Permudah Bisnis, Ini 3 Cara Broadcast Whatsapp yang Tepat

cara broadcast whatsapp

Broadcast Whatsapp adalah pesan yang dikirimkan secara massal ke banyak nomor sekaligus, di mana melalui fitur ini, setiap pengguna hanya perlu membuat satu pesan lalu secara otomatis dapat dikirim ke banyak nomor yang ada di kontak. Kemudian, pengguna tidak perlu memilih ulang kontak yang akan menerima pesan siaran setiap kali ingin mengirimkannya. Lantas, bagaimana cara broadcast Whatsapp untuk bisnis Anda?

Perlu dipahami, pesan broadcast sebetulnya terlihat sama layaknya pesan dari Whatsapp pada umumnya. Kontak yang menerima pesan akan mendapatkannya sebagai pesan individual, dan pesan balasan yang mereka kirimkan juga akan terlihat sebagaimana pesan individual pada layar chat Anda.

Dengan mengirimkan pesan secara massal menggunakan broadcast Whatsapp, maka tentu saja bisnis Anda akan mendapatkan beberapa manfaat. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara broadcast Whatsapp, mari simak dulu apa saja manfaat dari penggunaan fitur ini.

Kenali Manfaat Penggunaan Fitur Broadcast Whatsapp

cara broadcast whatsapp
Sumber: Freepik

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan fitur broadcast Whatsapp. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Media pemasaran yang lebih efektif. Untuk meningkatkan penjualan, setiap pebisnis termasuk Anda, tentu saja membutuhkan pemasaran. Fitur broadcast mampu memudahkan Anda untuk mempromosikan produk secara efektif. Hanya dengan satu pesan saja, Anda bisa memberitahukan pengumuman mengenai produk baru, diskon, voucher, hingga berbagai tips bermanfaat yang membuat banyak pelanggan tertarik untuk mencari tahu lebih banyak.
  • Efisien dan lebih hemat waktu. Hanya melalui satu pesan dan satu kali pengiriman saja, maka Anda sudah mampu menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Cara ini tentunya sangat efisien dan menghemat waktu Anda dibandingkan jika Anda harus menyebarkan pesan menggunakan metode lainnya. 
  • Interaksi secara langsung dengan pelanggan. Komunikasi yang baik dengan pelanggan menjadi satu hal yang penting untuk dimiliki setiap bisnis. Broadcast Whatsapp juga akan memudahkan Anda dalam menjawab pesan balasan dari pelanggan yang mendapatkan pesan broadcast Anda. Melalui fitur ini pula, Anda bisa sekaligus mengingatkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi pembelian mereka.
  • Lebih murah dan mudah dilakukan. Pembuatan pesan broadcast bisnis di Whatsapp sama seperti pada saat Anda membuat pesan biasa. Begitu juga dengan notifikasi yang diterima oleh pelanggan, mereka akan mudah mengetahui adanya notifikasi pesan masuk dan langsung membacanya. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan dan terbilang sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan media pemasaran lainnya, seperti pamflet, media cetak, dan lainnya.

Baca juga: Penggunaan Whatsapp OTP 101: Cara Kerja dan 5 Keunggulannya

Apa Saja Syarat untuk Bisa Melakukan Broadcast Whatsapp?

Ada beberapa syarat yang perlu diketahui sebelum Anda mengirimkan pesan massal di Whatsapp, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Syarat pertama yang perlu Anda penuhi supaya bisa melakukan broadcast Whatsapp adalah Anda harus menyimpan terlebih dulu nomor-nomor yang akan Anda kirimi pesan.
  • Pesan broadcast Whatsapp hanya dapat dikirim kepada 256 nomor dalam satu waktu.
  • Whatsapp tidak membatasi jumlah pesan yang hendak dikirimkan, tapi mengirim banyak pesan dalam waktu yang singkat bisa dianggap spam dan diblokir oleh Whatsapp. Jadi, memberi jeda beberapa menit sebelum mengirimkan pesan massal lagi adalah pilihan yang tepat.

Syarat di atas mungkin bagi beberapa pelaku bisnis tampak kurang efisien. Pasalnya, Anda tidak akan menyimpan semua kontak pelanggan, terlebih kepada calon konsumen. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan Chatbot Whatsapp di mana jika Anda Menggunakan bot ini, Anda bebas mengirimkan pesan tanpa syarat dan tidak akan mengalami pemblokiran.

Cara Broadcast Whatsapp untuk Bisnis

cara broadcast whatsapp
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui manfaat dan syaratnya, kini saatnya Anda memahami bagaimana cara broadcast Whatsapp untuk bisnis. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini dengan teliti!

1. Cara Broadcast Whatsapp di Perangkat Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android, maka cara broadcast Whatsapp dapat dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, silakan klik tanda titik tiga di bagian kanan atas pada laman chat aplikasi Whatsapp.
  • Lalu pilih menu ‘Siaran baru’ atau ‘New Broadcast’.
  • Setelah itu, pilih kontak yang akan dikirimi pesan maksimal 256 kontak dan klik ikon centang. Maka, Anda akan dialihkan ke laman chat pesan broadcast.
  • Buatlah pesan yang Anda inginkan dan Anda pun bisa mencantumkan foto, video, lokasi, hingga kontak.
  • Lalu klik tombol send.

2. Cara Broadcast Whatsapp di Perangkat iOS

Sementara jika Anda menggunakan perangkat iOS, cara broadcast Whatsapp dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, silakan klik menu ‘Broadcast Lists’ di kiri atas laman ‘Chats’.
  • Kemudian, buatlah daftar kontak yang akan dikirimi pesan dengan cara klik ‘New List’, lalu pilih kotak-kotak yang Anda tuju. Maka tampilan akan berubah menjadi chat room baru untuk membuat pesan broadcast.
  • Setelah itu, buatlah pesan yang ingin dikirim dan bisa juga mencantumkan foto, video, lokasi, serta kontak. 
  • Kemudian, tinggal klik ikon send.

3. Cara Broadcast dengan Bot

Selain menggunakan dua cara broadcast Whatsapp di atas, Anda juga bisa menggunakan bot dengan mengikuti tahapan langkah berikut ini:

  • Daftarkan bisnis Anda ke Whatsapp Business Platform.
  • Selanjutnya, lakukan verifikasi akun bisnis Anda.
  • Kemudian Anda juga perlu mengaktifkan nomor dan mengisi profil. Langkah ini diperlukan untuk mempermudah pelanggan dalam mengenali bisnis Anda sekaligus sebagai branding. Nomor bisnis yang telah berhasil terverifikasi akan memiliki centang hijau, dan nama bisnis akan terlihat di layar pelanggan secara otomatis meskipun mereka belum menyimpan kontak Anda.
  • Membuat daftar kontak broadcast, dengan cara mengunggah nomor-nomor tujuan pesan broadcast ke dalam bentuk CSV atau Excel dengan cara klik opsi Create New List’.
  • Langkah berikutnya adalah membuat template pesan broadcast.
  • Mengirim pesan broadcast.

Baca juga: Mengenal Chatbot Flow, 3 Tipe dan Cara Membangunnya

Bagaimana, apakah saat ini sudah ada gambaran bagaimana cara broadcast Whatsapp untuk bisnis Anda?

Cara broadcast Whatsapp menggunakan bot dinilai lebih unggul jika dibandingkan dengan kedua cara lainnya. Nah, Verihubs punya solusi terbaiknya untuk bisnis Anda!

Telah hadir Veriflow, yang merupakan salah satu produk unggulan dari Verihubs yang akan membantu Anda meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih menyenangkan, dengan otomatisasi jawaban FAQ dari pelanggan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk memberikan informasi yang tepat. Melalui chatbot yang terintegrasi dengan WhatsApp, maka dijamin akan mempermudah bisnis Anda dalam memberikan pelayanan 24 jam nonstop, dan membantu merespon pelanggan menjadi lebih cepat. Jadwalkan demo sekarang dengan cara hubungi kontak layanan Verihubs.

Artikel Terbaru Kami

insurance fraud

Mengenal Apa Itu Insurance Fraud dan Cara Mencegahnya

10 Perkembangan Teknologi Asuransi Beserta Pemanfaatannya

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!