Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Penggunaan WhatsApp OTP 101: Cara Kerja dan 5 Keunggulannya

whatsapp otp

Penggunaan kode OTP dalam melindungi akses akun dan transaksi digital saat ini menjadi hal yang wajar. Tidak hanya karena mudah dan ekonomis, namun penggunaan cara ini dinilai juga efektif dari segi waktu. Lebih mendalam, mari bahas terkait salah satu metode yang banyak digunakan, yakni WhatsApp OTP.

Tapi bukankah ini serupa dengan penggunaan OTP SMS?

Secara esensial, ya. Penggunaan WhatsApp OTP dan OTP SMS memiliki kesamaan dalam hal pengiriman OTP ke user dengan menggunakan media teks. Namun secara operasional, keduanya memiliki perbedaan yang jelas.

Maka mari masuk pada pembahasan di poin pertama mengenai cara kerja penggunaan OTP ini, kemudian dilanjutkan keunggulannya dibandingkan OTP SMS. Simak penjelasannya di bawah ini! 

Baca Juga: Mengenal OTP WhatsApp dan Perbedaannya dengan OTP SMS

Cara Kerja WhatsApp OTP

whatsapp otp
Sumber: freepik.com

Untuk cara kerja OTP ini sendiri, secara umum cukup mudah dipahami. Berikut penjelasan lengkapnya.

User Melakukan Proses Log In

Proses pertama user akan melakukan upaya log in pada aplikasi, layanan, atau website yang Anda sediakan untuk melakukan keperluannya. Proses ini kemudian akan dikenali oleh sistem dari input nama pengguna dan password, atau metode lain yang sudah terdaftar pada sistem.

Sistem ‘Mengenali’ Upaya Permintaan Akses, OTP Dikirimkan

Ketika sistem menerima permintaan akses yang dikirimkan oleh user, maka sistem kemudian akan mengirimkan kode OTP pada akun WhatsApp yang telah dihubungkan sebelumnya. Idealnya, pengiriman ini hanya membutuhkan waktu singkat untuk diterima oleh user. Selama perangkat smartphone milik user terhubung dengan jaringan internet dan memiliki akun WhatsApp aktif, maka kode ini akan lekas diterima.

User Memasukkan Kode OTP

Setelah kode ini diterima, maka kemudian user dapat memasukkannya pada kolom yang sudah disediakan. Pada beberapa produk verifikasi, input kode OTP yang sudah diterima via WhatsApp ini dapat dilakukan secara otomatis selama perangkat yang digunakan untuk mengakses akun adalah perangkat yang sama untuk akun WhatsApp yang dimiliki user.

Verifikasi Berhasil Dilakukan

Sistem akan memeriksa kecocokan OTP yang dikirimkan sebelumnya dengan OTP yang dimasukkan oleh user pada layanan yang digunakan. Jika kode OTP cocok, maka user akan terverifikasi dan dapat melanjutkan aktivitasnya pada akun yang dimiliki. Proses selesai.

Cukup singkat dan praktis bukan cara kerja dari WhatsApp OTP ini?

Kenali 5 Keunggulan Penggunaan WhatsApp untuk OTP Dibandingkan SMS

whatsapp otp
Sumber: freepik.com

Perbandingan antara penggunaan SMS OTP dengan WhatsApp OTP masih terus dilakukan, untuk mencari siapa yang lebih unggul. Namun mari fokus pada metode kedua, yang jadi topik utama pada artikel ini.

Sederet keunggulan yang ditawarkan metode OTP dengan WhatsApp antara lain adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan aplikasi over the top atau dikenal dengan istilah OTT. Hal ini menjadi keunggulan karena memiliki efisiensi dan tingkat keamanan yang lebih baik.
  • Cenderung konsisten, pengiriman OTP menggunakan aplikasi OTT seperti WhatsApp ini akan menjadi lebih konsisten selama user terhubung dengan jaringan internet aktif pada akun media sosialnya ini.
  • Tidak bergantung pada sinyal provider, pada kondisi tertentu dimana sinyal provider yang digunakan tidak dapat dijangkau, user tetap dapat menerima OTP. Dengan catatan, terhubung dengan jaringan internet yang aktif, berupa WiFi atau sejenisnya.
  • Biaya yang lebih ekonomis untuk sistem, tidak seperti penggunaan SMS OTP yang membutuhkan sejumlah pulsa, perhitungan biaya untuk penggunaan WhatsApp OTP cenderung lebih ekonomis. Efisiensi biaya bisa diperoleh dengan metode ini.
  • Identitas Anda sebagai pengirim kode OTP dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga user dapat dengan cepat mengetahui pengiriman OTP ini berasal dari layanan yang tengah digunakan.

Jika dilihat dengan seksama, penggunaan metode pengiriman OTP dengan aplikasi WhatsApp ini ternyata memiliki cukup banyak keunggulan bukan? Maka tak heran jika banyak pelaku usaha yang memilih metode ini untuk mengirimkan kode OTP pada user yang dimilikinya.

Tapi Apakah Tersedia Produk Verifikasi yang Efektif untuk Ini?

whatsapp otp
Sumber: freepik.com

Sebenarnya produk verifikasi yang dapat digunakan untuk membantu pengiriman kode ini bisa dengan mudah ditemukan, karena Anda tengah berada di situs resminya. Verihubs, menjadi penyedia produk verifikasi untuk berbagai keperluan yang bisa Anda gunakan.

Sistemnya yang solid dan proses verifikasi yang cepat menjadikan Verihubs salah satu pemain kuat pada industri ini di Indonesia. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan dan brand besar yang memilih Verihubs untuk berbagia keperluan verifikasi yang diperlukannya.

Baca Juga: Apa Itu Multi Factor Authentication, Bagaimana Cara Kerjanya? 

Dengan Phone Number Verification, Urusan Kode OTP Lewat WhatsApp Jadi Mudah!

Salah satu produk Verihubs untuk urusan ini adalah Phone Number Verification, yang memiliki fitur WhatsApp Global OTP. Dengan fitur ini, Anda bisa mengirimkan kode OTP dengan mudah, cepat, dan akurat, namun tetap ekonomis. Efisiensi proses ini akan membuat user merasa puas karena tak memakan banyak waktu untuk diselesaikan. Anda juga dapat melakukan kustomisasi pada identitas pengirim, sehingga pengiriman kode WhatsApp OTP akan terasa lebih profesional dan resmi. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur yang satu ini!