6 Use Case Teknologi AI Image Processing dalam Industri

ai image processing

Memahami konsep image recognition dalam konteks teknologi, dapat didefinisikan sebagai kemampuan sebuah perangkat lunak untuk mengidentifikasi sebuah objek, tempat, sosok orang, tulisan, atau sebuah gerakan pada gambar digital. Sistem komputer dapat menggunakan teknologi penglihatan mesin yang dikombinasikan dengan kamera dan AI, yang menghasilkan perangkat AI image processing untuk dapat mengenali sebuah objek.

Baca Juga: 3 Jenis Software HRD dan Perannya dalam Proses Verifikasi

Cara Kerja dari AI Image Processing

AI image processing

Sumber: freepik.com

Secara ideal, makhluk hidup seperti manusia dan hewan memiliki kemampuan untuk mengenali objek. Namun komputer menemukan sedikit kesulitan jika tanpa disertai dengan sistem atau program yang ditujukan untuk ini.

Dengan berbekal deep learning dan machine learning, komputer kemudian dapat ‘belajar’ untuk mengenali objek yang ditentukan kriterianya. Jelas, pelabelan masih diperlukan agar komputer dapat mengidentifikasi objek berdasarkan citra yang didapatkan.

Namun ketika sudah beroperasi, kemampuan pengenalannya akan terus meningkat dan menjadi sangat ahli pada satu titik tertentu.

Jika dijelaskan dalam poin singkat, setidaknya ada tiga langkah yang akan dilakukan oleh komputer dan AI dalam memproses sebuah citra atau gambar.

1. Seperangkat data dengan gambar serta labelnya dikumpulkan. Misalnya, gambar seekor kucing yang perlu diidentifikasi sebagai kucing, atau gambar wajah manusia yang harus diidentifikasi dan dilabeli dengan wajah, seperti pengenalan manusia terhadap objek tersebut

2. Jaringan dari sistem akan mendapatkan data ini dan ‘dilatih’ dengan ciri yang ada di citra tersebut. Pada sistem komputer yang canggih, mereka akan dapat mendeteksi adanya fitur-fitur yang sudah dimasukkan sebelumnya untuk dapat dikenali mesin dan menjadi pegangan.

3. Beberapa jenis gambar yang belum memiliki label pada sistem kemudian akan masuk dalam prediksi dan ‘tebakan’, dengan tetap mengacu pada data yang sudah dimasukkan. Prediksi ini bersifat dinamis, dan dapat berubah sesuai dengan proses yang terjadi dan database yang dimiliki sistem

Perannya dalam Pengenalan Citra Wajah

AI image processing

Sumber: freepik.com

Secara praktis, peran AI dalam sistem pengenalan wajah ini akan sangat besar. Tidak hanya bersifat mempercepat dan meningkatkan akurasi pencocokan dan pengenalan, AI juga dapat membantu banyak dalam meningkatkan proteksi dari upaya pemalsuan.

Mengapa demikian?

Sebab secara praktis teknologi AI image processing akan dapat mengenali citra asli dan citra palsu, dan membedakannya dengan akurat. Dengan begini upaya pembobolan atau pemalsuan yang dilakukan oleh oknum kriminal akan sangat sulit terjadi.

Algoritma dalam pengenalan citra ini akan menganalisis model tiga dimensi dan tampilan sebuah citra dari berbagai sudut menggunakan fitur deteksi tepi citra. Sistem akan terlatih dengan jutaan citra yang dianalisis dan dilabeli, dibantu dengan machine learning terarah.

Use Case pada Sektor Bisnis

AI image processing

Sumber: freepik.com

Penggunaan AI image processing sebenarnya tidak terbatas pada urusan pengenalan wajah saja, namun pengenalan citra dan objek umum. Penerapanya dalam bisnis dapat mencakup banyak hal, sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa use case dari teknologi ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Facial Recognition

Teknologi ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dalam pemanfaatan AI image processing. Proses yang optimal menggunakan AI dapat menghasilkan output analisis yang akurat terkait wajah seorang user, sehingga sistem dapat mengenalnya dengan baik. Aplikasinya beragam, mulai dari membuka kunci smartphone, login media sosial dan akun elektronik, dan lain sebagainya.

2. Visual Search

Pencarian gambar atau citra juga dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi ini. Dalam waktu singkat, gambar yang dimasukkan dapat diidentifikasi dan dilabeli sesuai dengan pencarian, untuk diproses dan ditemukan gambar-gambar sejenis dengan label yang mirip. Dengan demikian user dapat memperoleh hasil pencarian gambar yang diinginkan.

3. Diagnosis Medis

Pada dunia kesehatan, AI image processing juga dapat membantu menganalisis hasil pemindaian organ dalam atau kondisi tubuh seseorang. Dengan menemukan kecocokan pada ciri-cir yang ada, gejala penyakit, kondisi kesehatan, dan situasi lain yang ada di dalam tubuh dapat lekas dikenali. Hal ini jelas berpengaruh besar untuk membantu proses penyembuhan dan penanganan dini.

4. Quality Control

Proses quality control juga dapat dipercepat dengan pemindaian produk yang akan dicermati kualitasnya. Prosesnya akan menjadi lebih cepat dan akurat, selama hasil citra yang diperoleh juga jelas sesuai dengan kebutuhan sistem.

5. Deteksi Dini Fraud

Prosedur ini dapat diotomatiskan dan ditingkatkan kualitasnya menggunakan AI photo recognition, yang menjadi salah satu jenis dari AI image processing. Contoh paling jelas adalah upaya fraud pada dokumen perbankan, yang dapat dianalisis dengan cepat menggunakan teknologi ini. Pencocokan data asli dengan data yang dimasukkan oknum tidak bertanggungjawab akan segera diketahui dalam waktu singkat.

6. Identifikasi Seseorang

Identifikasi seseorang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi ini. Pemerintah, dalam hal ini, telah mulai menggunakan identifikasi wajah guna mengenali identitas warga negaranya. Bahkan data ini sudah disematkan di kartu identitas yang dimiliki, sehingga ketika dipindai akan muncul data mengenai pemegang kartu identitas tersebut.

Baca Juga: Memahami 3 Contoh Integrasi Data dalam Bisnis

Secara mendasar, AI image processing memiliki aplikasi yang sangat luas untuk dunia bisnis dan berbagai industri lain. Selama digunakan dengan tepat, teknologi AI akan memberikan manfaat optimal. Dengan catatan, kontrol penuh wajib dimiliki oleh setiap penggunanya, sehingga teknologi ini tidak berkembang atau disalahgunakan ke area yang melanggar hukum dan batas kewajaran. Salah satu bisnis yang menggunakan banyak dukungan AI dalam produknya adalah Verihubs. Perusahaan kami menyediakan berbagai produk verifikasi yang dapat digunakan dengan dukungan AI, sehingga hasil verifikasinya lebih akurat, prosesnya cepat, dan efektif. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi selengkapnya terkait setiap produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

contoh ocr

Ini Dia Contoh OCR (Optical Character Recognition) & Cara Kerjanya!

bisnis yang menguntungkan

13 Rekomendasi Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Ini

manfaat sertifikat elektronik

Manfaat Sertifikat Elektronik: Jenis & Contohnya!