Bagaimana AI Dapat Membantu dalam Financial Planning?

ai financial planning

Teknologi mengubah dunia dengan sangat cepat, dan hal ini membuat bisnis sering mengalami kesulitan untuk mengejar dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Saat ini, kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) adalah beberapa tren tekfin terpanas, bahkan algoritma sederhana dapat menganalisis data dan memecahkan masalah tertentu dengan lebih efektif daripada manusia. Kira-kira, bagaimana AI dapat membantu financial planning?

Bagi banyak industri, memanfaatkan kekuatan AI sangat penting untuk bisa sukses di pasar yang sangat kompetitif, dan bidang keuangan adalah salah satunya. Lantas, bagaimana AI dapat membantu dalam financial planning?

Penerapan AI pada 5 Langkah Financial Planning

ai financial planning
Sumber: Freepik

Baik financial planning individu maupun perusahaan dapat dianggap sebagai siklus dari beberapa tahapan utama, yaitu dari penilaian situasi saat ini hingga bertindak berdasarkan rencana yang telah disusun dan penilaian hasil serta perubahan rencana yang sesuai. Mari lihat bagaimana AI dan ML dapat membantu manajer keuangan di setiap langkah financial planning, melakukan tugas rutin, dan menawarkan analisis yang lebih mendalam dan lebih komprehensif.

1. Mempelajari dan Menganalisis Situasi Saat Ini

Setiap financial planning dimulai dari memahami keadaan keuangan seseorang (atau perusahaan jika kita berbicara tentang perencanaan perusahaan). Data biasanya akan dikumpulkan menggunakan kuesioner yang berfokus pada pendapatan klien, pengeluaran, portofolio dan aset saat ini, kewajiban, pertanggungan asuransi, kesehatan dan keluarga.

AI akan membantu menganalisis profil klien dengan lebih efektif. Dengan mengumpulkan tidak hanya data yang diberikan dengan menjawab pertanyaan umum, tetapi juga dari sumber lain, seperti rekening bank (tentang kebiasaan belanja) dan jejaring sosial (tentang gaya hidup dan pengejaran materi seseorang), maka AI dapat membuat profil yang lebih lengkap dan komprehensif untuk keuangan lebih lanjut. saran perencanaan dan investasi.

Dengan menggunakan model matematika, pembelajaran mesin tidak hanya mampu memberikan kesimpulan yang lebih akurat dari banyak variabel daripada aturan dan rumus manual, tetapi juga memberikan hasil yang lebih baik jika ada data yang hilang, rusak, atau anomali.

2. Mengidentifikasi Tujuan

Setelah pembuatan profil awal, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan yang jelas untuk sebuah rencana keuangan. Mungkin ada satu atau beberapa tujuan, seperti tingkat pengembalian investasi yang diinginkan, jumlah uang yang diperlukan untuk pembelian besar, atau rencana pensiun. Sangat penting untuk memprioritaskan setiap tujuan dan menetapkan kerangka waktu untuk mencapainya.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan pada langkah pertama, maka AI dapat membantu menggambar peta jalan menuju sasaran dan memprediksi berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapainya jika pengguna terus mempertahankan tingkat pendapatan dan pengeluaran saat ini atau mengubah kebiasaan mereka dengan cara tertentu.

3. Mengembangkan Rencana

Memiliki gambaran lengkap mengenai situasi dan tujuan keuangan klien, AI dapat memberikan saran manajemen kekayaan yang dipersonalisasi. Didukung oleh ML, penasihat robot modern bertindak sebagai AI keuangan pribadi dan memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan manajer manusia. Beberapa manfaat dan keunggulannya adalah saran yang selalu tidak memihak dan real-time, skalabilitas tak terbatas, dan biaya lebih rendah. 

Saat memilih instrumen investasi, AI dapat menganalisis banyak sekali faktor, termasuk juga risiko keamanan, peringkat kredit obligasi, ukuran portofolio, persyaratan diversifikasi, pajak, dan banyak lagi. 

Selain investor individu, AI juga dapat membantu bisnis dengan financial planning digital dengan mendeteksi aset yang berisiko terhadap eksposur pasar tertentu atau memodelkan bagaimana peristiwa politik atau sosial akan memengaruhi aset perusahaan. Asuransi, bagian penting lainnya dari financial planning, juga dapat ditingkatkan dengan AI, yang dapat menganalisis semua polis yang tersedia dan memilih paket asuransi yang paling menguntungkan dan sesuai kebutuhan.

4. Menerapkan Rekomendasi

Aspek lain di mana robot sangat membantu manusia adalah operasi rutin. Dipandu oleh AI, otomatisasi proses robotik (RPA) mampu mengeksekusi perdagangan, berinvestasi, dan membayar tagihan secara otomatis, serta membantu pekerjaan padat sumber daya dari Perencanaan dan Analisis Keuangan perusahaan (F&PA). Menurut penelitian, menggunakan AI  dalam biaya keuangan sekitar sepertiga dari mempekerjakan karyawan lepas pantai dan seperlima dari mempekerjakan karyawan darat.

5. Memantau dan Menganalisis Kinerja

Ketika rencana keuangan dijalankan, itu artinya pekerjaan tidak berhenti sepenuhnya. Dalam situasi pasar yang selalu berubah saat ini, maka penting untuk terus memantau kinerja dan membuat penyesuaian rencana secara tepat waktu. Dan AI juga dapat membantu mengenai hal ini.

AI dapat memproses data mentah dalam jumlah besar dalam hitungan detik, mengirimkan teks dan laporan visual yang dapat dicerna. Tidak seperti manusia, yang secara tidak sengaja cenderung berfokus pada satu aspek masalah, AI akan tetap mengetahui detail terkecil sekalipun. Hal ini membuat robot keuangan berguna untuk melindungi kepentingan perusahaan dan memprediksi risiko dengan bantuan metode simulasi probabilitas risiko dan algoritma lainnya. Dengan menggunakan AI, maka seorang manajer keuangan memiliki gambaran lengkap tentang situasi saat ini untuk membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah di Berbagai Negara

AI Financial Planning untuk Individu dan Bisnis

ai financial planning
Sumber: Freepik

AI dan ML adalah sekutu yang kuat di setiap langkah proses financial planning baik untuk individu maupun bisnis. Dibandingkan dengan manajer keuangan manusia, robot memiliki manfaat skalabilitas yang tidak terbatas. Semakin murah dan cerdas, maka akan semakin banyak data yang diproses dan semakin banyak klien yang mereka miliki.

AI dapat menganalisis secara komprehensif metrik keuangan yang kompleks dan menawarkan wawasan mendalam terkait risiko, liabilitas, likuiditas, dan juga aspek lainnya, mendeteksi pola yang sering luput dari perhatian manusia.

Saat ini, ketika ada pertumbuhan yang stabil dalam minat masyarakat umum untuk berinvestasi di saham, maka perangkat lunak AI financial planning menawarkan keunggulan kompetitif yang diperlukan untuk membuat saran investasi terjangkau bagi orang-orang dan mengirimkannya langsung ke smartphone mereka. 

Jika ingin menerapkan teknologi canggih ini, Verihubs menawarkan teknologi AI yang akurat sebagai layanan verifikasi identitas dengan Face Recognition. Dengan teknologi AI, Face Recognition dari Verihubs mampu mengenali identitas asli pengguna pada bisnis Anda melalui perbandingan wajah antara selfie dan foto KTP, atau suatu database secara cepat dan akurat.

Silakan hubungi kontak layanan pelanggan Veruhubs dan dapatkan informasi lengkap mengenai setiap produk yang ditawarkan oleh Verihubs. Klik di sini sekarang!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya