Terbukti! Cara Cek KTP Asli atau Palsu dengan Cepat!

cara cek ktp asli atau palsu

Dalam beberapa kegiatan, memahami cara cek KTP asli atau palsu wajib untuk Anda kuasai. Terutama, apalagi kegiatan atau pekerjaan yang Anda geluti, berkaitan dengan penyertaan data pribadi. Namun, pasti akan cukup merepotkan jika harus datang ke Dispendukcapil, untuk melakukan pengecekan!

Padahal, kegiatan yang Anda lakukan berkaitan dengan waktu, sehingga cara lama tidak terlalu efektif. Untungnya, ada cara cek KTP asli secara online, yang bisa Anda lakukan. Mau tahu bagaimana caranya? Mari simak artikel berikut ini!

Apa Itu KTP atau Kartu Tanda Penduduk?

Pada dasarnya, KTP merupakan sebuah kartu identitas yang wajib Anda miliki, ketika sudah berumur 17 tahun ke atas. Kartu ini menjadi hal yang sangat penting, untuk membuktikan apakah Anda penduduk resmi atau tidak. Selain itu, KTP juga berguna sebagai pencatatan sipil untuk tiap daerah di Indonesia.

Kartu identitas resmi ini bisa Anda dapatkan dari Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), dengan melalui beberapa tahapan pengurusan. Mulai dari pengurusan permohonan acara dari RT, lanjut pengurusan ke Kelurahan, Kecamatan, hingga ke Dispendukcapil.

Sebagai kartu identitas, dokumen ini menjadi bukti bahwa Anda adalah seorang warga penduduk Indonesia yang tercatat secara resmi. Sedangkan untuk WNA yang tinggal di Indonesia, biasanya hanya bisa mengurus ITAP (Izin Tinggal Tetap) atau Visa! 

Proses cek KTP asli sendiri, biasanya berguna untuk berbagai kebutuhan administrasi, hingga kebutuhan transaksi tertentu. Sehingga, sebagai pihak terkait, Anda harus paham betul bagaimana mengidentifikasikan dokumen asli atau palsu!

Bagaimana Cara Cek KTP Asli atau Palsu?

Untuk menghindari penipuan identitas, Anda wajib memahami bagaimana cara membedakan dokumen asli dan palsu. Untungnya, beberapa cara ini bisa membantu Anda memastikan keaslian dokumen:

1. Periksa Ciri Khusus KTP 

cek ktp asli atau palsu

Untuk pengecekan awal, ada beberapa ciri khusus yang bisa Anda perhatikan pada dokumen yang akan Anda periksa. Mulai dari pengecekan logo dan tanda resmi kenegaraan, seperti gambar dan stempel. Umumnya, pembuatannya menggunakan metode khusus, yang akan membuat hasil cetak lebih jelas dan tajam.

Anda juga bisa melakukan pengecekan pada kualitas cetak dan bahan dari dokumen tersebut, karena KTP memiliki bahan khusus yang membuatnya kokoh. Ada juga hologram dari tinta khusus, yang tak akan mudah terhapus.

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence (AI) & Contohnya Pada Bisnis!

2. Verifikasi dan Validasi Data

Cara cek KTP asli berikutnya sudah cukup umum pihak bank atau lembaga keuangan gunakan, yakni verifikasi data. Anda bisa melakukan pengecekan secara kasat mata, untuk memeriksa kesalahan ketik atau cetak pada dokumen terkait. Lalu Anda bisa meminta verifikasi data dari pemilik KTP.

Anda bisa menemukan identitas terkuat, untuk mencocokkannya dengan data yang Anda pegang saat ini. Jika pemilik KTP terlihat ragu atau ada kesalahan penulisan yang mencurigakan, maka Anda patut waspada. Meminta tanda tangan juga membantu membedakan dokumen tersebut asli atau palsu!

3. Gunakan Sinar UV

Metode lain yang bisa Anda gunakan untuk cek KTP asli atau bukan adalah menggunakan alat bantu, yakni sinar UV. Sama halnya dengan uang, KTP juga menggunakan metode keamanan khusus yang akan bereaksi dengan sinar UV. 

Caranya, tinggal Anda dekatkan ke lampu UV, dan periksa apakah ada perubahan atau tidak. Biasanya, akan muncul kode atau perubahan warna pada beberapa bagian. Jika tidak muncul perubahan, maka Anda patus mewaspadainya.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Resmi

Biasanya, untuk beberapa instansi, Anda akan mendapatkan bekal berupa aplikasi cek KTP asli, yang sudah terhubung dengan data Dispenduk. Sistem ini bersifat satu arah, jadi hanya untuk pemeriksaan saja dan tidak bisa untuk input atau merubah data!

Umumnya aplikasi akan melakukan scanning terhadap aplikasi atau yang lebih sederhana menginputkan NIK sebagai kode unik dari tatap KTP. Namun, Anda harus hati-hati jika bersangkutan dengan data diri, karena hanya dengan foto saja data Anda bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab!

5. Memanfaatkan Produk Identity Verification Verihubs

teknologi cek ktp asli atau palsu

Sebagai solusi yang lebih baik dari cara keempat, Anda bisa memanfaatkan produk teknologi  Identity Verification dari Verihubs. Karena, produk ini memanfaatkan OCR yang membantu Anda untuk input data identitas pelanggan melalui scanning

Kemudian, dipadukan dengan teknologi Liveness Detection yang mampu mencegah kecurangan fraud identitas.

6. Tanya Pihak Dispendukcapil

Selain dari aplikasi resmi, Anda bisa langsung bertanya pada pihak terkait dengan datang langsung ke lokasi, email, atau sosial media terkait. Untuk situs resmi, Anda bisa menanyakan pertanyaan dengan format #NIK#nama#no.KK#no.telp#keluhan atau laporan!

Anda juga bisa langsung menghubungi call center dari Dispendukcapil, melalui nomor 1500 537. Atau melalui WA dan SMS di nomor telepon 0815 3636 999 atau 0813 2691 2479.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Cek NIK KTP Secara Online Apakah Terdaftar!

Bagaimana Cara Kerja KTP Palsu?

Sebenarnya penggunaan KTP palsu sudah sangat mengakar, bahkan belakangan ini cukup sulit Anda deteksi. Sehingga, butuh cara cek KTP asli dan tools pendukung yang memadai, untuk membedakan dokumen asli atau palsu. 

Umumnya, dari beberapa kasus, penerbitan KTP palsu ini berhubungan pada jasa pembuatan stempel.

Sayangnya, walaupun terselubung, namun hal ini cukup masif dan hampir ada di setiap daerah. Uniknya, pembuatan KTP palsu ini cukup mudah Anda akses, bahkan pembuatannya mulai dari Rp 10.000,00 hingga ratusan ribu.

Umumnya, KTP palsu ini cukup berdampak negatif, karena beberapa oknum mengatasnamakan pembaruan KTP atau membuat KTP rusak. Penggunaannya sudah cukup pasti untuk hal yang tidak baik, terutama untuk askes ilegal atau penipuan!

Baca Juga: Apa Itu Sertifikat Elektronik? Manfaat & Cara Mendapatkan!

Bagaimana Cara Cek Penyalahgunaan KTP?

Sebenarnya, selain cek KTP asli, ada beberapa cara yang bisa bantu Anda memeriksa apakah KTP Anda disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab atau tidak? Anda bisa mencoba beberapa cara ini:

1. Cek Regis Pinjol di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan)

Cara pertama yang harus rutin Anda lakukan adalah memeriksa status pinjol melalui website SLIK, yang telah PJK siapkan. Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya, lalu mengisi formulir antrian, hingga nanti melakukan upload foto scan KTP untuk diperiksa.

Melalui proses pengecekan tersebut, Anda bisa memperoleh informasi tertentu melalui beberapa tahapan. Biasanya, butuh waktu kurang lebih 3 hari untuk memproses sebuah laporan permintaan informasi tersebut. Anda bisa langsung coba dan ikuti proses yang OJK minta!

2. Cek Penggunaan NIK

Selain cek KTP asli secara online maupun offline, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada penggunaan NIK. Anda bisa melakukan pemeriksaan melalui berbagai format SMS (sesuai dengan kartu SIM seluler yang Anda gunakan), atau langsung memeriksa di kelurahan.

Selain itu, Anda juga perlu senantiasa menjaga kerahasian data pribadi, terutama KTP dan KK. Jangan asal memberikan informasi pada pihak tak berkualifikasi, bahkan kepada sanak saudara sekalipun!

Kini, Anda Tahu Cara Cek KTP Asli!

Sekarang Anda tahu bahwa KTP menjadi dokumen yang menunjukkan identitas resmi bagi warga Indonesia. Memahami cara pengecekan KTP asli atau palsu, serta menjaga kerahasiaan data, menjadi tanggung jawab pribadi. Karena kasus penyalahgunaan identitas, bisa berbahaya bagi pihak terkait!

Untungnya, kini Anda tak perlu risau lagi, karena kemajuan teknologi memperkenalkan berbagai fitur verifikasi biometrik untuk mencegah pemalsuan identitas. Anda bisa mengintegrasikan sistem dengan verifikasi identitas biometrik canggih dari Verihubs yang sudah didukung teknologi AI! 

Melalui penambahan verifikasi identitas, bisnis yang Anda jalankan bisa terhindar dari kasus penipuan atau penyalahgunaan identitas. Apalagi teknologi dari Verihubs dapat dikombinasikan dengan face recognition dan liveness detection, yang membuat keamanan dan keandalan lebih terjamin!

Jadi tunggu apalagi, mari berintegrasi dengan Verihubs, dan buat bisnis Anda lebih aman dari kasus penyalahgunaan identitas!

Artikel Terbaru Kami

jenis jenis pelanggan dalam bisnis

12 Jenis Pelanggan Dalam Bisnis & Cara Tepat Menghadapinya

apa itu customer retention

Apa Itu Customer Retention Dalam Bisnis? Ini Strateginya!

perbedaan spamming snooping spoofing phising

Apa Perbedaan Spamming, Snooping, Phishing, dan Spoofing?