Kenapa Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah?

aplikasi absensi deteksi wajah

Perkembangan teknologi yang cukup pesat dewasa ini membuat segala hal menjadi contactless, mulai dari transaksi keuangan, pendidikan, transportasi, dan lain sebagainya. Berkurangnya interaksi fisik ini dianggap jauh lebih efektif dan mudah dilakukan. Salah satu hal yang juga ikut mengikuti perkembangan zaman adalah sistem manajemen kehadiran karyawan, di mana bentuk teknologi yang bisa diterapkan di perusahaan adalah berupa aplikasi absensi deteksi wajah. 

Implementasi dari sistem pengenal wajah memang bisa digunakan dalam ragam aplikasi, termasuk untuk sistem absensi, monitoring sistem pengunjung di pusat perbelanjaan dan di tempat-tempat keramaian. Bahkan sistem ini bisa juga untuk mengenali statistik perilaku konsumen bagi industri retail. Memangnya, apa saja manfaat dari penerapan sistem aplikasi absensi deteksi wajah?

Manfaat Penerapan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah Secara Online

Sistem aplikasi deteksi wajah secara online bisa menggantikan kartu dan sidik jar, sehingga dinilai jauh lebih canggih dan praktis dalam segi penerapannya. Mari lihat kelebihan atau keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda menerapkan aplikasi absensi deteksi wajah secara online pada perusahaan Anda:

  • Keamanan menjadi lebih baik, karena sistem deteksi wajah akan menambah taktik pengawasan dan juga menjadi dasar proses identifikasi teroris serta penjahat.
  • Sistem yang cukup mudah diintegrasikan, karena sebagian besar solusi deteksi wajah kompatibel dengan perangkat lunak atau software keamanan.
  • Proses identifikasi dapat dilakukan secara otomatis, sehingga akan meningkatkan efisiensi di samping tingkat akurasi yang tinggi.

Sistem aplikasi absensi deteksi wajah secara online adalah strategi yang aman dan efisien untuk menandai masuk dan keluarnya karyawan. Selain itu, mesin absensi wajah juga dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan mesin absen sebelumnya. 

Baca juga: Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah di Berbagai Negara

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah?

aplikasi absensi deteksi wajah
Sumber: Freepik

Aplikasi absensi deteksi wajah atau lewat face recognition dapat mengidentifikasi dan mengkonfirmasi seseorang dan mencatat kehadiran berdasarkan deteksi wajah. Sistem kehadiran ini sangat cocok untuk bisnis kecil maupun besar.

Tidak heran jika saat ini sudah ada banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini karena banyak sisi positifnya. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan dalam Mengelola Catatan Kehadiran Karyawan

Mengelola jam masuk, jam pulang, dan jam lembur ratusan karyawan itu pasti sulit. Coba bayangkan jika Anda harus menghitung jumlah jam untuk menghitung upah kerja semua karyawan satu per satu. Lain halnya jika Anda menggunakan aplikasi absen wajah, tentunya pengelolaan catatan kehadiran akan menjadi lebih mudah dan praktis. Manajemen perusahaan juga akan lebih mudah dalam melihat detail karyawan, penempatan, produktivitas, hingga jam kerja dalam satu bulan penuh.

2. Menghemat Waktu

Dalam dunia bisnis, menghemat waktu berarti menghemat uang dan meningkatkan produktivitas. Dengan aplikasi absensi deteksi wajah, setiap karyawan dapat melakukan absen melalui aplikasi yang ada pada gadget mereka sendiri. Dengan begitu, karyawan tidak akan membuang waktu dan bisa mengalokasikan waktunya lebih banyak untuk bekerja.

3. Membantu Memantau Karyawan Lapangan

Aplikasi absensi deteksi wajah sangat membantu untuk memantau produktivitas karyawan lapangan, sehingga perusahaan akan lebih hemat biaya dan lebih efisien bagi karyawan.

4. Integrasi dengan Sistem Lain Lebih Mudah

Aplikasi deteksi wajah biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya adalah integrasi dengan sistem administrasi lainnya. Jadi, Anda akan lebih mudah dalam menghitung penggajian, melacak jumlah jam kerja, jam lembur, absen, reimbursement, dan sebagainya.

5. Melacak Waktu Secara Otomatis

Pemantauan jam masuk dan jam pulang karyawan juga dapat otomatis dicatat oleh sistem kehadiran di aplikasi absen deteksi wajah. Tentunya, hal ini bisa meminimalisir penipuan yang dilakukan karyawan curang. Perusahaan juga akan memiliki catatan yang lebih akurat tentang siapa yang hadir, berapa jam karyawan bekerja, dan di mana ia bekerja.

6. Viabilitas Menggunakan Cloud

Sistem absensi pengenalan wajah merupakan salah satu perangkat lunak yang berbasis cloud, di mana semua catatan kehadiran akan disimpan dengan baik dan aman. Biasanya HR memiliki akses data ini secara real-time dan bisa diunduh berbentuk dokumen. Data ini bisa dikelola oleh HR dari mana saja dan kapan saja, sehingga akan memudahkan berbagai urusan administrasi perusahaan.

7. Akurasi dan Keamanan

Banyak perusahaan yang mengeluhkan akan pengawasan jam kerja karyawan, sehingga sistem absensi deteksi wajah secara online hadir supaya karyawan tetap bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Aplikasi ini juga lebih akurat, bebas dari error, dan pelacakan dilakukan secara real-time.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

Saatnya Beralih ke Aplikasi Absensi Deteksi Wajah!

aplikasi absensi deteksi wajah
Sumber: Freepik

Aplikasi deteksi wajah dapat meningkatkan pelacakan kehadiran karyawan sekaligus memangkas biaya. Sistem semacam ini juga memberikan lapisan perlindungan tambahan ke tempat kerja. Jika perusahaan Anda masih menggunakan sistem absensi biometrik manual atau sidik jari, maka kini saatnya beralih ke sistem aplikasi absensi deteksi wajah.

Verihubs hadir menawarkan solusi autentikasi dan verifikasi akses yang diperlukan, untuk meningkatkan proteksi data yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Memiliki fitur Face Recognition di dalam produknya, Verihubs dinilai lebih unggul dari berbagai aspek. Mudah, praktis, akurat, dan cepat, Verihubs akan menjadi andalan perusahaan dan layanan untuk berbagai segmen di Indonesia. Menariknya, Verihubs bisa mendeteksi wajah 99,99% sehingga dapat meminimalisir adanya fraud absensi.

Anda bisa langsung menghubungi kontak layanan pelanggan Verihubs untuk mendapatkan informasi lengkap terkait setiap produknya!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!