13 Rekomendasi Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Ini

bisnis yang menguntungkan

Pada era digital yang terus berkembang seperti saat ini, banyak orang tertarik untuk memulai usaha. Jika Anda seorang pemula dalam memulai sebuah peluang usaha, maka mencari ide bisnis yang menguntungkan bisa menjadi langkah awal kesuksesan. Untuk lebih jelasnya, simak artikelnya sampai selesai, ya!

13 Peluang Ide Bisnis yang Menguntungkan 2023

Berikut rekomendasi ide usaha menguntungkan di tahun ini yang bisa Anda coba jalani: 

1. Affiliate Marketing

Jika Anda selalu bertanya-tanya bisnis apa yang menguntungkan tapi tanpa perlu modal, maka jawaban terbaik adalah affiliate marketing. Bagaimana bisa?

Anda bisa menghasilkan uang melalui komisi yang Anda peroleh dari setiap penjualan produk. Produk-produk ini dapat Anda dapatkan dari merchant atau perusahaan yang menyelenggarakan program affiliate marketing.

Cara mengembangkan bisnis ini pun juga cukup sederhana, yaitu dengan mempromosikan produk tertentu tanpa harus membelinya terlebih dahulu atau menyimpan stok barang. Contohnya dengan menyebarkan link produk dalam platform jual beli. Praktis dan menarik, bukan?

2. Dropship

Sama seperti affiliate marketing, dropship juga menjadi ide usaha yang tidak memerlukan modal sepeserpun. Cara mengembangkan bisnis dropship juga sangat sederhana. Anda hanya perlu membeli barang sesuai pesanan pembeli dan mengirimkannya langsung ke alamat mereka.

Meski mudah, Anda perlu memilih supplier terpercaya dengan harga produk yang kompetitif. Dengan begitu, Anda tak hanya akan memuaskan pelanggan, tetapi usaha juga bisa menghasilkan keuntungan dari setiap transaksi pembelian dan menjadi bisnis yang menguntungkan untuk jangka panjang.

3. Skincare 

Seiring dengan perubahan zaman, skincare bukan hanya menjadi kebutuhan perempuan, tetapi juga menjadi perhatian bagi pria. Sebab, banyak orang yang sudah menyadari pentingnya merawat kulit mereka untuk kesehatan optimal.

Mengambil langkah awal dengan memulai bisnis skincare adalah peluang usaha terkini yang layak untuk Anda coba. Jenis usaha ini sangat menjanjikan, karena tren perawatan kulit di Indonesia terus berkembang dan tidak pernah sepi peminat.

4. Peluang Bisnis Jasa Menulis Artikel

Bagi Anda yang memiliki minat dalam dunia menulis, mengubah hobi tersebut menjadi sumber penghasilan merupakan langkah yang tepat. Bidang pekerjaan menulis adalah salah satu ide bisnis yang menguntungkan di dunia teknologi informasi dan bisa Anda lakukan dengan mudah.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki pemahaman tentang Search Engine Optimization atau SEO, maka harga artikel yang Anda hasilkan semakin mahal. Anda dapat menawarkan jasa menulis Anda di berbagai forum atau bergabung dengan perusahaan yang fokus pada pembuatan konten artikel.

5. Thrift Shop

Thrift shop atau penjualan pakaian dan aksesori bekas juga menjadi salah satu ide usaha yang patut Anda pertimbangkan. Potensi keuntungan dari usaha ini cukup menggiurkan jika Anda jalani dengan penuh dedikasi dan konsistensi.

Langkah awal untuk memulainya juga relatif sederhana, yaitu dengan membuat akun penjualan di media sosial. Kemudian, Anda bisa mulai mendapat keuntungan dengan cara mengembangkan bisnis melalui bekerja sama dengan supplier terpercaya, menghasilkan foto produk yang menarik, dan menjual produk melalui berbagai platform.

6. Tutor Online

Kira-kira bisnis apa yang menguntungkan jika Anda memiliki skills dalam bidang tertentu, dan tidak terbatas pada aspek akademik saja? Jawabannya ialah jasa tutoring online. 

Anda bisa berbagi ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan. Contohnya, tutor bahasa Inggris, matematika, editing, coding, dan berbagai bidang lainnya.

Saat ini, pembelajaran online tengah populer karena banyak orang menganggapnya lebih efisien, hemat waktu, dan fleksibel. Maksudnya, Anda bisa melakukan peluang usaha ini di mana saja dan kapan saja selama Anda terhubung dengan internet.

7. Make-up Artist (MUA)

Peluang bisnis yang menguntungkan lainnya ialah Make-up Artist (MUA). Usaha ini memiliki prospek pertumbuhan yang sangat positif hingga tahun 2023, lho. 

Alasannya adalah sekarang ini penampilan menjadi fokus utama dalam berbagai acara penting. Banyak orang ingin tampil menarik, sehingga mereka membutuhkan bantuan MUA untuk merias wajah.

Dengan memulai ide bisnis ini, Anda memiliki potensi untuk meraih keuntungan yang signifikan. Terutama jika Anda memiliki skills make-up profesional dan reputasi yang baik di kalangan pelanggan Anda.

8.  Franchise

Franchise adalah sistem bisnis di mana Anda memperoleh hak kepemilikan yang mencakup merek dagang, lisensi, dan elemen lainnya dari sang pemilik (franchisor). Jenis usaha ini sangat bervariasi, mulai dari franchise dalam industri makanan dan minuman, jasa, sektor keuangan, ritel, dan masih banyak lagi.

Peluang usaha franchise memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi daripada memulai usaha dari nol. Pasalnya, model usaha tersebut telah terbukti sukses melalui sistem pemasaran dan penjualan yang telah teruji.

9. Bisnis Jastip

Jastip atau jasa titip barang merupakan ide bisnis yang menguntungkan dan tidak memerlukan modal besar. Hal yang Anda perlukan hanyalah kamera ponsel untuk mengambil foto barang atau produk di pusat perbelanjaan.

Setelah itu, Anda bisa membagikan foto tersebut di media sosial Anda dengan hashtag jastip. Melalui berbagai cara mengembangkan bisnis, Anda dapat menjalankan usaha tanpa perlu banyak modal dan memanfaatkan kekuatan sosial media untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Contohnya dalam Bisnis

10. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga merupakan peluang usaha atau bisnis yang menguntungkan. Sebab, semua orang tidak memiliki kemampuan untuk membuat desain, meskipun mereka memiliki softwarenya.

Untuk mendapatkan klien secara rutin, memiliki beragam portofolio yang mengesankan adalah kunci. Portofolio akan membantu calon klien melihat hasil desain yang pernah Anda kerjakan sebelumnya dan memudahkan Anda dalam menawarkan harga. 

Anda dapat mencari klien melalui beberapa platform freelance terkemuka yang berfokus pada usaha ini. Contohnya Freelance Indonesia, 99Design, Upwork, Fiverr, dan lain-lain.

11. Toko Sembako

Salah satu ide usaha yang selalu ramai peminat sepanjang waktu adalah toko sembako. Pada awalnya, usaha ini hanya bisa dijalankan menggunakan toko fisik, tetapi sekarang semakin banyak orang yang menjual produk sembako secara online

Anda dapat menawarkan berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan, seperti gula, minyak goreng, tepung, dan sebagainya. Usaha sembako online adalah peluang bisnis yang menguntungkan sepanjang waktu karena merupakan barang pokok yang tidak pernah sepi pembeli.

12. Wedding Organizer

Usaha wedding organizer atau WO menawarkan peluang bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, banyak calon pengantin memilih jasa WO untuk menghindari kerumitan mengurus segala keperluan pernikahan sendirian. 

Keuntungan ide usaha ini adalah Anda memiliki peluang pendapatan tambahan dengan mengembangkan usaha terkait seperti penyewaan baju, layanan catering, atau menghadirkan dekorasi pernikahan. Menarik, bukan?

13. Katering Sehat

Anda dapat mencoba memulai usaha katering dari rumah. Sebab, jika Anda mencari bisnis apa yang menguntungkan, katering sehat ini memiliki sejumlah keuntungan seperti modal terjangkau dan potensi keuntungan besar, ketersediaan bahan baku mudah, serta peralatan yang diperlukan relatif terjangkau.

Selain manfaat tersebut, membuka jasa katering rumahan, terutama dengan fokus pada makanan sehat, dapat meningkatkan potensi keuntungan. Saat ini, kebutuhan akan menjaga pola makan sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi prioritas, sehingga hal tersebut membuka peluang yang besar.

Baca Juga: KYC Adalah Mengenali Nasabah, Ini Manfaat & Cara Kerjanya!

Kembangkan Bisnis Anda Bersama Verihubs!

Setelah mengetahui apa saja ide bisnis yang menguntungkan, selanjutnya Anda harus siap menghadapi tantangan dunia usaha yang terus berkembang. Sehingga, penting untuk selalu update cara mengembangkan bisnis agar tidak tertinggal. 

Verifikasi bisnis adalah salah satu elemen yang tak boleh Anda abaikan. Bersama Verihubs, Anda tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam memverifikasi bisnis, tetapi juga mendapatkan keamanan ekstra. 

Dengan tim profesional yang berdedikasi, kami menawarkan layanan sertifikat elektronik dan OCR (Optical Character Recognition) yang komprehensif untuk memastikan integritas bisnis Anda. Kami akan mengoptimalkan proses input data KTP pengguna ke sistem pusat Anda dengan AI tercanggih dan akurasi tinggi.Jangan ragu untuk mengamankan masa depan usaha Anda. Segera kunjungi situs web kami dan temukan segala manfaatnya! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usaha Anda dengan Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan