengubah Customer Experience?

Perusahaan dapat menerapkan AI untuk menciptakan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik dalam tujuh cara utama ini:

  • Pengalaman pelanggan AI akan menciptakan iklan digital yang sangat relevan.
  • Pengalaman pelanggan AI akan mendukung pencarian yang dipersonalisasi.
  • Pengalaman pelanggan AI dapat membantu pelanggan menemukan harga terbaik.
  • Pengalaman pelanggan AI mampu memberikan jawaban langsung atas pertanyaan pelanggan.
  • Pengalaman pelanggan AI akan mengantisipasi dan mencegah masalah.
  • Pengalaman pelanggan AI dapat memberdayakan pelanggan untuk mendapatkan dukungan 24/7 di setiap saluran.
  • Pengalaman pelanggan AI mampu menghilangkan kerumitan pengembalian.

Baca juga: Foto Biometrik untuk Otentikasi Data, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh jika bisnis atau perusahaan Anda menerapkan Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah pengalihan tugas yang sifatnya repetitif kepada AI. Dengan memanfaatkan bantuan AI, maka pekerjaan repetitif itu bisa disetel secara otomatis sehingga bisa mempersingkat waktu.

Selain itu, AI customer experience juga dapat meningkatkan kemampuan produk yang sudah ada. Misalnya, voice assistant dari Google, di mana dengan tambahan AI maka Google Assistant dapat mengerjakan beberapa tugas seperti mengatur jadwal, menemukan kontak, hingga menyalakan perangkat pintar.

Bangun Ekosistem Digital Anda Bersama Verihubs!

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai membangun ekosistem digital Anda bersama Verihubs! Dari teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs akan memberikan berbagai solusi untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan standar keamanan lebih unggul.

Verihubs merupakan suatu perusahaan berbasis Saas (software-as-a-service) yang menyediakan solusi lengkap bagi kepatuhan dan keamanan bisnis digital perusahaan di Indonesia. Bersama dengan Verihubs, pengalaman pelanggan akan menjadi lebih lancar, operasional menjadi jauh lebih efisien, dan keamanan data terjaga karena berbasis teknologi.

Anda bisa mendapatkan service terbaik, jika Anda langsung menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar