Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

6 Cara Chat dengan Customer, Harus Cepat dan Tepat!

cara chat dengan customer

Percakapan secara online atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting memang memberikan banyak keuntungan. Selain lebih dekat dengan para pelanggan atau customer, Anda juga bisa langsung bertanya bagaimana pendapat mereka mengenai produk atau fitur terbaru yang Anda luncurkan. Bahkan, chatting juga memberikan banyak kesempatan Anda untuk menawarkan promo spesial kepada pelanggan. Lantas, cara chat dengan customer seperti apa yang paling tepat dan efektif?

Wajib dipahami, bahwa menyediakan fasilitas chatting pada bisnis Anda tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang harus Anda upayakan jika ingin meningkatkan pengalaman terbaik dengan para pelanggan melalui teknologi chatting ini, termasuk menguasai bagaimana cara chat dengan customer.

Pentingnya Chat dengan Customer

Chat dengan customer sangat penting, sebab komunikasi adalah kunci untuk segalanya. Hal ini diterapkan juga dalam bisnis online, di mana komunikasi yang baik dengan customer Anda akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan online, karena customer Anda akan merasa diperhatikan ketika Anda merespon chat mereka.

Pada umumnya, customer tidak akan mudah membeli suatu produk di online karena mereka tidak tahu bentuk aslinya seperti apa. Di sinilah peran Anda sebagai penjual untuk membuat customer lebih penasaran sehingga mereka tertarik untuk membeli produk Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan customer online. Anda tidak hanya bicara soal pembelian, namun juga bisa berguna setelah pembeli membeli produk Anda, jadi bisa melakukan follow up produk baru atau memberikan loyalty, alhasil mereka bisa jadi loyal customer.

Tahukah Anda, bahwa respon yang baik akan memengaruhi keputusan pembelian?

Sebagai contoh, ketika calon pembeli bertanya-tanya mengenai produk yang Anda jual dan Anda meresponnya dengan baik, maka kemungkinan mereka akan memutuskan untuk membeli produk Anda akan meningkat pula. Hal ini disebabkan karena mereka merasa dapat perhatian dan fast response, sehingga mereka lebih percaya terhadap bisnis Anda.

Bagaimana Cara Chat dengan Customer yang Tepat?

cara chat dengan customer
Sumber: Freepik

Cara mengirim maupun membalas chat dengan customer itu sebenarnya hal yang bisa dilakukan oleh semua penjual. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diketahui, terutama tips-tips membalas chat yang membuat customer Anda ingin belanja lagi di toko online Anda hingga menjadi pelanggan setia. Mari simak tipsnya di bawah ini!

  1. Cara chat dengan customer yang pertama adalah lebih banyak memberi perhatian dan berempati. Luangkan waktu untuk mengakui kekhawatiran customer dan mengklarifikasi pertanyaan mereka jika diperlukan. Jangan terburu-buru menawarkan solusi kepada mereka, dan ukurlah apa yang bisa ditawarkan setelah memastikan sudah memahami apa yang mereka butuhkan
  2. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan penuh etika.
  3. Ketika pelanggan mengirimkan chat untuk menanyakan produk dan tampak tertarik, maka ini adalah kesempatan bagus untuk memamerkan produk atau layanan, hingga keahlian Anda. Pemahaman yang baik mengenai produk, situs website, dan proses sangat penting, terutama jika Anda mendapatkan peluang untuk upsell atau cross-selling produk atau layanan.
  4. Cara chat dengan customer yang berikutnya adalah harus jujur dengan pelanggan. Tidak apa-apa jika Anda tidak selalu memiliki jawaban untuk segala pertanyaan, karena faktanya akan ada saat-saat ketika klien mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dijawab saat itu juga. Hal yang bisa dilakukan adalah jujur dan transparan dengan pelanggan. Jika Anda perlu meluangkan waktu untuk sedikit meneliti, maka jangan ragu untuk memberitahu mereka. 
  5. Anda juga bisa mengintegrasikan aplikasi chat dengan perangkat lunak CRM (customer relationship management), sehingga Anda bisa menyimpan dan melacak semua obrolan dengan customer. Cara ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang poin keluhan pelanggan yang kemudian bisa digunakan untuk membuat konten tambahan yang mentargetkan hal itu. Selain itu, Anda pun dapat merujuk ke interaksi dengan pelanggan sebelumnya dan mempersonalisasi percakapan Anda.
  6. Buatlah customer nyaman dengan Anda, dengan cara selalu menjadi pihak terakhir yang membalas pesan.

Baca juga: Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

Pastikan Anda Menanggapi Chat dari Customer dengan Cepat

Saat customer memulai obrolan dengan Anda, jangan biarkan mereka menunggu jawaban terlalu lama. Tentunya Anda tidak ingin mereka berpikir bahwa pertanyaan mereka tidak ditanggapi dengan cepat, bukan?

Pada dasarnya, inti obrolan adalah berkomunikasi dengan cepat dan tanpa menundanya. Di sinilah Anda memerlukan customer assistance handal, yang langsung dapat berbicara dengan beberapa customer sekaligus. Jangan sia-siakan potensi ini, Anda bisa memilih produk unggulan dari Verihubs.

Baca juga: 5 Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Bisnis Anda

Apa lagi kalau bukan Veriflow, yang merupakan salah satu produk dari Verihubs yang membantu Anda meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih menyenangkan, dengan otomatisasi jawaban FAQ dari pelanggan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk memberikan informasi yang tepat. Melalui chatbot yang terintegrasi dengan WhatsApp, dijamin akan mempermudah bisnis Anda dalam memberikan pelayanan 24 jam nonstop, dan bantu merespon pelanggan menjadi lebih cepat.

Tak perlu ragu lagi, dengan Veriflow Anda bisa memberikan respon yang cepat dengan jawaban yang tepat kepada seluruh pelanggan Anda. Jadwalkan demo sekarang dengan cara hubungi kontak layanan Verihubs.