Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

4 Manfaat Cek Legalitas Perusahaan Calon Mitra

cek legalitas perusahaan

Setiap badan usaha yang melakukan usahanya di Indonesia, secara ideal memiliki legalitas yang jelas. Kepemilikan legalitas ini menjadi hal yang wajib, sebab secara praktis banyak proses yang akan terkait dengan keabsahan aktivitas sebuah usaha. Untuk Anda yang merupakan pebisnis yang taat pada aturan, banyak cara bisa dilakukan untuk cek legalitas perusahaan lain, yang kebetulan berurusan dengan Anda.

Tapi sebenarnya apa pentingnya melakukan pengecekan legalitas ini dalam kegiatan bisnis?

Jika dicermati akan cukup banyak manfaat dari pengecekan legalitas sebuah perusahaan, terlebih untuk perusahaan yang tengah menjalin kemitraan dengan Anda. Tentu Anda ingin mitra yang menguntungkan dan memiliki legalitas jelas bukan?

Baca Juga: Apa Tujuan Pemeriksaan Track Record bagi Perusahaan? Ini Ulasannya

4 Manfaat Melakukan Pengecekan Legalitas Bisnis

cek legalitas perusahaan
Sumber: freepik.com

Ada beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapatkan ketika Anda melakukan pengecekan legalitas perusahaan yang berurusan dengan Anda. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Memastikan Kredibilitas Perusahaan

Dunia industri adalah dunia yang keras dan kejam. Tidak sedikit risiko penipuan atau fraud dalam kemitraan, sehingga hal-hal terkait legalitas sebuah bisnis harus senantiasa dipastikan. Bisnis yang memiliki legalitas lengkap, mengindikasikan bisnis tersebut cukup kredibel.

Pengecekan legalitas perusahaan akan membantu Anda memastikan kredibilitas dari badan usaha yang bersinggungan dengan bisnis Anda. Kelengkapan berkas, kesesuaian berkas dengan aturan terkini, dan ketertibannya dalam kepemilikan berkas tersebut dapat menjadi tanda bahwa badan usaha tersebut memiliki kredibilitas baik, setidaknya dari sisi hukum dan aturan legal di negara ini.

2. Kerjasama Semakin Mudah Dilakukan

Salah satu syarat melakukan kerjasama adalah kelengkapan berkas dan dokumen pada masing-masing perusahaan yang terlibat di dalamnya. Nantinya, setiap badan usaha akan melakukan pengecekan legalitas, sebagai sebuah prosedur tetap yang dijalankan.

Selain menjadi prosedur tetap untuk masing-masing perusahaan dalam rangka menjaga profesionalitas, pengecekan berkas legal juga dapat memudahkan penyusunan kerjasama kedua perusahaan.

Berkas-berkas ini akan diperlukan sebagai kelengkapan dokumen kerjasama, agar kemitraan yang dijalin dapat menjadi legal sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, kerjasama yang didasari dengan dokumen legal yang valid akan menjadi lebih kuat dan profesional.

3. Struktur Organisasi Perusahaan

Menyimak dokumen legal dari perusahaan juga berarti mendapatkan informasi terkait struktur organisasi yang dimiliki perusahaan. Terkait siapa yang bertanggungjawab atas perusahaan ini, siapa yang memiliki wewenang, dan siapa yang terlibat dalam pengelolaan perusahaan tersebut.

Meski terdengar hanya sebagai langkah normatif saja, namun informasi mengenai struktur organisasi perusahaan sangat penting. Dengan data ini Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai track record karir setiap orang yang ada di dalamnya, guna melihat sejauh mana kira-kira performa dan kapasitas perusahaan tersebut jika kemudian menjadi mitra bisnis Anda.

4. Pemeriksaan Ketertiban Pajak

Terakhir adalah terkait dengan kewajiban pengusaha sebagai wajib pajak di Indonesia. Dokumen legal seperti laporan pajak juga dapat menjadi data penting untuk melihat sejauh mana kesehatan dari pengelolaan keuangan yang dimiliki.

Pada dasarnya pajak merupakan kewajiban seorang pengusaha terkait bisnis yang dikelolanya. Jika pembayaran dan penghitungan pajak dilakukan sesuai aturan, maka akan menjadi indikasi baik untuk kredibilitas dan ketaatan perusahaan pada aturan yang berlaku.

Setidaknya, hal ini juga akan menjadi tanda bahwa perusahaan tersebut memiliki konsistensi pada aturan dan kesepakatan yang telah disetujuinya.

Lalu Bagaimana Cara Melakukan Pengecekan Dokumen Legal Ini?

cek legalitas perusahaan
Sumber: freepik.com

Untuk Anda yang merupakan pelaku bisnis yang sudah berpengalaman, tentu paham benar bahwa dokumen legal ini dapat diakses pada lembaga dan situs resmi milik pemerintah, yang secara langsung terlibat sebagai pengelola industri dan pembuat regulasi.

Namun tahukah Anda berkas legal ini juga dapat dicek dengan bantuan produk verifikasi yang sudah memiliki akses sah pada database milik lembaga-lembaga tersebut?

Cara yang dapat Anda gunakan antara lain adalah:

  1. Laman resmi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, perusahan yang secara resmi terdaftar dalam Dirjen Administrasi Hukum Umum artinya sudah memiliki izin usaha dari pemerintah dan telah melakukan pendaftaran perusahaan secara legal.
  2. Menggunakan Kontak OJK, Anda bisa dengan mudah menghubungi Kontak OJK pada call center 157, atau pada nomor layanan WhatsApp yang disediakannya pada 081 157 157 157. Kanal lain yang dapat digunakan adalah email resmi pada konsumen@ojk.go.id.
  3. Melalui nswi.bkpm.go.id, laman ini dapat digunakan untuk melacak perusahaan dengan memasukkan NIB perusahaan yang akan dicek.
  4. Menggunakan produk Business Verification dari Verihubs, dengan produk ini Anda bisa dengan mudah memeriksa semua data legal milik perusahaan dengan informasi umum yang diberikan ketika akan melakukan kerjasama.

Baca Juga: 3 Metode Meningkatkan Keamanan Digital di Era Kekinian 

Ketiga cara yang pertama disebutkan mungkin menjadi cara paling awam yang bisa Anda gunakan. Namun jika ingin proses cek legalitas perusahaan lebih efektif, Anda dapat menggunakan produk dari Verihubs tersebut.

Business Verification dari Verihubs

Dengan fitur Company Check yang tersedia di dalamnya, Anda dapat cek legalitas perusahaan dengan mudah, cepat, dan akurat. Prosesnya sangat praktis karena telah disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Validitasnya juga terjamin sebab Verihubs secara legal memiliki akses pada berbagai database yang diperlukan dalam rangka pengecekan berkas legal perusahaan ini. Maka segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan pastikan semua informasi mengenai perusahaan calon mitra Anda!