Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Keuntungan Penerapan Verifikasi Biometrik untuk Proses Boarding Penumpang

boarding adalah

Proses boarding adalah proses yang tidak mungkin dilewatkan ketika Anda akan bepergian menggunakan moda transportasi umum, terlebih seperti pesawat atau kereta api. Proses ini idealnya berjalan cepat, sehingga tidak banyak menghabiskan waktu penumpang untuk masuk ke ruang tunggu atau ke kendaraan yang akan digunakannya.

Dalam prosesnya, boarding selalu dilaksanakan dengan memastikan identitas penumpang. Pemeriksaan dilakukan pada identitas yang tertera pada tiket yang dimiliki, dengan identitas asli yang dimiliki oleh calon penumpang tersebut.

Namun rasanya untuk era kekinian, pemeriksaan secara manual sudah tidak lagi relevan bukan?

Baca Juga: Sistem Biometrik adalah Upaya Verifikasi Digital yang Aman, Ini 4 Keunggulannya

Metode Pemeriksaan yang Tidak Lagi Relevan

boarding adalah
Sumber: freepik.com

Pemeriksaan yang awam dilakukan adalah dengan meminta tiket yang dimiliki dan kartu identitas milik calon penumpang. Petugas kemudian membandingkan kecocokan antara data diri yang tertera di dalamnya, sebelum kemudian dikonfirmasi jika telah cocok.

Jika terdapat data yang tidak cocok, petugas akan melakukan konfirmasi ulang dan memastikan penyebab ketidakcocokan data ini. Penumpang dengan data yang berbeda akan mendapatkan perlakuan tertentu, sesuai dengan kebijakan masing-masing penyedia jasa transportasi.

Namun bukankah hal ini sudah tidak lagi relevan?

Diperlukan staf dalam jumlah besar untuk melakukan verifikasi identitas secara cepat dan efektif. Kemudian waktu yang dihabiskan untuk masing-masing pemeriksaan juga akan cukup lama. Alhasil, pengalaman penumpang akan menurun hanya karena metode verifikasi identitas yang tidak efektif ini.

Perangkat teknologi modern kemudian masuk dan membuat semua proses berjalan lebih efektif, dengan metode verifikasi biometrik.

Proses Sederhana, Cepat, dan Akurat

boarding adalah
Sumber: freepik.com

Untuk era modern, kecepatan dan akurasi verifikasi adalah hal yang krusial. Tidak hanya dapat meningkatkan efektivitas kerja untuk staf di bandara dan lokasi transportasi umum lain, namun juga dapat membantu penumpang untuk menghemat waktu.

Pada dasarnya, verifikasi biometrik merupakan solusi yang dianggap paling relevan dalam rangka memberikan kemudahan penumpang. Karena proses boarding adalah hal utama yang membutuhkan pengecekan identitas, maka verifikasi ini dapat digunakan sebagai metode utamanya.

Namun apakah benar akan memberikan efektivitas dan efisiensi demikian signifikan?

1. Tanpa Repot

User dapat melakukan verifikasi identitas tanpa perlu mengeluarkan kartu identitas sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena verifikasi dilakukan dengan pemindaian wajah dari penumpang, yang sistemnya terhubung ke database yang solid. Dengan demikian, verifikasi dapat dilaksanakan cepat dan tanpa merepotkan penumpang.

2. Prosesnya Cepat

Jika sebelumnya verifikasi dilakukan dengan komparasi data fisik dari kartu identitas dan tiket dan memerlukan waktu beberapa lama, kini verifikasi dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Ketika tiket sudah dipindai kodenya, dan verifikasi biometrik dilakukan, maka dalam sekejap identitas penumpang akan dapat dicek dengan acuan database yang dapat diakses.

3. Akurat, Solid

Untuk akurasi verifikasi dan validitas database yang digunakan, Anda sebagai pengelola bandara atau maskapai tidak perlu khawatir. Produk verifikasi biometrik disediakan dengan mengacu pada database solid yang dimiliki pemerintah, sehingga akurasi pencocokannya akan benar-benar tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Touchless sehingga Lebih Higienis

Proses verifikasi yang dilakukan juga berjalan tanpa ada kontak fisik sama sekali. User atau penumpang hanya diminta berdiri di depan perangkat pemindai, untuk kemudian dipindai profil wajahnya. Dalam waktu singkat, data dapat dicocokkan dengan faceprint yang dimiliki, dan verifikasi selesai.

5. Terjamin Legalitasnya

Karena secara langsung terhubung dengan database yang dimiliki pemerintah, maka legalitas dari layanan verifikasi ini selalu terjamin. Produk verifikasi paham benar bahwa yang digunakan dalam urusan ini adalah data sensitif, sehingga senantiasa menjunjung tinggi kerahasiaan data setiap user atau penumpang.

Mulai Gunakan Produk Verifikasi Terbaik Sekarang Juga

boarding adalah
Sumber: freepik.com

Idealnya penggunaan produk verifikasi terbaik harus dilakukan oleh pengelola sistem transportasi, utamanya pada titik-titik yang memerlukan efisiensi tinggi untuk kenyamanan penumpang. Dengan penggunaan produk terbaik ini, tidak hanya penumpang mendapatkan pengalaman yang baik dalam menggunakan transportasi umum, namun juga sistem pendataan akan berjalan lebih baik pula.

Tentu, cukup banyak produk verifikasi yang menawarkan berbagai kelebihan dan fitur andalan mereka masing-masing. Namun untuk melakukan pemilihan produk verifikasi terbaik, Anda tak lagi perlu mencarinya karena Anda sudah berada di dalam situs produk tersebut, Verihubs.

Baca Juga: Begini Cara Check In Hotel yang Benar, Lengkap dengan Berkasnya 

Verihubs, Hadir sebagai Solusi Verifikasi Identitas yang Fleksibel

Verihubs merupakan salah satu produk verifikasi yang akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Tidak hanya karena secara langsung memiliki akses pada database milik pemerintah, namun juga karena memiliki sistem yang solid dan berbasis AI canggih.

Verihubs paham benar bahwa proses boarding adalah proses yang seharusnya sudah menggunakan verifikasi biometrik yang mutakhir, sehingga menguntungkan untuk semua pihak. Produk verifikasi biometrik dari Verihubs, Biometric Verification, menawarkan dua fitur utama. Pertama Face Recognition yang dapat dengan mudah mengenali profil dari user yang dipindai dengan basis foto, yang kedua Liveness Detection yang dapat membantu verifikasi dengan ekspresi wajah. Keduanya dapat digunakan secara fleksibel untuk mendukung layanan transportasi, sehingga semua urusan menjadi makin praktis. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkapnya!