5 Cara Cepat Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

cek identitas lewat no rekening bank

Selaras dengan kemajuan teknologi, modus penipuan pun semakin berkembang. Salah satu modus yang paling umum terjadi adalah dengan cara melakukan transfer uang ke nomor rekening palsu. Oleh karena itu, sangat penting untuk cek identitas tujuan transfer Anda, sebelum melakukan transaksi. 

Untungnya, saat ini telah banyak platform dan metode yang dapat membantu Anda melakukan verifikasi identitas pemilik rekening. Mari simak beberapa rekomendasinya melalui ulasan berikut ini!

5 Rekomendasi Platform untuk Cek Identitas

Melalui perkembangan teknologi yang kian canggih dari waktu ke waktu, kini ada cara cepat untuk cek rekening. Anda bisa memanfaatkan sejumlah platform berikut ini untuk mengotentikasi nomor rekening tujuan, sebelum melakukan proses pembayaran. Berikut adalah rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Cekrekening.id

Platform cek identitas nomor rekening milik Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) ini memberikan informasi apakah rekening tersebut pernah dilaporkan atas penipuan atau tidak. Caranya, masuk ke situs https://cekrekening.id, kemudian pilih opsi “periksa rekening” dan klik “cek sekarang”. 

Setelah itu, Anda bisa memasukkan jenis bank atau e-wallet, serta nomor rekening penerima. Klik “cek sekarang” untuk mendapatkan informasi yang Anda perlukan.

2. Lapor go.id

Platform untuk mengecek identitas rekening yang kedua adalah lapor go.id, yang juga memungkinkan Anda untuk melaporkan tindak kejahatan dan modus penipuan.

Sementara itu, untuk menggunakan platform ini, Anda bisa mengunjungi laman https://www.lapor.go.id, kemudian pilih salah satu layanan yang Anda butuhkan. Terdapat opsi “pengaduan”, “aspirasi”, dan “permintaan informasi”. Setelah itu, isi laporan dengan lengkap, unggah bukti pendukung yang Anda miliki, lalu klik “lapor”.

3. Kredibel.co.id

Anda juga bisa menggunakan kredibel.co.id untuk cek identitas dan kredibilitas dari pemilik nomor rekening. Cara kerjanya adalah dengan mengidentifikasi apakah pemilik nomor rekening tersebut pernah mendapatkan keluhan dari pengguna lainnya atau tidak.

Anda hanya perlu mengunjungi https://www.kredibel.co.id, kemudian masukkan nomor rekening di menu “cek rekening”, lalu klik “cari”. Platform ini sangat membantu pengguna untuk mengetahui apakah pemilik rekening memiliki catatan keuangan yang baik atau tidak.

4.  Mobile Banking

Selain platform berbasis website, Anda juga bisa cek rekening melalui aplikasi mobile banking dari bank. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi pemilik rekening dengan mudah dan cepat, tanpa harus menggunakan platform tambahan. 

Anda pun dapat dengan mudah mengakses fitur ini melalui aplikasi mobile banking di ponsel. Caranya, pilih menu “transfer”, lalu masukkan bank tujuan dan nomor rekening. Setelah itu, aplikasi akan melakukan otentikasi. Apabila identitas rekening sudah sesuai, Anda bisa melakukan transfer.

5.  Verihubs Income Check

identity check
Aplikasi Verifikasi Pendapatan Income Check

Verihubs adalah platform yang menyediakan layanan verifikasi data secara online, termasuk cek identitas lewat nomor rekening. Fitur Income Check dari Verihubs memungkinkan pengguna untuk memverifikasi apakah pemilik rekening memiliki penghasilan yang konsisten dan terpercaya. 

Alasannya, fitur ini dapat memberikan informasi tambahan tentang Nomor Induk Kependudukan, nama perusahaan, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, hingga kondisi keuangan pemilik rekening. Selain itu, Verihubs juga menawarkan berbagai macam keunggulan lainnya sebagai berikut.

  1. Integrasi API Gratis dan Mudah: Verihubs menyediakan integrasi API yang tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga gratis. Maka dari itu, keunggulan ini memudahkan Anda untuk mengintegrasikan fitur Income Check ke dalam sistem, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.
  2. Sumber Data yang Kredibel: Fitur Income Check dari Verihubs menggunakan sumber data yang terpercaya dan kredibel, sehingga informasi cek identitas yang Anda peroleh dapat diandalkan dan akurat.
  3. Skema Pembayaran yang Efisien: Keunggulan Verihubs berikutnya adalah menawarkan skema pembayaran yang efisien, sehingga pengguna dapat menghemat waktu dan biaya dalam melakukan cek identitas dan verifikasi data keuangan.
  4. Tim yang Responsif: Verihubs memiliki tim yang responsif terhadap kebutuhan dan masukan pengguna. Tim customer success Verihubs siap membantu dalam menjawab pertanyaan, memberikan dukungan teknis, dan memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

Manfaat Cek Identitas Lewat Nomor Rekening Bank

UU Nomor 10 tahun 1998 telah mengatur tentang perlindungan identitas nasabah dan simpanannya. Meski demikian, Anda bisa mengetahui apakah rekening itu  pernah dilaporkan atas dugaan penipuan, untuk mencegah risiko kejahatan. Berikut adalah manfaat dari pengecekan identitas nomor rekening!

1. Menghindari Penipuan

Salah satu manfaat utama dari cek identitas lewat nomor rekening bank adalah untuk menghindari risiko penipuan. Dengan mengetahui rekening yang valid, Anda dapat menghindari potensi jatuh ke dalam perangkap penipuan dan kerugian keuangan yang mungkin terjadi, akibat transaksi dengan pihak yang tidak sah.

Maka dari itu, pengecekan identitas pemilik rekening memberikan perlindungan tambahan dan keamanan terhadap dana Anda.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Cek NIK KTP Secara Online Apakah Terdaftar!

2. Memastikan Keamanan Transaksi

Cek rekening juga membantu memastikan keamanan transaksi keuangan. Pasalnya, dengan mengetahui siapa yang akan menerima dana transfer, Anda dapat memastikan bahwa transaksi tersebut sah dan aman.

Selain itu, mengetahui identitas penerima juga dapat membantu Anda mengurangi risiko penyalahgunaan dana, atau tindakan kriminal lainnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi

Bagi pemilik bisnis, cek identitas lewat no rekening bank juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan reputasi Anda, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam melakukan transaksi keuangan. 

Dengan menunjukkan kehati-hatian dan kepedulian terhadap keamanan transaksi, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan positif, dengan penerima dana atau pihak lainnya. Upaya ini dapat membuka pintu bagi peluang kerjasama yang lebih baik di masa depan dan memperkuat reputasi Anda di mata orang lain.

4. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Proses verifikasi identitas pemilik rekening yang terotomatisasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melakukan transaksi keuangan. Oleh sebab itu, langkah ini dapat mengurangi waktu dan upaya untuk melakukan transaksi.

Bahkan, studi dari McKinsey menyebut bahwa otomatisasi cek alamat dari no rekening dan verifikasi dapat mengurangi biaya hingga 25%, daripada menggunakan cara manual.

Baca Juga: Terbukti! Cara Cek KTP Asli atau Palsu Dengan Cepat!

Sudah Tahu Bagaimana Cara Cek Identitas Pemilik No Rekening?

Kominfo mencatat ada lebih dari 110 ribu penipuan online, yang diakibatkan rekening palsu. Nah, dengan adanya berbagai platform cek rekening, Anda dapat lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Income Check dari Verihubs.

Income Check menjadi solusi mudah dan cerdas bagi Anda yang ingin melakukan efisiensi dalam proses verifikasi, sekaligus memberikan hasil yang akurat. Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) untuk melakukan memeriksa identitas, Income Check juga bisa memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda.

Di sisi lain, penting untuk selalu melakukan cek identitas lewat nomor rekening sebelum melakukan transfer, agar terhindar dari risiko penipuan dan kerugian finansial. Kesadaran dan kewaspadaan sebagai pengguna layanan keuangan merupakan langkah pertama dalam melindungi dari ancaman penipuan di era digital.

SOURCE:

  • https://www.ocbc.id/id/article/2024/02/26/cek-identitas-lewat-no-rekening-bank
  • https://midtrans.com/id/blog/cek-identitas-lewat-no-rekening-bank
  • https://www.kominfo.go.id/content/detail/28948/110000-laporan-rekening-terindikasi-penipuan-online-cek-di-situs-kominfo-berikut/0/sorotan_media
  • https://plaid.com/products/income/
  • https://tink.com/products/income-check/
  • https://finance.detik.com/fintech/d-6093213/perluas-pengguna-fintech-dengan-identity-income-verification
  • https://www.mckinsey.com/industries/private-equity-and-principal-investors/our-insights/five-trends-reshaping-the-us-home-mortgage-industry#:~:text=We%20expect%20digital,subservicers%20are%20introducing
    https://peraturan.bpk.go.id/Details/45486/uu-no-10-tahun-1998

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!