Kenali Perbedaan AI dan Machine Learning serta Penerapannya

AI Machine Learning

Teknologi yang kian lama semakin cepat berkembang, sehingga muncul banyak hal seperti artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) untuk semakin memudahkan kehidupan manusia. Mulai dari industri teknologi untuk membantu mengambil keputusan, industri media untuk memberikan insight dan rekomendasi, hingga industri pertanian, dan lainnya yang mulai terbantu dengan adanya AI dan machine learning

Perputaran informasi yang cukup pesat di era yang serba digital seperti saat ini, lantas memungkinkan banyak orang yang tertarik dapat mempelajari AI dan machine learning. Namun, sebelum mempelajarinya Anda harus tahu perbedaan AI dan machine learning terlebih dahulu!

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

AI Machine Learning
Sumber: Freepik

Artificial intelligence (AI) adalah rancangan manusia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga bisa melakukan suatu task atau pekerjaan tertentu. Kegunaan dari AI adalah sebagai asisten manusia, di mana pada dasarnya AI diciptakan sebagai pendamping, bukan pengganti manusia.

Namun, AI sendiri bisa diprogram sedemikian rupa sehingga kecerdasannya bisa melebihi manusia biasa. AI bekerja sesuai dengan algoritma pemrograman pada sistem komputer yang diberikan dalam proses pembuatannya, di mana algoritma pemrograman kerangka berpikir dari AI dalam memproses berbagai jenis data.

Algoritma pemrograman AI memerlukan data yang banyak dan kuat, supaya komputer dapat membedakan pola-pola yang berguna. Dengan banyaknya data juga algoritma yang kompleks, maka mesin seakan-akan bisa berpikir sendiri, membuat keputusan, belajar, hingga mampu beradaptasi.

Apa itu Machine Learning (ML)?

Sementara itu, ML adalah jenis AI yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak memprediksi output berbeda tanpa adanya pemrograman khusus. Machine learning ini berfokus pada pengembangan program komputer yang dapat mengakses data dan menggunakannya untuk belajar sendiri, di mana algoritma machine learning menggunakan data historis. Seperti contohnya adalah pengalaman, dan instruksi sebagai input untuk memprediksi nilai output baru. Proses pembelajaran akan dimulai dengan pengamatan data dan pola, lalu perangkat akan membuat keputusan dan output yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: Optimasi AI OCR dalam Sistem Perusahaan, Ini Manfaatnya!

Apa Perbedaan AI dan Machine Learning?

AI Machine Learning
Sumber: Freepik

Pada dasarnya, ML adalah bagian dari AI, di mana AI berfungsi untuk meningkatkan peluang kesuksesan suatu sistem atau mesin, sedangkan ML lebih fokus pada akurasi sistem atau mesin itu sendiri.

Dengan kata lain, AI sangat berguna untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu, misalnya pengambilan keputusan melalui sistem yang meniru manusia, sedangkan machine learning berfungsi untuk mempelajari pola dan hubungan dari data-data yang ada untuk memaksimalkan kinerja suatu sistem atau mesin dan membantu algoritma bekerja secara otomatis.

Lantas, seperti apa hubungan AI dan machine learning?

Komputer cerdas menggunakan AI untuk berpikir seperti layaknya manusia dan melakukan tugas yang diberikan, sedangkan machine learning adalah bagaimana sistem komputer mengembangkan kecerdasannya.

Bisa juga dikatakan sistem AI dibuat dengan menggunakan machine learning dan teknik lainnya. Model machine learning sendiri dibuat dengan cara mempelajari pola dari data yang diberikan.

Beberapa contoh penggunaan AI dan machine learning pada kehidupan sehari hari adalah sebagai berikut:

1. Asisten Virtual

Seperti Alexa, Siri, Cortana, Google Assistant, semuanya menggunakan teknologi AI yaitu text dan voice recognition, di mana teknologi ini dapat mengenali suara pengguna lalu mengubah atau menerjemahkan perintah suara itu menjadi suatu tindakan seperti misalnya menelpon teman.

2. Self Driving Car

Sistem Self Driving Car bekerja dengan cara mengambil banyak data gambar dengan menggunakan image recognition, lalu digabungkan dengan teknik machine learning dan neural network.

3. E-Tilang

E-Tilang juga menggunakan salah satu teknologi AI yaitu face recognition, di mana cara kerja E-Tilang adalah dengan menggunakan CCTV untuk mendapatkan gambar lalu AI akan langsung mengecek informasi berdasarkan nomor polisi dan pelanggaran akan disimpan ke dalam database.

4. Face Recognition pada Kunci Smartphone

Sebuah teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi wajah seseorang, contohnya adalah face recognition pada smartphone, di mana teknologi ini menggunakan bantuan AI untuk mengenali fitur wajah seseorang. Kemudian secara otomatis dapat membuka kunci smartphone orang tersebut.

Baca juga: Foto Biometrik untuk Otentikasi Data, Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah mengetahui AI dan machine learning, sekarang Anda tahu bahwa teknologi tersebut membutuhkan banyak data agar dapat berfungsi secara optimal. Anda juga sudah mengetahui beberapa contoh dari penerapan AI dan machine learning itu di kehidupan sehari-hari, dengan banyaknya manfaat yang Anda dapatkan dari AI dan machine learning itu membuktikan bahwa AI dapat membantu hidup manusia menjadi lebih produktif.

Tentu saja akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh jika bisnis atau perusahaan Anda menerapkan AI dan machine learning. Salah satu contoh yang paling sederhana yaitu pengalihan tugas yang sifatnya repetitif kepada AI. Dengan memanfaatkan bantuan AI, maka pekerjaan repetitif itu tentunya bisa diatur secara otomatis sehingga akan mempersingkat waktu.

Saatnya Mengandalkan Verihubs pada Bisnis Anda!

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai membangun ekosistem digital Anda bersama dengan Verihubs! Dari teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs bisa memberikan berbagai solusi yang tepat untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan standar keamanan lebih unggul.

Verihubs adalah sebuah perusahaan berbasis Saas (software-as-a-service) yang menyediakan solusi lengkap bagi kepatuhan serta keamanan bisnis digital perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan Anda. Bersama dengan Verihubs, pengalaman pelanggan akan lebih lancar, operasional akan jadi lebih efisien, dan tak ketinggalan keamanan data akan lebih terjaga karena berbasis teknologi.

Anda bisa segera menghubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya