Pentingnya Penerapan AI ID Verification pada Bisnis Anda

AI ID Verification

Berbagai macam bisnis dan organisasi memerlukan verifikasi identitas seperti AI ID Verification, apakah itu untuk verifikasi tanda tangan ataupun pengenalan wajah. Hal ini penting, karena mengidentifikasi penipuan menjadi sebuah tantangan yang harus dilindungi. Bahkan dalam beberapa kasus, konsekuensi dari kehilangan kasus penipuan bisa sangat parah, baik keuangan, pelanggaran data atau dalam kasus keamanan tinggi, bahkan risiko nyawa.

Pencurian identitas terus menimbulkan tantangan bagi konsumen karena penjahat mengembangkan mekanisme yang baru untuk melakukan penipuan. Memanfaatkan teknologi terbaru seperti AI ID Verification untuk memverifikasi tanda tangan dan wajah memberikan kerangka keamanan yang jauh lebih kuat untuk mengatasi masalah penipuan identitas. Ini juga akan membantu membangun kepercayaan dalam verifikasi identitas yang sangat mudah dan konsumen merasa lebih yakin bahwa informasi pribadi mereka dilindungi.

Aplikasi AI yang menggunakan Machine Learning dan Deep Learning mengantarkan era baru proses otomatis untuk ID Verification dalam skala besar dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. AI juga membantu verifikasi ID biometrik, di mana hal ini memberikan perlindungan tingkat berikutnya dalam hal keamanan. Sidik jari, wajah, dan iris adalah unik bagi setiap orang, yang sulit untuk dipalsukan. Tak heran, biometrik berada di urutan teratas ketika ada masalah keamanan tinggi untuk verifikasi ID.

Manfaat ID Verification yang Ditingkatkan oleh AI

AI ID Verification
Sumber: Freepik

Beberapa manfaat ID Verification yang disempurnakan AI adalah sebagai berikut:

  • Pencegahan penipuan identitas: aa banyak jenis pencurian dan penipuan identitas yang berdampak pada konsumen dan organisasi. Jadi, verifikasi identitas yang akurat dengan kekuatan AI bisa mencegah kerugian finansial, pelanggaran data, dan risiko keamanan dari penipuan identitas.
  • Akurasi dan keamanan yang lebih baik: layanan verifikasi identitas secara otomatis mengurangi beban operator manusia. Hal ini lebih teliti dan memberikan hasil yang lebih akurat, yang meningkatkan akurasi proses verifikasi ID secara keseluruhan.
  • Kurangi tingkat pengabaian onboarding: skema identitas elektronik (eID) berpotensi mengurangi tingkat pengabaian. Meskipun eID telah terbukti meningkatkan orientasi, namun semuanya memiliki mekanisme keamanan yang berbeda untuk identifikasi dan otentikasi dan terkadang tidak memiliki pengenalan lintas batas. AI dapat meningkatkan tingkat akurasi serta mampu mengurangi pengabaian pelanggan.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

AI ID Verification, Bagaimana Cara Kerjanya?

AI ID Verification
Sumber: Freepik

Kecerdasan buatan adalah paradigma simulasi yang memungkinkan komputer dan mesin melakukan keputusan seperti layaknya manusia dan mengotomatiskan tugas dan aliran proses. Sistem ini dapat dimanfaatkan dengan sangat sukses oleh gerbang keamanan siber institusi untuk mencegah pencurian identitas, karena algoritme komputer dapat dengan mudah menganalisis data dan melatih model deteksi berdasarkan hasil mereka. Hal ini juga memungkinkan untuk memeriksa, memverifikasi, dan mengotentikasi identitas pada skala yang dibutuhkan oleh lembaga keuangan besar.

Ketika rekening bank dibuka, nasabah biasanya akan menunjukkan KTP, SIM, atau dokumen identitas resmi lainnya yang dipindai untuk registrasi dan verifikasi. Verifikasi dokumen digunakan untuk mengecek keaslian dokumen melalui OCR (Optical Character Recognition) yang dapat mengenali teks dalam dokumen dan gambar yang dipindai. Pada tahap ini, teknologi mampu mengonfirmasi teks microprint asli dan memanfaatkan pengenalan wajah untuk mencocokkan identitas.

Dengan menambahkan pembelajaran mesin dan teknik otomasi ke dalam proses identifikasi, maka proses verifikasi dapat menjadi lebih cepat dan lebih akurat daripada pemeriksaan online dan bahkan manual yang ada.

Baca juga: Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah di Berbagai Negara

Pentingnya Penerapan AI ID Verification

Mempekerjakan AI dalam verifikasi identitas dapat meningkatkan keamanan secara signifikan dan memberi bisnis keunggulan kompetitif yang nyata. AI ID Verification dapat meningkatkan seluruh proses verifikasi dari awal hingga akhir dengan membuat verifikasi menjadi lebih cepat, lancar, dan juga akurat. Namun, dibutuhkan keahlian nyata untuk “melatih” algoritma sehingga dapat menghasilkan hasil yang Anda inginkan.

Secara mendasar, AI ID Verification sebenarnya terus berkembang dari waktu ke waktu, dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimilikinya. Di dalam konteks kekinian, optimasi teknologi ini juga terus digunakan untuk mendukung berbagai sektor. Jadi, pastikan Anda bermitra dengan perusahaan AI ID Verification yang memiliki keterampilan, teknologi, dan kedalaman pengetahuan yang Anda perlukan untuk bisnis Anda. 

Anda memang harus memilih dengan cermat pada penyedia layanan verifikasi identitas, seperti yang disediakan oleh Verihubs. AI ID Verification yang disediakan Verihubs, melalui OCR for ID Card, ID Check, Face Recognition dan Liveness Detection, optimasi fungsi dan manfaat bisa diperoleh dengan mudah dan fleksibel dari sisi penggunaan. Verifikasi identitas pengguna menggunakan sumber data terpercaya, sehingga hasilnya lebih valid.

Jangan tunda lagi, segera hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang, dan dapatkan informasi lengkap terkait setiap produknya! Bermitra dengan Verihubs, pengalaman pelanggan akan menjadi lebih lancar, operasional bisnis Anda menjadi lebih efisien, dan keamanan data terjaga karena berbasis teknologi.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya