Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Ketahui Cara Kerja dan 7 Manfaat Penggunaan Chatbot untuk Bisnis

chatbot adalah

Teknologi memegang peranan penting terhadap keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan bisnisnya. Belum lama ini bahkan telah muncul teknologi bernama chatbot yang bisa memberikan kemudahan untuk berbagai industri. Chatbot adalah layanan yang bisa digunakan secara otomatis untuk berbicara dengan pelanggan, mengajukan dan menjawab pertanyaan, mengumpulkan jawaban, memberikan dan mengumpulkan informasi, mengarahkan calon pelanggan, dan lain sebagainya.

Contoh chatbot bisa ditemukan pada fitur customer service yang secara otomatis membalas pesan pelanggan secara cepat dan akurat. Selain hemat biaya, teknologi yang satu ini turut ambil andil dalam kepuasan pelanggan. Saat ini contoh chatbot memiliki beberapa jenis seperti Web Chatbots, Facebook Messenger Chatbot, Twitter Chatbot, dan masih banyak lagi lainnya termasuk Whatsapp hingga Google.

Sebetulnya, chatbot bukanlah hal yang baru, di mana berdasarkan sejarah chatbot, teknologi ini sudah ada sejak tahun 1960-an silam. Hanya saja untuk penerapannya dalam dunia bisnis baru beberapa tahun belakangan ini.

Apa itu Chatbot?

Perlu diketahui, bahwa chatbot adalah teknologi yang dijalankan oleh AI (Artificial Intelligence) yang bisa menggambarkan percakapan manusia dengan robot virtual sebagai penggeraknya. Kemampuan ini juga dikenal dengan istilah asisten digital yang berfungsi untuk memproses hingga memberikan jawaban yang relevan bagi user

Manfaat chatbot tentu saja memberikan kemudahan bagi manusia, khususnya sebagai fitur tambahan dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Sebetulnya, arti chatbot adalah diambil dari singkatan roboto internet, di mana robot tersebut mampu meniru percakapan manusia pada umumnya, untuk kemudian diaplikasikan pada website dan aplikasi seperti Twitter, Whatsapp, dan Facebook. 

Bagaimana Cara Kerja Chatbot?

Setidaknya ada dua jenis tipe chatbot yang perlu diketahui, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. Mari simak satu per satu!

1. Jenis Chatbot yang Berorientasi pada Tugas

Jenis chatbot yang satu ini adalah sebuah program dengan tujuan tunggal yang fokus menjalankan satu fungsi saja, yang dapat menghasilkan respons otomatis seperti percakapan untuk menjawab pertanyaan user. Interaksi chatbot ini sangat spesifik dan terstruktur, sehingga sangat cocok digunakan untuk memberikan layanan bagi user.

Obrolan pada chatbot berorientasi pada tugas untuk menangani pertanyaan umum, seperti waktu jam buka toko atau transaksi sederhana pada suatu bisnis online. Meskipun hanya memiliki kemampuan yang cukup dasar, nyatanya jenis chatbot ini paling umum digunakan untuk suatu bisnis.

2. Jenis Chatbot yang Bekerja dengan Dasar Data dan Prediktif

Kemudian jenis chatbot yang kedua sering disebut sebagai asisten virtual atau asisten digital, karena chatbot ini jauh lebih canggih. Selain itu, jenis chatbot yang satu ini juga lebih interaktif dan dapat dipersonalisasi dengan lebih baik daripada jenis chatbot yang berorientasi pada tugas.

Pada chatbot jenis ini, sudah diterapkan kecerdasan prediktif dan analitik yang memungkinkan personalisasi berdasarkan profil dan perilaku user. Jadi, chatbot jenis ini dapat mempelajari preferensi pengguna dari waktu ke waktu, memberikan rekomendasi, hingga mengantisipasi kebutuhan dari user.

Baca juga: Penggunaan WhatsApp OTP 101: Cara Kerja dan 5 Keunggulannya

Manfaat Menggunakan Chatbot untuk Bisnis

chatbot adalah
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui definisi hingga cara kerjanya, sekarang mari cari tahu apa saja manfaat dan keuntungan penggunaan chatbot bagi sebuah bisnis.

  1. Chatbot akan memberikan informasi yang relevan dengan pertanyaan dari user, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanggapan dari pihak pebisnis. Manfaat yang satu ini tentunya juga memungkinkan bisnis lebih produktif karena tidak akan kewalahan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari user.
  2. Chatbot juga mampu memberikan kepuasan yang lebih baik untuk pelanggan, karena chatbot tersedia selama 24 non stop sehingga bisa menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun.
  3. Bisnis yang menggunakan chatbot tentunya tidak perlu mengeluarkan dana yang lebih besar untuk menggaji karyawan.
  4. Kesalahan ringan atau berat bisa diminimalisir saat menggunakan layanan dari chatbot. Sebab, setiap jawabannya akan selalu tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan sebelumnya.
  5. Chatbot akan bekerja secara sistematis. Teknologi berbasis AI tidak menutup kemungkinan menghadirkan komunikasi yang polanya mirip dengan manusia. Hal tersebut tidak lepas dari adanya deep learning dan machine learning, sehingga dapat menciptakan pola yang sistematis.
  6. Manfaat chatbot selanjutnya adalah kemungkinan untuk menghindari risiko menurunnya performa karena chatbot mengandalkan teknologi yang energinya tidak terbatas. Kondisi tersebut tentu saja akan memberikan solusi yang praktis bagi perusahaan, di mana sistem operasional berjalan dengan efektif dan maksimal tanpa batas waktu. 
  7. Keuntungan chatbot bagi pelaku bisnis adalah peluang untuk mengembangkan bisnis secara eksponensial, mengingat chatbot dan teknologi AI mampu memberikan pengalaman konsumen yang akurat, komprehensif, dan sesuai yang dibutuhkan. 

Baca juga: OTP SMS dan OTP WhatsApp, Apa Beda Keduanya?

Saatnya Menggunakan Chatbot untuk Bisnis Anda!

Sekarang sudah tahu apa itu chatbot, cara kerja, hingga berbagai manfaat penggunaannya. Mengingat penggunaan chatbot bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis Anda, jadi tidak ada alasan untuk mengabaikan teknologi yang satu ini.

Jika Anda ingin menerapkan teknologi canggih ini, Verihubs bisa membantu Anda. Verihubs hadir menawarkan fitur yang bernama Veriflow yang akan membantu Anda untuk meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih menyenangkan, dengan otomatisasi jawaban FAQ dari pelanggan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk memberikan informasi yang tepat.

Melalui chatbot yang terintegrasi dengan Whatsapp, tentu saja ini akan mempermudah bisnis Anda dalam memberikan pelayanan 24 jam nonstop, dan membantu merespon pelanggan menjadi lebih cepat.

Verihubs siap membantu bisnis Anda untuk mendapatkan sistem yang lebih cepat dan optimal. Dapatkan kesempatan demo secara gratis untuk menemukan solusi yang terbaik. Hubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga!