Ini 3 Langkah Mudah Cara Mendaftar WA Bisnis

Cara mendaftar wa bisnis

Sederet keuntungan penggunaan WhatsApp bisnis yang menggoda terus dioptimalkan oleh pelaku bisnis, guna menunjang kegiatan bisnisnya. Tak heran, jika kemudian banyak usaha baru yang juga mencari tahu informasi mengenai cara mendaftar WA bisnis dengan benar.

Sebenarnya informasi demikian bisa diperoleh secara langsung di situs resmi WhatsApp, mengenai detail dan langkah pendaftaran. Namun tentu Anda tak akan mendapatkan penjelasan seperti di artikel ini, yang disampaikan dengan menarik dan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami.

Sebagai informasi pelengkap, akan disajikan pula beberapa potensi masalah yang terkadang muncul saat mendaftar WA bisnis, dan cara mengatasinya.

Mari masuk ke bahasan pertama, terkait cara daftar WA bisnis untuk usaha yang Anda miliki.

Baca Juga: Fast Respon, Wajib Disediakan untuk  Pengalaman Terbaik

Cara Mendaftar WA Bisnis Baru

Cara mendaftar wa bisnis
Sumber: freepik.com

Mengacu pada apa yang dituliskan dalam situs resmi WhatsApp, berikut syarat dan langkah yang bisa Anda lakukan.

Syarat Pendaftaran

  1. Nomor yang bisa didaftarkan adalah nomor telepon seluler atau nomor telepon kabel yang Anda miliki.
  2. Nomor telepon yang sedang Anda daftarkan harus dapat menerima panggilan telepon atau SMS.
  3. Pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang didukung, artinya bukan nomor VoIP, nomor bebas pulsa, nomor premium berbayar, nomor akses universal, atau nomor pribadi.
  4. Anda wajib menonaktifkan pengaturan atau aplikasi pemblokir panggilan dan task killer.
  5. Jika Anda mendaftar melalui telepon seluler, maka telepon yang digunakan harus terhubung ke jaringan internet aktif melalui paket data atau WiFi.
  6. Jika menggunakan nomor telepon kabel, ketuk Panggil Saya untuk menerima kode pendaftaran melalui panggilan telepon.

Cara Mendaftar Akun Bisnis Baru

Ada tiga langkah utama yang harus dilakukan untuk mendaftarkan akun bisnis baru menggunakan perangkat yang Anda pakai saat ini.

  1. Masukkan nomor telepon Anda, pilih negara dari daftar tarik turun, secara otomatis, kode negara di kotak sebelah kiri akan terisi dengan mendeteksi lokasi Anda. Kemudian masukkan nomor telepon Anda di kotak sebelah kanan. Ingat, jangan masukkan angka 0 di depan nomor telepon Anda karena sudah terdapat kode negara.
  2. Ketuk Selesai untuk menerima kode pendaftaran. Jika diperlukan media verifikasi lain, Anda dapat mengklik Hubungi Saya untuk menerima kode tersebut melalui panggilan telepon.
  3. Ketiga, masukkan kode pendaftaran sebanyak 6 digit yang telah diterima. Untuk pengguna layanan iCloud, jika Anda telah mengaktifkan Rantai Kunci iCloud dan pernah mendaftarkan nomor yang kini didaftarkan, aka Anda akan secara otomatis terdaftar tanpa harus menggunakan kode pendaftaran ini.

Dan selesai, kini Anda telah memiliki akun WA bisnis. Namun ingat, akun ini belum dapat digunakan karena memerlukan pengaturan lebih lanjut agar siap dan bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Jadi pastikan Anda menyelesaikan seluruh pengaturan awal untuk akun bisnis Anda, dan lakukan pengecekan sebelum mulai menggunakannya.

Beberapa Potensi Kendala yang Terkadang Muncul

Cara mendaftar wa bisnis
Sumber: freepik.com

WhatsApp tentu merupakan perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi dan sistem yang solid. Namun karena satu dan lain hal, ada saja masalah yang muncul, bahkan pada proses pendaftaran akun WA bisnis ini.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah 6 digit kode pendaftaran yang seharusnya diterima tidak kunjung sampai, dan menghambat proses pendaftaran tersebut. Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa mengikuti langkah sederhana berikut.

  1. Pertama, tunggu beberapa saat dan coba minta pengiriman kembali atas kode tersebut. Setidaknya berikan rentang waktu 10 menit untuk kembali meminta kode pendaftaran yang gagal diterima.
  2. Kedua, pastikan Anda tidak memasukkan kode secara asal atau menebak-nebak kode tersebut. Kesalahan input kode dapat membuat akun Anda terkunci dalam waktu tertentu.
  3. Ketiga, jika waktu yang diberikan telah berakhir sebelum Anda menerima kode berikutnya, gunakan opsi untuk panggilan telepon. Anda bisa klik Panggil Saya pada opsi yang tersedia, untuk menerima panggilan dari sistem pusat WhatsApp. Angkat dan dengarkan kode yang diberikan, kemudian masukkan ke kolom yang tersedia.

Selain masalah gagalnya pengiriman kode pendaftaran ini, untuk menghadapi masalah lain Anda bisa melakukan langkah berikut ini.

  • Matikan smartphone selama 30 detik, kemudian nyalakan kembali.
  • Hapus instalasi WhatsApp Business yang digunakan kemudian instal ulang, pastikan instal versi terbaru.
  • Pastikan sinyal seluler dan jaringan internet pada smartphone Anda aktif dan terhubung agar tidak ada kendala konektivitas pada proses pendaftaran ini.

Baca Juga: Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan 

Penggunaan WA bisnis pada pengelolaan hubungan dengan pelanggan menjadi salah satu hal andalan yang digunakan banyak perusahaan kekinian. Kemudahan pengaturan dan konektivitas yang baik membuat fitur ini diterapkan demi meningkatkan pengalaman pelanggan.

Senada dengan hal tersebut, Verihubs sebagai salah satu perusahaan yang fokus di bidang verifikasi pelanggan, juga menyediakan Veriflow, produk terbaru yang dapat mengoptimalkan penggunaan WA bisnis yang Anda miliki.

Veriflow dari Verihubs, untuk Optimasi WhatsApp Business Anda

Dengan produk terbaik yang telah diformulasikan guna mengoptimalkan penggunaan WA bisnis Anda, Veriflow hadir dan siap untuk digunakan. Sederet fitur utama diberikan sehingga urusan CS dapat dioptimalkan, sekaligus pengumpulan data. Anda juga dapat melakukan pengaturan WhatsApp Business Chatbot yang menjadi salah satu fiturnya. Di waktu yang sama jika Anda mengalami kegagalan dalam pendaftaran akun bisnis, staf kami juga dapat membantu mengarahkan dan menggunakan cara mendaftar WA bisnis hingga selesai. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan gunakan Verflow sekarang untuk optimasi bisnis Anda!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!