Brand Awareness: Tujuan, Contoh, & Cara Meningkatkannya

brand awareness adalah

Saat Anda ditanya tentang produk mie instan, merek apa yang terlintas di benak Anda? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab Indomie. Seperti itulah brand awareness, Sederhananya, istilah tersebut mengacu pada seberapa akrab target pasar Anda dengan merek Anda. Lantas, bagaimana cara meningkatkannya?

Simak informasi lengkapnya melalui artikel berikut ini yang akan membahas seputar pengertian dari istilah tersebu, tujuan, contoh, dan cara meningkatkannya!

Apa yang Dimaksud dengan Brand Awareness?

Brand awareness adalah istilah yang menggambarkan bagaimana dan sejauh mana konsumen mengenali dan mengidentifikasi merek Anda. Ini adalah metrik pemasaran penting yang mengukur visibilitas dan pengakuan merek Anda di antara audiens target dan pelanggan potensial. 

Semakin familiar dan mudah dikenali merek Anda, maka semakin tinggi pula kesadaran mereknya. Brand yang sudah memiliki tingkat kesadaran merek yang tinggi alias menjadi top-of-mind, biasanya disebut sebagai ‘trending’, ‘buzzworthy’, atau ‘populer’.

Tujuan Membangun Brand Awareness

Membangun brand awareness memiliki berbagai tujuan strategis yang dapat mendorong kesuksesan jangka panjang dari suatu merek, di antaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Saat ini, konsumen memiliki kecenderungan untuk lebih percaya ulasan dan opini tentang suatu merek, produk, atau layanan sebelum mengambil keputusan pembelian. Entah itu dari teman, keluarga, atau bahkan internet. 

Ketika konsumen mengenal dan mengingat suatu merek, mereka cenderung lebih percaya terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Kepercayaan ini menjadi dasar penting untuk menjalin hubungan jangka panjang antara merek dan konsumen.

Baca Juga: Kepuasan Pelanggan: Cara Meningkatkan Hingga Indikatornya

2. Menumbuhkan Ekuitas Merek

Brand awareness juga membantu menumbuhkan ekuitas merek, yaitu nilai tambah yang melekat pada suatu merek. Dengan meningkatnya tingkat kesadaran, maka citra positif merek dapat lebih cepat berkembang, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai merek dan membedakannya dari pesaing.

3. Mempermudah Pemasaran

Tujuan selanjutnya dari membangun kesadaran merek adalah membuat strategi pemasaran menjadi lebih mudah. Dengan tingkat brand awareness yang tinggi, upaya pemasaran menjadi lebih efektif. 

Konsumen yang sudah merasa dekat dan familiar pada suatu merek juga akan lebih responsif terhadap kampanye pemasaran dan hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi biaya pemasaran.

4. Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

Kesadaran merek memainkan peran penting dalam keputusan pembelian konsumen. Faktanya, ini sering kali menjadi salah satu faktor kunci yang digunakan konsumen untuk mengevaluasi dan memilih produk yang berbeda.

Misalnya, ketika dihadapkan dengan dua produk serupa, konsumen lebih cenderung membeli produk dari merek yang sudah dikenal.

5. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Merek ternyata lebih dari sekedar nama, slogan, atau logo. Ini adalah hubungan emosional yang dirasakan konsumen dengan suatu produk atau layanan. Dan hubungan tersebut bisa menjadi sangat kuat.

Konsumen yang kenal dan terlibat dengan suatu merek, cenderung melakukan pembelian dan mengembangkan loyalitas terhadap merek tersebut, seiring berjalannya waktu. Pada gilirannya, loyalitas tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan bagi bisnis.

Contoh Brand Awareness

Ada banyak cara meningkatkan kesadaran merek, berikut ini beberapa contohnya:

1. Perusahaan dengan Brand Awareness Tertinggi Melalui Logo

logo nike
Logo Nike
  • Nike dengan logo tanda centangnya.
  • Hampir semua orang yang melihat logo huruf M berwarna kuning dan berlatar belakang merah, pasti tahu bahwa itu adalah logo McDonalds.
  • Apple dengan logo gambar apel yang sudah digigit.

2. Brand Awareness Tertinggi Melalui Tagline

  • Indomie seleraku (Indomie)
  • Just do it (Nike)
  • Pasti ada jalan (Gojek)
  • Setia setiap saat (Rexona)
  • Kebaikan berawal dari sini (AQUA)

3. Brand Awareness Tinggi Melalui Hashtag

  • #ShareACoke oleh Coca Cola
  • #HereToCreate oleh Adidas
  • #WorthSaying oleh L’Oreal Paris

Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Bisnis

Ada banyak praktik yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda, di antaranya sebagai berikut:

1. Ciptakan Citra Merek yang Konsisten

Pertama, menjaga konsistensi dalam citra merek merupakan salah kunci untuk meningkatkan brand awareness. Pastikan penggunaan logo, warna, font, dan elemen visual lainnya tetap seragam di semua platform dan materi pemasaran untuk menciptakan citra merek yang kuat.

Begitu juga dengan tone dari brand image Anda juga harus konsisten, agar lebih mudah diingat orang. Entah itu lucu, smart, emosional, ramah, playful, atau lainnya asalkan sejalan dengan audiens dan misi Anda.

2. Tawarkan Opsi Freemium

Cara selanjutnya adalah menawarkan produk atau layanan freemium. Freemium adalah gabungan dari kata free (gratis) dan premium. Contohnya bisa bermacam-macam, tergantung dari jenis bisnis dan produk yang Anda tawarkan. 

Misalnya saja berupa sampel produk, konsultasi gratis selama 15 menit, free trial selama 30 hari, atau game seluler yang memiliki jeda iklan setelah setiap level. Gunakan penawaran freemium untuk memikat pelanggan, lalu bujuk mereka untuk meningkatkan ke produk atau layanan berbayar!

3. Ciptakan Unique Selling Point (USP)

Setelah mengetahui apa itu brand awareness, Anda bisa meningkatkannya melalui USP. Karena, USP berfungsi sebagai pembeda bisnis Anda dengan pesaing dan memberitahu audiens tentang siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan, dan mengapa mereka harus membeli produk atau layanan dari Anda. 

Dalam menyusun USP harus ringkas, dan mudah diingat. Yang terpenting, USP harus relevan dengan audiens Anda dan selaras dengan pesan merek Anda.

Salah satu contoh yang bisa Anda ikuti adalah USP dari Wardah, yang sejak awal mengusung USP berupa rangkaian produk skincare berbahan halal dan aman untuk segala jenis kulit. Citra produknya pun dikhususkan untuk kaum wanita muslim kelas menengah, yang aktif dan modern.

4. Tingkatkan SEO Website Anda

Selanjutnya adalah meningkatkan visibilitas situs web melalui optimisasi mesin pencari (SEO). Cara ini dapat membantu menarik lebih banyak pengunjung serta meningkatkan brand awareness. Gunakan kata kunci yang relevan, optimasi gambar, gunakan backlink berkualitas, dan jangan lupa tingkatkan kecepatan pemuatan website Anda.

5. Berkolaborasi dengan Merek Lain (Co-Branding)

Tidak ada salahnya menjalin relasi dengan merek lain, karena ini termasuk cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness. Melalui cara ini, Anda juga dapat memperkenalkan merek Anda kepada audiens dari merek lain, begitu juga sebaliknya.

Beberapa contoh co-branding yang sukses adalah kolaborasi antara Chitato dengan Indomie Goreng, sehingga tercipta Indomie Goreng rasa Chitato. Kemudian, kolaborasi McDonald’s dan Oreo yang menghasilkan produk McFlurry Oreo, dll.

6. Optimalkan Penggunaan Sosial Media

Berdasarkan laporan terbaru We Are Social yang kami lansir dari laman databoks, terdapat hampir 5 miliar orang di dunia (lebih dari 60%) merupakan pengguna aktif sosial media. Maka dari itu, memaksimalkan penggunaan sosial media bisa jadi strategi yang tepat untuk meningkatkan kesadaran merek.

Buatlah akun bisnis brand Anda di masing-masing platform sosial media, seperti TikTok, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Terlebih lagi fitur belanja di beberapa platform tersebut akan memudahkan Anda dalam menjual produk. 

Baca Juga: Ini 3 Langkah Mudah Cara Mendaftar WA Bisnis

Yuk, Terapkan Strategi Meningkatkan Brand Awareness!

Secara keseluruhan, dapat Anda tarik kesimpulan bahwa brand awareness artinya sejauh mana audiens Anda mampu mengingat dan mengenal merek Anda. Ini adalah salah satu metrik penting dalam bisnis, karena jika tidak ada yang tahu tentang produk atau layanan Anda, Anda juga tidak akan bisa menghasilkan uang.

sms otp verihubs
Global SMS notification Verihubs

Untuk membantu mengoptimalkan strategi Anda dalam membangun kesadaran merek, jangan lupa gunakan teknologi promosi produk dari Verihubs. Melalui Verihubs, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan melalui fitur verifikasi WhatsApp dan global SMS notification dalam kegiatan promosi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bebas memodifikasi ID pengirim agar sesuai dengan nama merk atau produk Anda supaya terkesan lebih akrab dengan pelanggan Anda. Menarik, bukan? 

Yuk, tingkatkan pengalaman pelanggan Anda bersama Verihubs. Jauhkan diri Anda dan pelanggan Anda dari kata ‘frustasi’ akibat keterlambatan OTP atau ketidaklancaran kegiatan promosi yang dapat mempengaruhi citra merek Anda!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!