6 Cara Tingkatkan Customer Loyalty yang Wajib Dipraktikkan

customer loyalty

Customer loyalty menjadi indikator yang penting dalam sebuah bisnis, karena ini merupakan nilai bermakna tentang bagaimana pelanggan Anda menikmati produk atau layanan yang ditawarkan. Semakin baik sebuah customer loyalty, maka pelanggan akan semakin setia pula pada suatu produk atau brand. Secara tidak langsung juga sangat berdampak pada kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Apabila pelanggan sudah nyaman, maka mereka akan terus membeli dan melakukan transaksi secara berkala, bahkan tidak ragu untuk merekomendasikan suatu produk atau brand ke orang lain dengan sukarela.

Bisa dibayangkan bukan, jika sebuah brand sudah memiliki banyak pelanggan loyal, tentunya dalam kondisi apapun bisnis akan tetap bertahan dan mampu berkembang dengan pesat.

Tujuan Adanya Customer Loyalty bagi Bisnis

customer loyalty
Sumber: Freepik

Jika pelanggan memiliki hubungan yang erat dengan sebuah produk atau brand, maka manajemen bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan.

Contohnya, bisa dilihat pada perusahaan teknologi raksasa Apple, di mana setiap kali rilis produk baru, jutaan orang di seluruh dunia rela antri untuk membeli. Walaupun harganya tergolong tinggi, namun mereka rela untuk mengeluarkan uang demi sebuah kepuasan. Hal ini mencerminkan bahwa Apple telah berhasil memberikan apa yang pelanggan inginkan, menjaga kualitas, mengedepankan layanan pelanggan, hingga para pelanggan jatuh cinta terhadap produk yang mereka miliki.

Hal ini juga membuktikan bahwa semakin tinggi loyalitas pelanggan, maka akan semakin mudah sebuah bisnis untuk berkembang. Jika sudah memiliki pelanggan loyal, tentu saja bisnis akan semakin resisten terhadap tekanan kompetitor.

Lebih dari itu, biaya marketing juga bisa ditekan dengan terus memanfaatkan pelanggan loyal untuk mengajak pelanggan baru secara berkala. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadikan customer loyalty sebagai prioritas dalam pengembangan bisnis.

Baca juga: 3 Tipe Customer Verification, Mana yang Cocok untuk Anda?

Cara Efektif untuk Meningkatkan Customer Loyalty

customer loyalty
Sumber: Freepik

Bagi Anda yang ingin fokus untuk meningkatkan customer loyalty, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Kembangkan Loyalty Program

Cara untuk meningkatkan customer loyalty adalah dengan mengadakan loyalty program, yang merupakan program untuk menjaga pelanggan yang sudah loyal dan membangun basis pelanggan loyal baru. Program ini fokus pada kepuasan pelanggan sehingga mereka semakin cinta dengan produk atau brand yang Anda miliki.

2. Konsisten dalam Mempertahankan Sesuatu yang Sudah Baik

Fokus untuk membangun loyalitas itu penting, namun lebih penting lagi untuk menjaga sesuatu yang sudah baik.  Mempertahankan lebih sulit daripada menciptakan, jadi selain fokus dengan loyalty program, Anda pun dituntut untuk menjaga konsistensi sesuatu hal yang baik dan sudah terbenam di dalam benak konsumen.

3. Teruslah Berinovasi untuk Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Pelanggan yang loyal bukan berarti mereka resisten terhadap rasa bosan. Selain itu, ada juga tekanan lain dari kompetitor. Jika kompetitor mampu memberikan sesuatu yang lebih dari produk atau layanan Anda, maka jangan heran jika pelanggan Anda lantas berkhianat. Jadi, jika suatu bisnis atau produk sudah memiliki fanbase pelanggan yang kuat, bukan jangan pernah berhenti berinovasi. Inovasi sangat penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan.

4. Ketahui Apa Alasan Pelanggan Mencintai Produk Anda

Biasanya, pelanggan setia disebabkan karena merasa masalah yang mereka miliki dapat teratasi oleh produk atau layanan yang Anda berikan. Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh Anda harus mencari terlebih dahulu alasan kenapa pelanggan mencintai produk Anda. Caranya bisa dengan melakukan survei atau menganalisa perilaku pelanggan di media sosial.

5. Dengarkan Kebutuhan Pelanggan

Wajib dipahami, bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang berorientasi pada pelanggan. Supaya produk dan layanan mudah diterima oleh pasar, maka manajemen harus mendengarkan kebutuhan pelanggan. Mulai dari siapa mereka, apa kebutuhan mereka, masalah apa saja yang sering mereka hadapi, hingga bagaimana cara paling efektif untuk menyelesaikannya. Lalu, kumpulkan semua data feedback dengan memanfaat semua channel seperti email, media sosial, analitik website, transkrip chat customer service, dan lain sebagainya.

6. Meningkatkan Respons dengan Chatbot

Dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda pun perlu memberikan respon yang cepat saat pelanggan berusaha untuk menghubungi bisnis Anda. Tingkat respons Anda akan sangat tinggi jika Anda mengandalkan chatbot. Pelanggan Anda tentu akan lebih menyukai kepuasan instan, di mana kecintaan ini akhirnya akan menyebar ke produk atau brand Anda.

Selain itu, chatbot juga dapat menghentikan pelanggan Anda dari keharusan meninggalkan halaman mereka untuk mencari halaman lain untuk menemukan jawaban. Jadi, sekarang saatnya untuk mempermudah pelanggan Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mereka akan menyukai Anda karenanya.

Baca juga: Ampuh, Ini 6 Cara Menghadapi Komplain Customer untuk Anda

Pilih Veriflow sebagai Sistem Chatbot untuk Bisnis Anda

Verihubs menawarkan fitur Veriflow, yang merupakan chatbot AI yang berspesialisasi tidak hanya dalam bisnis e-commerce dan social commerce, namun juga berfungsi untuk banyak jenis bisnis lainnya. Dengan Veriflow, Anda bisa mengatur flow chatbot untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan secara real-time. Pastikan Anda memberikan rasa nyaman dengan komunikasi yang lebih ramah pada seluruh pelanggan bisnis Anda. Segera hubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.