Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

3 Metode Meningkatkan Keamanan Digital di Era Kekinian

keamanan digital adalah

Aktivitas pada berbagai aplikasi dan platform digital merupakan hal yang wajar di era sekarang ini. Namun harus disadari pula, memperhatikan keamanan digital adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebab semakin lama seorang beraktivitas di dunia maya, maka semakin banyak pula data berharga yang diletakkannya di ranah tersebut.

Keamanan ini sendiri dapat dijaga dengan banyak cara. Cara yang paling sederhana tentu penggunaan PIN atau password saat akan mengakses akun yang dimiliki. Namun apakah hal ini saja sudah cukup? Akan lebih baik jika keamanan digital juga diperkuat dengan berbagai sistem verifikasi yang bisa disematkan dalam proteksi akun yang dimiliki.

Setidaknya pada era kekinian, keamanan digital dapat ditingkatkan dengan memberikan metode verifikasi pada akses yang akan dilakukan. Berikut beberapa metode verifikasi yang bisa Anda sematkan pada layanan, untuk meningkatkan proteksi akses milik pelanggan Anda.

Baca Juga: Memahami Apa Itu OCR dan Bagaimana Cara Kerjanya

1. Metode Phone Number Verification

keamanan digital adalah
Sumber: freepik.com

Penggunaan phone number verification sendiri menjadi format umum yang digunakan pada banyak layanan. Pada dasarnya, akses yang ingin dilakukan harus dilengkapi dengan verifikasi yang dikirimkan pada nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya.

Verifikasi yang dimaksud diterapkan dengan penggunaan kode OTP. OTP yang dikirimkan nantinya juga dapat disesuaikan, baik langsung menggunakan layanan pesan singkat atau masuk ke akun WhatsApp milik pengguna.

Keduanya bertujuan sama, yakni mengirimkan kode OTP secara langsung pada pemilik akun, sebagai konformasi bahwa akses yang diminta benar-benar berasal dari pemilik yang sah. Tanpa memasukkan kode OTP ini, akun tidak akan bisa diakses sehingga data yang ada di dalamnya bisa dilindungi.

Masing-masing dari kedua metode pengiriman OTP ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya saja penggunaan layanan pesan singkat dinilai lebih mudah karena tidak selalu harus terhubung dengan jaringan internet. Sementara penggunaan akun WhatsApp dinilai lebih fleksibel karena yang dibutuhkan hanya akun aktif dari nomor yang telah didaftarkan, tanpa harus nomor tersebut aktif.

Kelebihan ini datang dengan konsekuensinya masing-masing. Namun tujuan utama dari pengiriman OTP ini yang pasti untuk melakukan verifikasi permintaan akses yang muncul pada sistem, sehingga akses dapat diberikan hanya kepada pemilik akun yang memegang nomor seluler atau akun WhatsApp terkait.

2. Penggunaan Identity Verification

keamanan digital adalah
Sumber: freepik.com

Metode kedua yang dapat digunakan adalah identity verification, yang memanfaatkan KTP atau kartu identitas lain sebagai acuan utama proses verifikasi yang dilakukan. Cara ini memberikan jaminan keamanan digital lebih baik, sebab kartu identitas idealnya hanya dipegang oleh pemilik akun saja.

Isu keamanan digital adalah isu yang sensitif belakangan ini, sebab menyangkut banyak informasi bernilai milik pengguna yang dipercayakan pada penyedia layanan. Maka dari itu, verifikasi menggunakan kartu identitas menjadi jalan yang dinilai efektif untuk hal tersebut.

Setidaknya pada metode ini juga disediakan dua cara yang populer, pertama penerapan OCR untuk kartu identitas, dan kedua dengan pemeriksaan kartu identitas.

Cara pertama digunakan untuk melakukan ekstraksi data pengguna layanan saat pembuatan akun, sehingga pengguna tidak perlu repot memasukkan data dirinya secara manual. Cara kedua diterapkan untuk membandingkan data pengguna dengan data yang tersedia di database, sehingga dapat ditemukan kecocokan.

Ketika hasil perbandingan mengkonfirmasi kecocokan data, maka transaksi atau akses bisa diberikan. Namun jika ditemui ketidakcocokan, pelanggan akan diminta melakukan input ulang data yang dibutuhkan, sehingga dapat diperiksa kembali kecocokan data masukan dengan data yang tersedia pada database.

3. Peningkatan Keamanan Digital dengan  Biometric Verification

keamanan digital adalah
Sumber: freepik.com

Yang terbaru dari upaya peningkatan keamanan digital adalah penggunaan metode biometric verification. Pada dasarnya, penggunaan metode ini akan mengacu pada profil dan fitur wajah dari pengguna layanan, sebagai data yang digunakan untuk proses verifikasi.

Idealnya, penggunaan metode ini benar-benar dapat meningkatkan keamanan digital hingga titik yang sangat tinggi. Sebab tidak ada dua orang yang memiliki profil wajah atau bentuk yang sama 100%. tentu pengecualian mungkin akan muncul pada orang-orang kembar. Namun hal ini hanya sedikit dari jumlah besar pengguna yang memiliki akun digital.

Cara yang paling umum digunakan adalah face recognition dan liveness detection. Cara pertama, face recognition, memungkinkan sistem untuk memindai wajah dari pengguna yang diposisikan di depan perangkat pemindai, untuk mengekstrak data profil wajahnya. Data ini kemudian diproses untuk dibandingkan dengan data biometrik yang sebelumnya sudah disimpan.

Cara kedua, liveness detection, menggunakan gerakan dari wajah. Tidak hanya pemindaian pada wajah dalam bentuk foto atau gambar saja, namun cara ini juga meminta pengguna melakukan gerakan sederhana di area wajah, seperti tersenyum, bergeleng, mengangguk, dan lain sebagainya.

Data-data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan data yang tersimpan di database, untuk melihat kecocokan keduanya. Jika data yang dimasukkan cocok, maka akses bisa diberikan atau transaksi bisa dilanjutkan.

Baca Juga: Berkenalan dengan Kode Verifikasi SMS untuk Proteksi Akses User 

Mengingat keamanan digital adalah hal yang penting di era serba modern seperti sekarang ini, maka bukan hal yang berlebihan jika fitur-fitur dan metode di atas diterapkan pula pada layanan yang Anda sediakan. Untuk mendapatkan produk verifikasi yang berkualitas, Verihubs akan selalu menjadi jawaban terbaik untuk Anda.

Verihubs, dengan Produk Verifikasi Terlengkap untuk Semua Model Bisnis

Fitur-fitur yang disebutkan di atas tadi, semua tersedia pada produk milik Verihubs. Menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang verifikasi data sejak beberapa tahun lalu, Verihubs paham benar bahwa keamanan digital adalah hal penting yang tidak boleh dikesampingkan. Proteksi yang diberikan benar-benar terjamin, dengan akses legal pada database milik lembaga pemerintah. Dipadukan dengan sistem yang solid dan modern, semua proses verifikasi dapat berjalan dengan cepat, akurat, dan aman. Segera hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang juga, dan dapatkan semua informasi mengenai produk yang ditawarkan!