Menilik Masa Depan Voice Recognition dengan Teknologi AI

ai voice recognition

Teknologi telah berkembang pesat dalam waktu singkat, tapi ke mana arahnya dan bagaimana Anda bisa mendapatkan voice recognition di AI ke tingkat selanjutnya?

Voice recognition atau pengenalan suara mengacu pada kemampuan mesin untuk menerima, menafsirkan, dan melaksanakan perintah ucapan. Teknologi yang satu ini menjadi terkenal dengan munculnya AI dan asisten suara. Amazon’s Alexa, Apple’s Siri, dan Google Assistant adalah hal yang populer akhir-akhir ini.

Secara umum, perangkat ini membuat hidup lebih mudah. Speaker pintar dan asisten virtual cerdas hanyalah suatu permulaan. Harapkan voice recognition dalam AI menjadi lebih penting di tahun-tahun mendatang.

Semakin banyak perangkat yang menggunakan pengenalan suara, maka semakin tepat perintah suara dan respons yang diinginkan. Mari kita lihat lebih dekat ke mana arah voice recognition dalam AI dalam beberapa tahun ke depan, dan bagaimana Anda bisa mencapainya.

Masa Depan AI Voice Recognition

ai voice recognition
Sumber: Freepik

Pasar pengenalan suara global diperkirakan akan meningkat hingga 16,8% antara tahun 2021 dan 2026. Menurut stockapps, ukuran pasar pada tahun 2021 adalah $10,7 miliar, dan perkiraan menunjukkan bahwa itu bisa tumbuh menjadi $27,16 miliar.

Teknologi pengenalan ucapan dan suara semakin populer, dan diharapkan tren ini terus berkembang. Di tahun-tahun mendatang, peningkatan penggunaan peralatan pintar diharapkan semakin meningkat, melampaui ponsel dan perangkat lain yang biasa digunakan saat ini. Ini, bersama dengan peningkatan penggunaan AI yang akan menjadi faktor utama pertumbuhan pasar.

Meskipun pasar pengenalan suara berkembang, penting untuk terus mengembangkan kemampuannya saat ini. Di telepon, laptop, perangkat seluler, speaker pintar, dan TV yang lazim sekarang, tidak semua bahasa didukung, belum lagi dialek dan aksen. Ingat, iterasi awal asisten suara yang banyak digunakan hanya mendukung versi bahasa Inggris AS yang spesifik dan jelas untuk memulai dan berkembang dari sana. Kemudian untuk memperluas secara global, pemain suara utama telah memperluas dukungan bahasa mereka ke bahasa dan dialek paling populer di dunia.

Terlepas dari upaya berkelanjutan mereka untuk memperluas kemampuan bahasa mereka, asisten suara utama telah menerima kritik karena bias ras, jenis kelamin, dan usia, misalnya. Tentunya, ini merupakan masalah besar yang harus dipecahkan. Di Kanada saja, ada delapan dialek Inggris, dua dialek Prancis, dan bahasa Michif yang unik. Selain itu, ada variasi bahasa berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, status ekonomi, dan banyak faktor demografis lainnya. Itu bahkan tidak termasuk penutur non-pribumi dengan aksen unik, atau perkembangan bahasa dari waktu ke waktu.

Maka untuk menciptakan teknologi suara yang memahami semua orang, algoritma pengenalan suara harus dilatih dengan data ucapan dari orang-orang dengan latar belakang sebanyak mungkin.

Baca juga: Optimasi AI OCR dalam Sistem Perusahaan, Ini Manfaatnya!

Pentingnya Teknologi AI Voice Recognition

ai voice recognition
Sumber: Freepik

Potensi teknologi voice recognition di masa depan sangat besar. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi ini adalah di bidang kesehatan, di mana teknologi ini dapat digunakan untuk memantau kesehatan pasien secara lebih efektif, misalnya dengan mengukur suhu tubuh dan detak jantung melalui suara. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk membantu orang yang memiliki gangguan bicara atau kesulitan berbicara, seperti penderita cerebral palsy atau stroke.

Selain itu, teknologi voice recognition juga dapat mengubah cara manusia dalam berkomunikasi dengan mesin di masa mendatang. Saat ini, Anda mungkin masih harus menggunakan perintah khusus dan terbatas untuk berinteraksi dengan perangkat, seperti “buka aplikasi ini” atau “putar musik ini”. Namun, dengan kemajuan teknologi pengenalan suara, Anda dapat berinteraksi dengan mesin secara alami, seperti berbicara dengan teman atau keluarga. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menggunakan teknologi secara lebih efektif dan efisien.

Untuk bisnis Anda, bekerjasamalah dengan penyedia layanan AI voice recognition atau sistem AI lainnya untuk berbagai kebutuhan. 

Baca juga: Foto Biometrik untuk Otentikasi Data, Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda bisa mulai membangun ekosistem digital bersama Verihubs! Dari teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs akan memberikan berbagai solusi yang tepat untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan standar keamanan lebih unggul.

Verihubs merupakan sebuah perusahaan berbasis Saas (software-as-a-service) yang menyediakan solusi lengkap bagi kepatuhan serta keamanan bisnis digital perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan Anda. Bersama Verihubs, pengalaman pelanggan menjadi lebih lancar, operasional menjadi lebih efisien. Dan tentunya keamanan data juga akan lebih terjaga karena berbasis teknologi.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya