Penggunaan AI untuk Bisnis, Ini 4 Poin Pentingnya!

ai untuk bisnis

Jika mendengar tentang artificial intelligence, apa yang pertama kali terpikir di benak Anda? Apakah sebuah sistem sangat canggih yang dapat berpikir dan melakukan berbagai hal tanpa perintah manusia? Sejatinya, pemanfaatan AI untuk bisnis justru mungkin lebih dari yang dapat Anda bayangkan.

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan ini terus terjadi, bahkan ketika Anda tengah membaca artikel singkat ini. Namun demikian tidak terlalu banyak yang sadar betapa luas spektrum penggunaan teknologi ini.

Maka berikut beberapa contoh penggunaan AI untuk bisnis yang dapat membantunya berkembang, sehingga Anda dapat mengadaptasi teknologi ini dan memperoleh benefitnya.

Baca Juga: 5 Contoh Penerapan User Authentication yang Paling Umum

1. Rekomendasi Produk pada Berbagai Platform

ai untuk bisnis
Sumber: freepik.com

Pemanfaatan AI yang optimal dapat membantu produk Anda eksis di berbagai platform yang ada saat ini. Mulai dari marketplace, e-commerce, hingga media sosial yang menghadirkan fitur jual-beli atau transaksi beragam jenis produk, semua bisa digunakan untuk memasarkan produk.

Teknologi AI kemudian dapat membuat sebuah skema yang membuat produk Anda direkomendasikan, ketika user tengah mencari produk-produk terkait. Rekomendasi ini akan muncul dengan sendirinya mengacu pada riwayat pencarian dari user tersebut.

Tidak hanya di satu platform, bahkan rekomendasi dapat muncul di beberapa platform secara lebih luas. Misalnya saja, user melakukan pencarian mengenai tas gunung di salah satu marketplace, rekomendasi produk tas gunung dapat muncul di situs yang mereka datangi berikutnya, kendati situs tersebut bukan marketplace.

Bahkan pada taraf sekarang ini, iklan produk sejenis dapat muncul di media sosial yang mereka gunakan.

2. Pembuatan Konten Pemasaran yang Menarik

AI untuk bisnis berikutnya dapat dimanfaatkan pada sektor pembuatan konten pemasaran. Dengan tools yang tepat yang diperkuat dengan AI, Anda dapat melakukan analisis pada konten-konten yang sudah diunggah, dan mendapatkan banyak respon positif.

Hasil analisis ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan konten berikutnya. Dengan konsep yang mirip namun ditambahkan nilai unik dari produk yang Anda miliki, maka konten pemasaran yang diluncurkan akan menjadi lebih matang dan dapat menarik perhatian publik.

Hasil analisis yang diperoleh dapat menjadi acuan yang berguna dalam pertimbangan konten yang akan diunggah. Mulai dari key visual yang digunakan, copy yang paling tepat, tagar yang paling banyak dicari, dan lain sebagainya.

Algoritma dapat dioptimalkan untuk urusan ini, sehingga membantu penyusunan konten pemasaran yang digunakan di berbagai platform.

3. Membantu Proses Analisis Kompetitor

ai untuk bisnis
Sumber: freepik.com

Dalam urusan bisnis tidak mungkin dihindari adanya kompetitor. Semua manuver yang dilakukan, inovasi yang mereka munculkan, produk terbaru dan promo yang ditawarkan, hingga strategi pemasaran dan brand activation yang dilakukan, semua wajib diamati dan dianalisis.

AI, dalam hal ini, dapat membantu Anda melakukan analisis pada apa yang dilakukan kompetitor. Dengan data yang tepat, AI bahkan dapat membantu menghitung efektivitas campaign yang dilakukan oleh kompetitor yang Anda miliki.

Dengan data ini kemudian bisnis yang Anda jalankan mampu memiliki pertimbangan yang jauh lebih matang, sehingga menghasilkan strategi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Tentu, kompetitor juga mungkin saja menggunakan analisis berbasis AI. Namun hal ini akan menjadikan pasar dan industri tetap menarik, karena ‘pertarungan’ ide yang dimunculkan akan terus berkembang.

Meski demikian, selalu ingat bahwa sistem berbasis AI sifatnya hanya sebagai pendukung saja. Semua keputusan tetap harus didasarkan pada analisis yang cermat dan berdasarkan pengalaman di masa yang lalu, serta forecasting di masa yang akan datang.

4. Efisiensi Biaya dan Waktu

Seperti yang mungkin Anda sudah pahami bahwa sistem berbasis AI mampu melakukan banyak pekerjaan secara otomatis setelah diberikan arahan yang spesifik dan data yang diperlukan. Dengan demikian, penggunaannya dapat pula membantu meningkatkan efisiensi pengunaan biaya dan waktu.

Misalnya saja dalam penjadwalan unggahan konten, Anda tak lagi perlu mengalokasikan banyak staf untuk urusan ini. Penjadwalan dapat dilakukan secara otomatis dengan indikator tertentu, sehingga konten yang tepat akan muncul ketika matriks tertentu sudah tercapai.

Hal serupa juga dapat dilihat pada penggunaan chatbot di situs resmi yang Anda miliki. Alih-alih mengalokasikan banyak staf pada layanan pelanggan, Anda dapat menggunakan sistem terotomasi berupa chatbot untuk membalas pesan yang disampaikan pelanggan.

Baru kemudian ketika chatbot  tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan, staf ahli masuk dan memberikan solusi yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Kerja Facial Feature untuk Ekstraksi Data Biometrik 

Penggunaan AI untuk bisnis mungkin tidak akan memiliki batasan di masa yang akan datang, setelah dikembangkan secara mendalam dan semakin canggih. Namun demikian, kebutuhan akan adanya elemen organik pada urusan bisnis akan tetap diperlukan, sebab pada akhirnya bisnis juga berorientasi pada pasar yang berupa manusia sebagai konsumen atau pelanggannya.

Untuk dapat memajukan bisnis, mengikuti perkembangan teknologi menjadi hal yang mutlak dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk perkembangan teknologi verifikasi, yang diprediksi di masa yang akan datang menjadi kebutuhan pokok setiap layanan digital yang tersedia. Produk dan sistem verifikasi handal akan menjadi kebutuhan utama, seperti produk yang disediakan oleh Verihubs. Sebagai penyedia produk verifikasi untuk bisnis, Verihubs menawarkan ragam produk yang dapat menjadi solusi kebutuhan verifikasi Anda. Maka dari itu, segera hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap terkait setiap produk yang didukung AI untuk bisnis Anda!

Untuk dapat mengoptimalkan AI untuk bisnis, Anda wajib memahami cara kerja dan sistem yang digunakan. Salah satu produk berbasis AI yang populer belakangan ini adalah produk verifikasi, yang dapat membantu bisnis melakukan verifikasi identitas user. Dengan demikian, user dapat memastikan akun yang dimilikinya terlindung, karena hanya dapat dibuka dengan data unik yang dimilikinya. Verihubs, menjadi penyedia produk verifikasi yang dimaksud ini. Untuk bisnis, Verihubs menawarkan ragam produk yang dapat menjadi solusi kebutuhan verifikasi Anda. Maka dari itu, segera hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap terkait setiap produk yang didukung Ai untuk bisnis Anda!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya