Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

fungsi chatbot

Bicara soal chatbot, Anda tentu sudah tahu bahwa chatbot ini merupakan teknologi yang dijalankan oleh AI (Artificial Intelligence). Fungsi chatbot adalah menjalankan suatu bisnis yang berhubungan dengan layanan jasa atau produk yang membutuhkan interaksi dengan pelanggan.

Chatbot atau yang juga dikenal dengan istilah chatterbot adalah salah satu tool terbaru dalam pemasaran digital. Dengan teknologi AI, chatbot akan merespons, baik pertanyaan atau keinginan dari pelanggan secara natural, sesuai dengan kata kunci atau keadaan tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Chatbot yang ada saat ini cukup pintar untuk menarik pelanggan potensial dan memastikan layanan pelanggan dan penjualan menjadi lebih praktis tanpa harus membuang waktu dan sumber daya. Memang untuk saat ini, masih ada beberapa keterbatasan fitur atau kemampuan chatbot, sehingga pada kondisi tertentu atau membutuhkan penanganan yang lebih kompleks, tetap harus manusia yang menanganinya. 

Namun, fungsi chatbot bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Mari ketahui lebih detail mengenai hal ini. Simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Contoh Penggunaan Chatbot

Keberadaan chatbot dalam situs tertentu akan memudahkan pelanggan untuk mengajukan sesuatu seperti mengembalikan barang, refund, hingga komplain. Bahkan, penggunaan chatbot juga sudah mulai digunakan oleh situs pemerintahan, di mana penggunaan chatbot sangat bermanfaat untuk situs pemerintahan yang memberikan layanan masyarakat.

Beberapa contoh chatbot yang mungkin akrab dan sering digunakan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Siri by Apple, yaitu tipe chatbot AI yang bisa digunakan dalam perangkat Apple.
  • World Health Organization. Di awal masa pandemi, WHO menjadi haluan dalam informasi Covid-19, sehingga mereka kemudian membuka layanan Whatsapp chatbot untuk memberikan informasi kepada masyarakat di seluruh dunia.
  • Duolingo, yaitu salah satu aplikasi yang menggunakan chatbot AI dan digunakan untuk  berfokus pada pembelajaran bahasa yang cukup baik dan mudah digunakan.

Baca juga: 7 Keuntungan Penggunaan Kode OTP WhatsApp untuk Bisnis

Fungsi Chatbot dan Manfaatnya dalam Meningkatkan Layanan Pelanggan

fungsi chatbot
Sumber: Freepik

Tak dipungkiri, sistem penjualan terus mengalami revolusi di era digital teknologi seperti sekarang ini Hampir semua strategi pemasaran tradisional telah menyesuaikan diri dengan perubahan yang sudah terjadi seiring kemajuan zaman.

Adapun fungsi dan manfaat chatbot dalam peningkatan layanan pelanggan dan digital marketing strategist, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Chatbot Sebagai Pusat Pelayanan Informasi Terkait Produk

Fungsi chatbot bisa menjadi perantara yang menghubungkan pelanggan dan penyedia layanan, di mana chatbot diatur sedemikian rupa sehingga mampu menjawab pertanyaan umum yang diajukan pelanggan dengan tepat. Secara tidak langsung, chatbot ini juga dapat dikatakan mampu mengambil alih beberapa fungsi umum dari customer services.

Dengan adanya chatbot, para pelanggan menjadi terbantu saat membutuhkan informasi seputar produk atau brand, dan tidak perlu lagi menunggu antrian yang lama hanya untuk berbicara langsung dengan customer service manusia. Selain itu, kapan dan dari mana saja pelanggan membutuhkan informasi, maka pelanggan bisa melakukannya selama 24 jam nonstop.

2. Chatbot Mampu Menghasilkan Lead untuk Mendapatkan Pelanggan Potensial 

Bisnis di seluruh industri menyadari bahwa penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, serta produksi bukan merupakan departemen atau bagian terpisah. Semua terhubung untuk menghasilkan pendapatan bagi kemajuan perusahaan, sehingga itulah yang membuat tim lintas fungsi atau cross-functional team menjadi arsitektur bisnis terbaru.

Fenomena ini juga telah terbukti dalam digital marketing, di mana semua saluran atau media dapat digunakan untuk saling berkolaborasi demi menghasilkan lead dan pendapatan penjualan. Chatbot juga memainkan peran penting dalam situasi ini karena dapat digunakan pada berbagai saluran digital untuk mengumpulkan informasi pelanggan yang berinteraksi dengannya, mulai dari nama, alamat email, nomor telepon, usia, gender, hingga memetakan pengunjung berdasarkan produk yang disukai atau yang tidak disukai. 

Dari data dan informasi yang dikumpulkan chatbot, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui mana pengunjung yang berpotensi untuk menjadi pembeli dan mana yang tidak. Kemudian data tersebut bisa juga Anda manfaatkan untuk merancang strategi digital marketing yang tepat untuk melakukan pendekatan kepada pelanggan dalam bentuk pengiriman newsletter, merekomendasikan produk baru yang mungkin mereka sukai, hingga memberikan penawaran diskon, dan lain sebagainya.

Baca juga: Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

Tinggalkan Percakapan Kaku, Ubah Jadi Lebih Menyenangkan!

Kini saatnya meninggalkan percakapan yang kaku, dan mengubahnya menjadi lebih menyenangkan menggunakan layanan dari Verihubs. Dalam hal ini, Verihubs menawarkan layanan terbaik berupa Veriflow, di mana Anda bisa mengatur flow chatbot untuk menjawab pelanggan secara real time.

Apa saja keunggulan dari Veriflow ini? Tentu saja, Anda bisa memberikan jawaban yang pelanggan Anda butuhkan dengan informasi yang tepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini jika menggunakan Veriflow:

  • Dapat menyediakan layanan selama 24 jam non stop sehingga dapat menjangkau pelanggan di luar jam operasional.
  • Memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang akrab bersama pelanggan dengan percakapan yang lebih ramah.
  • Mampu mempermudah proses onboarding karena terintegrasi pada sistem verifikasi untuk validasi identitas para pelanggan.

Pastikan Anda memberikan rasa nyaman dengan komunikasi yang lebih ramah pada pelanggan bisnis Anda. Hubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Artikel Terbaru Kami

cara login whatsapp dengan nomor yang hilang

Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

kode verifikasi whatsapp

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

sumber pendapatan tambahan karyawan

Ketahui 7 Contoh Sumber Pendapatan Tambahan Karyawan!