Proses dan Manfaat Company Check untuk Perusahaan Anda

company check

Aktivitas perusahaan tidak akan dapat berjalan optimal tanpa adanya campur tangan pihak lain. Perusahaan pada dasarnya harus melakukan kerjasama dalam rangka menjalankan bisnis, sehingga memperoleh keuntungan dan mendapatkan apa yang diperlukannya. Proses company check kemudian menjadi penting dalam rangka penyusunan kerjasama ini.

Mengapa demikian?

Sebab tujuan utama dari kerjasama sendiri adalah saling memenuhi kebutuhan, dan memperoleh keuntungan untuk masing-masing pihak. Kerjasama yang berpotensi fraud atau merugikan harus dihindari, dan company check bisa menjadi prosedur tepat untuk membantu Anda memperoleh informasi mengenai perusahaan calon mitra.

Proses Pengecekan Perusahaan Calon Mitra

company check
Sumber: freepik.com

Satu hal yang wajib dipastikan sebelum proses kerjasama berlangsung adalah bahwa calon mitra ini memiliki legalitas yang jelas, struktur perusahaan dan orang-orang dengan latar belakang jelas dan valid, serta tidak memiliki catatan buruk terkait urusan hukum perdata atau pidana.

‘mengenali’ calon rekan bisnis merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh perusahaan agar dapat menekan risiko terjadinya hal-hal yang merugikan. Setidaknya dengan langkah ini, perusahaan Anda dapat memastikan bahwa calon mitra memiliki track record yang cukup ideal.

Pemeriksaan pada beberapa berkas yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut:

  • NPWP Perusahaan atau Badan Usaha
  • Nama Perusahaan
  • SK Perusahaan
  • SK Amandemen
  • Identitas dan Daftar Pemegang Saham
  • Pendapatan Perusahaan yang Tercatat secara legal
  • Orang-orang atau tim yang bertanggungjawab atas perusahaan

Semua variabel ini wajib dicek dengan seksama mengacu pada database milik pemerintah atau lembaga terkait dengan industri dan bisnis. Perusahaan yang ideal tentu menaati aturan bisnis yang ditetapkan pemerintah, sehingga rekam jejaknya dapat diketahui dengan jelas.

Secara berurutan yang dapat Anda lakukan adalah pemeriksaan SK Perusahaan karena hal ini terkait legalitasnya, kemudian verifikasi pemegang saham perusahaan, verifikasi pendapatan perusahaan yang tercatat paling baru, dan terakhir verifikasi orang yang menjabat di perusahaan tersebut.

Ketika semua data sudah terverifikasi dengan baik, maka Anda dapat memberikan penilaian apakah perusahaan tersebut cukup memenuhi persyaratan yang Anda miliki atau tidak.

Baca Juga: Penting! Ketahui 6 Cara Meminimalkan Risiko-Risiko Bisnis

Manfaat Melakukan Pengecekan Latar Belakang Perusahaan

company check
Sumber: freepik.com

Jika berbicara mengenai manfaat pengecekan latar belakang perusahaan dengan aktivitas company check sendiri, sifatnya akan internal dan eksternal. Internal, karena verifikasi berbagai informasi di poin sebelumnya penting untuk mengurangi risiko fraud yang diterima perusahaan, dan eksternal, karena sehubungan dengan kerjasama yang akan dilakukan dan citra dari perusahaan Anda di ekosistem industri.

Secara lebih mendetail, berikut penjelasannya.

Manfaat Internal dari Company Check

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan perusahaan ketika melakukan company check dari calon mitra antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mengetahui seluk-beluk dan detail informasi dari perusahaan lain
  • Mengetahui track record dari perusahaan calon mitra
  • Mengetahui identitas dari pemegang saham dan pemegang jabatan
  • Melihat catatan penting terkait pihak yang ada di dalam perusahaan tersebut
  • Melakukan validasi pada seluruh informasi yang dicantumkan oleh perusahaan calon mitra
  • Meningkatkan proteksi pada kemungkinan terjadinya fraud
  • Memastikan calon perusahaan merupakan badan usaha legal dan tidak sedang berperkara hukum

Mungkin terlihat sederhana, namun beberapa manfaat internal ini dapat membantu perusahaan untuk memastikan langkah berikutnya yang diambil lebih aman. Ketika semua data berhasil terverifikasi, maka perusahaan Anda cenderung dapat menjalin kerjasama yang aman dan produktif.

Manfaat Eksternal dari Company Check

Selain membawa manfaat internal, company check juga dapat membawa manfaat eksternal, khususnya dengan pihak yang akan menjadi mitra perusahaan.

  • Saling mengetahui validitas perusahaan masing-masing demi kelancaran dan kenyamanan kemitraan
  • Menunjukkan keterbukaan perusahaan pada pengecekan yang dilakukan oleh pihak lain
  • Menunjukkan validitas data milik perusahaan Anda pada pihak lain
  • Menjadi bentuk dedikasi pada kerjasama yang akan dijalin, dengan bersikap terbuka
  • Membangun citra perusahaan yang kredibel, transparan, dan solid
  • Membangun trust pada calon mitra bisnis

Ketika Anda melakukan proses ini, Anda juga secara langsung dapat mengisyaratkan bahwa Anda terbuka pada pengecekan yang dilakukan pihak lain. Jelas, data dan berkas legal sudah menjadi hal wajib yang dimiliki, sebab aturan dari pemerintah menyebutkan hal-hal ini secara detail untuk pelaku dan badan usaha di Indonesia.

Lalu Adakah yang Bisa Membantu Proses Ini?

company check
Sumber: freepik.com

Proses pengecekan latar belakang ini sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah, ketika Anda menggunakan produk dari Verihubs. Verihubs menyediakan produk Company Check dalam Business Verification-nya, untuk mengurus bidang ini.

Baca Juga: Simak 6 Tips dalam Memilih Partner Bisnis yang Tepat untuk Usaha Anda! 

Terintegrasi Langsung dengan Database Pemerintahan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh produk Company Check dari Verihubs adalah bahwa sistem kami terhubung dengan database milik pihak pemerintahan secara legal. Dengan demikian, proses pengecekan latar belakang dapat dilakukan dengan cepat dan valid, sebab sumbernya benar-benar terpercaya.

Proses kerjanya cukup mudah dipahami, pertama akan dilakukan verifikasi SK milik perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi data pemegang saham perusahaan, verifikasi pendapatan perusahaan, serta terakhir verifikasi jabatan perusahaan. Dengan data-data basic yang Anda miliki dalam proses kerjasama ini, setiap data tersebut dapat dipastikan kebenarannya dan digunakan untuk company check yang lebih komprehensif. Maka dari itu, segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap terkait setiap detail produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya