3 Tahap Kerja AI OCR Software untuk Ekstrak Berkas

ai ocr software

Kebutuhan digitalisasi pada banyak sektor bisnis menjadi hal yang semakin terasa mendesak beberapa waktu belakangan. Penetrasi teknologi AI, hampir di setiap lini industri, membuat hal ini semakin mudah. Salah satu teknologi yang dapat membantu Anda dalam urusan ini adalah AI OCR Software.

AI OCR Software sendiri merupakan teknologi optical character recognition yang beroperasi dengan dukungan dari teknologi artificial intelligence, sehingga dapat mempercepat dan meningkatkan akurasi pembacaan data dan konversinya ke bentuk digital yang dapat ditampilkan di perangkat.

Sekilas mengenai cara kerja teknologi ini secara umum, adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat dari Employee Onboarding bagi Perusahaan?

Cara Kerja AI OCR Software

ai ocr software

Sebenarnya cara kerja dari AI OCR Software ini serupa dengan banyak program OCR lain. Hanya saja dalam proses analisis, pencocokan, dan penyajian dokumen, menjadi jauh lebih efektif karena adanya dukungan kecerdasan buatan yang bisa terus belajar dan meningkatkan efisiensi prosesnya.

Sekilas mengenai cara kerja AI OCR Software, adalah sebagai berikut.

1. Proses Pemindaian dan Konversi Data

Langkah pertama yang akan terjadi adalah pemindaian pada dokumen yang akan dikonversi ke bentuk digital, dengan menggunakan perangkat pemindai yang telah disediakan. Perangkat keras ini didukung dengan perangkat lunak tersebut, sehingga dapat mengekstrak data yang dipindainya.

Kecerdasan buatan kemudian akan membantu analisis citra yang sudah dipindai, dan menghilangkan variabel yang tidak diidentifikasi sebagai karakter huruf atau numerik. Semua karakter yang ada akan diidentifikasi sesuai jenisnya, sehingga sistem mengenalinya sebagai objek teks.

2. Proses Data Hasil Pemindaian

Hasil pemindaian awal telah masuk ke dalam sistem. Sistem yang tersedia lalu melakukan pembersihan pada citra ini, dan menghilangkan kesalahan, noise, atau elemen lain yang bukan berupa teks sehingga dokumen bisa dibaca dengan baik.

Citra kemudian disesuaikan dengan standar yang ada di dalam sistem, dengan peran kecerdasan buatan. Baik diubah kemiringannya, pencahayaan, titik atau debu yang sifatnya bukan teks dan kotoran, dan lain sebagainya.

Proses kedua dilakukan untuk mempersiapkan data yang telah didapatkan dari pemindaian awal untuk siap dibaca dan diolah oleh sistem, sehingga dapat dikonversi menjadi data teks.

3. Pengenalan Teks atau Karakter

Tahap ketiga adalah ketika peran kecerdasan buatan dalam sistem AI OCR Software bekerja. Data yang sudah dibersihkan dan ideal untuk dibaca oleh sistem kemudian diproses, dianalisis, dan dikenali karakter teksnya.

Semua huruf akan dapat dikenali dengan baik menggunakan acuan direktori data yang telah dimiliki sebelumnya. Data yang terbaca dibandingkan dengan karakter dan berbagai jenis font yang ada di dalam sistem, sehingga nantinya bisa disajikan dalam bentuk dokumen yang akurat dan benar.

Proses ini sendiri berjalan dengan relatif cepat, karena AI dapat mengenali kemiripan karakter yang dibacanya dalam waktu singkat. Dengan begini, urusan konversi dokumen fisik ke dokumen digital bisa dilakukan tanpa membuang banyak waktu.

Apa Manfaat dari Penggunaan Perangkat Lunak Ini?

ai ocr software

Implementasinya dalam bisnis tentu akan sangat luas. Mulai dari konversi dokumen fisik yang harus disimpan dalam bentuk digital dengan cepat, kemudian pembacaan kartu tanda pegawai yang dimiliki staf ketika akan masuk ke fasilitas tertentu dan presensi, dan lain sebagainya.

Secara singkat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan penerapan sistem ini adalah sebagai berikut.

Manfaatnya untuk Perusahaan

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, manfaat penerapan teknologi ini di dalam perusahaan bisa berguna untuk banyak hal.

  • Membantu konversi data fisik ke data digital, khususnya dokumen-dokumen penting
  • Membantu melindungi data penting dengan mengubahnya ke bentuk digital sehingga tidak mudah rusak karena keadaan
  • Menjaga kebenaran dan validitas data yang dikonversi karena semua dijalankan oleh sistem, dengan sedikit campur tangan manusia sebagai operator proses konversi ini
  • Mempercepat proses konversi dokumen fisik ke dokumen digital
  • Mempercepat pencarian dokumen atau berkas yang sudah berada dalam bentuk digital
  • Membantu proses presensi dengan pemindaian kartu tanda pegawai milik staf
  • Memberikan pembatasan akses yang jelas pada fasilitas perusahaan tertentu dengan verifikasi identita menggunakan AI OCR Software

Dan lain sebagainya. Penerapannya cukup fleksibel, sehingga akan membawa banyak sekali manfaat untuk perusahaan di dalam meningkatkan kinerja secara umum.

Manfaatnya untuk Pelanggan

Untuk sisi pelanggan sendiri, AI OCR Software juga dapat membantu proses ekstraksi dokumen dan data dari berkas yang diperlukan.

  • Melakukan pembacaan dan ekstraksi data dari KTP milik user ketika akan melakukan verifikasi dan pendaftaran awal
  • Membantu proses input data yang diperlukan dari berkas yang dimiliki user ke sistem yang disediakan perusahaan
  • Mempercepat proses input dan ekstraksi data, sehingga verifikasi bisa berlangsung dengan singkat
  • Menjaga akurasi input data yang dilakukan, sebab user hanya perlu menampilkan berkas pada perangkat yang digunakan sebagai pemindai

Baca Juga: Menerapkan Digital Identity Verification pada Bisnis

AI OCR Software pada dasarnya dapat digunakan secara luas, untuk berbagai keperluan yang dimiliki perusahaan. Tentu saja, hal ini bisa membawa manfaat maksimal ketika Anda memilih produk OCR berbasis AI yang benar-benar handal, seperti yang disediakan oleh Verihubs. Verihubs menawarkan produk OCR for ID Card yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemindaian dan ekstraksi data dengan cepat. Dengan begini, semua proses yang melibatkan input data lewat berkas milik user atau staf perusahaan bisa berlangsung dengan cepat, akurat, dan terjaga validitasnya. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap terkait produknya sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar