Pentingnya Penerapan AI Data Extraction dalam Bisnis

AI Data Extraction

Perlu dipahami, bahwa sebagian besar informasi organisasi tersedia dalam format yang tidak terstruktur. Sehingga, pemrosesannya memerlukan sistem otomatis yang dapat menangani dokumen dengan interaksi manusia yang minimal. OCR menjadi salah satu teknologi tersebut, namun cakupannya terbatas karena memerlukan interaksi manusia dan sangat bergantung pada tata letak dan struktur dokumen yang akan diproses. Nah, keterbatasan ini diatasi dengan AI Data Extraction.

Menggunakan kecerdasan buatan, teknologi AI Data Extraction mengekstraksi data dari dokumen dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna melalui proses ekstraksi. Ini berfungsi sebagai alat tunggal untuk mengekstrak informasi dari semua jenis dokumen dan membantu mengoptimalkan operasi perusahaan.

Apa itu AI Data Extraction?

AI Data Extraction
Sumber: Freepik

AI Data Extraction merupakan sebuah proses membaca dan menangkap data penting secara otomatis dari sumber data yang masuk menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Itu dapat mengekstrak informasi dari dokumen cetak, gambar hasil pindaian, dan dokumen elektronik dalam berbagai format file.

Data yang diambil kemudian akan dialihkan melalui saluran yang sesuai, di mana data tersebut diperiksa dan diberikan kepada pengguna atau alur kerja yang sesuai.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara kerja AI Data Extraction, mari lihat batasan teknologi pengenalan karakter optik terlebih dahulu!

Keterbatasan OCR Berbasis Template

OCR tradisional tidak pernah dimaksudkan sebagai solusi untuk ekstraksi data dinamis, di mana ini pertama kali dibuat untuk menerjemahkan karakter tertulis menjadi ucapan untuk orang buta. Kemudian akhirnya, teknik itu digunakan untuk membaca dan mengenali teks hitam pada latar belakang putih. Oleh karena itu, OCR menghadirkan beberapa kesulitan sebagai berikut:

  • Sangat bergantung pada kualitas masukan, karena pengenalan teks dan kualitas ekstraksi berbanding lurus dengan kualitas input gambar yang diberikan ke mesin. Misalnya, ketika tinggi karakter kurang dari 20 piksel, maka presisi menurun drastis.
  • OCR tradisional membutuhkan penggunaan template dan aturan, di mana mesin harus diprogram untuk mengambil data dari bidang dan jalur yang tepat sesuai dengan peraturan yang ketat. Sehingga akibatnya, ia tidak mampu menangani berbagai dokumen dan berjuang dengan yang tidak terstruktur.
  • Karena ketergantungannya pada template dan aturan, maka OCR konvensional tidak memiliki banyak pilihan otomatisasi. 
  • Karena aturan dan algoritma tambahan diperlukan untuk meningkatkan akurasi, maka OCR klasik mungkin menjadi sangat mahal. Selain itu, pembuatan aturan dan algoritma ini tidak selalu memastikan hasilnya berkualitas tinggi karena kualitas input gambar juga menjadi faktor.
  • Ketika kertas dasar dengan sedikit perubahan dipindai dengan OCR standar, maka hasilnya seringkali sangat akurat. Namun, beberapa organisasi harus memproses berbagai dokumen di dalam proses mereka.

Semakin banyak keragaman dokumen, semakin besar kesulitannya. Karena fakta bahwa mesin OCR konvensional diajarkan dengan templat, ia tidak dapat mengikuti banyak dokumen.

Bagaimana Cara Kerja AI Data Extraction?

AI Data Extraction berfungsi mirip dengan kemampuan manusia untuk membaca dan mengenali pola dan karakter teks. Biasanya, individu akan membaca teks lalu secara manual memasukkan informasi yang diekstraksi ke dalam sistem, file data, atau database.

Dibutuhkan pendekatan yang agak berbeda, teknik ini meningkatkan kualitas teks atau gambar yang dipindai dan mengekstrak data yang dikumpulkan melalui serangkaian proses. Sementara itu, tenaga kerja manual membutuhkan waktu tambahan dan lebih rentan terhadap kesalahan manusia.

Baca juga: 3 Teknik Validasi Data yang Akurat, Kolaborasi dengan AI

Manfaat AI Data Extraction

AI Data Extraction
Sumber: Freepik

AI Data Extraction mampu meningkatkan efisiensi proses pengumpulan dan penggunaan data bisnis atau perusahaan Anda sejak awal. Ini akan menyelesaikannya dengan memanen data secara real-time, mengirimkannya ke sistem utama, dan memberikan informasi penting kepada pengguna akhir dengan segera.

Berikut ini adalah beberapa cara di mana perusahaan Anda dapat memperoleh keuntungan dari AI Data Extraction:

  • Menghilangkan tugas yang memakan waktu dan membosankan.
  • Mengurangi biaya operasional.
  • Point-of-capture-only. Semakin banyak data yang ditangani, proses menjadi lancar dan efisiensi prosedur tersebut meningkat.
  • Dapat meningkatkan sinergi organisasi.
  • Keamanan yang ditingkatkan. Jejak audit sepenuhnya bersifat publik dan mudah diakses oleh otoritas di masa mendatang.
  • Sistem AI Data Extraction dapat menghasilkan data berkualitas lebih tinggi karena kategorisasi bebas kesalahan dan karakterisasi data masuk. Selain itu, data terhubung ke jejak audit, yang memastikan bahwa tidak ada standar kepatuhan terkait data yang dilanggar. 
  • AI Data Extraction memungkinkan satu platform untuk melayani pengguna dan prosedur khusus departemen. Dengan begitu, proses pengambilan data, validasi, dan perutean disederhanakan, dan kurva pembelajaran untuk berbagai aplikasi dalam bisnis yang sama dapat dihindari.
  • Peningkatan produktivitas.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

AI Data Extraction memungkinkan perusahaan untuk mengambil langkah awal yang tepat untuk membangun prosedur pengelolaan data yang lebih baik. Ini juga menjadi prasyarat untuk mengembangkan proses otomasi yang efektif untuk organisasi Anda secara keseluruhan.

AI Data Extraction mengumpulkan dan menganalisis data menggunakan beberapa perangkat untuk mengekstrak informasi penting dan mengarahkannya ke sistem utama. Selain itu, pembelajaran mesin juga memungkinkan perangkat lunak penangkap data yang cerdas untuk mendidik dirinya sendiri untuk membedakan antara berbagai jenis data dan secara akurat mengkategorikan data standar dan unik, sehingga mempercepat dan meningkatkan proses dari waktu ke waktu.

Bangun Ekosistem Digital Bisnis Anda Bersama Verihubs!

Jika Anda ingin mulai membangun ekosistem digital bisnis Anda, Anda bisa memilih Verihubs sebagai partner yang tepat. Verihubs dengan sistem teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan, akan memberikan berbagai solusi untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan dengan standar keamanan yang lebih unggul.

Untuk mendapatkan informasi detail dan service terbaik, silakan menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang!

Artikel Terbaru Kami

cara login whatsapp dengan nomor yang hilang

Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

kode verifikasi whatsapp

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

sumber pendapatan tambahan karyawan

Ketahui 7 Contoh Sumber Pendapatan Tambahan Karyawan!