5 Poin dalam Memilih Partner Digital Customer Onboarding

digital customer onboarding

Kemudahan menjadi hal yang wajib diberikan dari perusahaan pada pelanggan, atas urusannya terkait dengan produk dan layanan. Salah satu hal yang bisa dioptimalkan adalah pada bagian onboarding pelanggan. Digital customer onboarding menjadi penting dalam hal ini, sehingga pelanggan bisa masuk dan mulai menggunakan layanan yang Anda sediakan.

Namun apa yang dimaksud dengan digital customer onboarding ini?

Konsep ini adalah sebuah sistem dimana pelanggan tidak lagi perlu untuk datang ke kantor guna melakukan pendaftaran dan proses onboarding saat akan menggunakan sebuah layanan. Semua dapat diselesaikan melalui pengisian formulir secara online, dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menggunakan layanan yang tersedia.

Baca Juga: Cara Kerja Facial Match dalam Sistem Verifikasi Online

Proses Verifikasi yang Solid

digital customer onboarding
Sumber: freepik.com

Layanan yang menyediakan proses onboarding seperti ini sebenarnya tidak terbatas pada industri fintech yang bersangkutan dengan keuangan saja, namun juga berbagai layanan yang menyangkut data pribadi dari user.

Karena banyak pertimbangan, maka proses verifikasi menjadi penting dalam hal ini. Verifikasi yang solid dapat membantu pelanggan memenuhi syarat yang diberikan perusahaan, dan perusahaan mengetahui benar bahwa pelanggan adalah user riil yang memiliki data jelas pada sistem yang sudah ada sebelumnya.

Guna memberikan verifikasi yang berkualitas, maka Anda wajib memilih metode verifikasi yang benar-benar akurat dan memiliki tingkat kesalahan rendah. Metode ini antara lain adalah face recognition dan liveness detection.

Face Recognition dan Liveness Detection

digital customer onboarding
Sumber: freepik.com

Dua metode ini menjadi metode yang memiliki tingkat akurasi tinggi, dan terbukti telah digunakan di banyak perusahaan yang menerapkan onboarding digital pada user-nya. Secara mendasar, metode ini akan mengandalkan profil dan ciri wajah dari seseorang untuk memastikan bahwa orang tersebut adalah manusia asli, bukan citra tiruan atau data yang dipalsukan.

Face recognition akan memindai profil wajah dan mengkonversinya ke dalam deret kode yang unik, sesuai dengan hasil pengukuran yang didapatkan. Hasl ini kemudian dapat dicek dengan apa yang ada di database, sehingga ketika ditemukan kecocokan maka user akan terverfikasi.

Di sisi lain liveness detection akan memindai wajah seseorang dan menentukan apakah wajah tersebut merupakan wajah asli atau wajah hasil pemalsuan. Metode ini akan memberikan perintah sederhana seperti tersenyum, menengok, buka mulut, berkedip, dan sejenisnya, untuk memastikan bahwa apa yang ada di hadapan perangkat pemindai adalah manusia yang hidup dan riil.

Ketika dua metode ini dipadukan, maka proses verifikasi dalam digital customer onboarding menjadi benar-benar solid dan memiliki akurasi yang sangat tinggi. Di waktu yang sama, proteksi pada sistem yang disediakan perusahan akan lebih baik.

Apa yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Provider-nya?

digital customer onboarding
Sumber: freepik.com

Untuk memilih provider atau penyedia jasa face recognition dan liveness detection, Anda wajib memiliki beberapa pertimbangan utama. Hal ini karena penyedia jasa ini akan turut menentukan bagaimana pengalaman user yang didapatkan, sehingga turut berperan dalam kepuasan yang dirasakan pengguna layanan Anda.

Beberapa poin penting yang wajib jadi pertimbangan adalah sebagai berikut.

1. Kemudahan Integrasi

Penting untuk memastikan layanan yang disediakan provider ini mudah diintegrasikan dengan sistem yang Anda miliki. Dengan memastikan hal ini, Anda dapat memudahkan pekerjaan saat akan menyematkan metode verifikasi yang dibutuhkan.

Integrasi yang dilakukan jelas harus berjalan sempurna, sebab jika tidak user experience yang muncul akan menjadi kurang baik dan sistem verifikasi justru menghambat kelancaran proses onboarding ini.

2. Fleksibilitas Penggunaan

Poin kedua adalah terkait fleksibilitas penggunaan layanan. Ketika sebuah layanan yang disediakan dapat fleksibel digunakan di berbagai perangkat dan berbagai jenis bisnis berbeda, Anda juga akan mendapat kemudahan dalam pengaplikasiannya.

Layanan seperti ini pasti memiliki sistem internal yang sudah sangat kuat sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai keperluan yang dimiliki oleh user-nya. Apapun bisnis dan industri yang Anda geluti, layanan yang handal dapat selalu menyediakan yang terbaik untuk Anda.

3. Akurasi Proses Verifikasi

Jelas akurasi proses verifikasi harus menjadi hal utama yang diperhatikan, sebab tanpa adanya akurasi atau rendahnya tingkat akurasi verifikasi maka proses ini tidak akan memiliki arti apapun. Disamping mudah diintegrasikan dan fleksibel, sistem juga wajib memberi jaminan pada akurasi prosesnya.

Selalu pilih layanan yang memberikan jaminan akurasi hingga mendekati 100%, agar proses yang dilakukan memberikan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Acuan Data yang Solid

Pada dasarnya verifikasi selalu menggunakan acuan data sebagai jangkar dari prosesnya. Yang harus dipastikan adalah bahwa sistem dan layanan juga memiliki acuan data yang benar-benar terjamin.

Acuan data ini dapat mengacu pada data-data yang dimiliki lembaga pemerintah yang terjamin, dan dapat diakses dengan legal. Tanpa kejelasan legalitas, maka data user jelas akan terancam keamanannya.

5. Kemudahan dan Kecepatan Proses

Terakhir adalah pastikan layanan yang Anda gunakan dapat memberikan kemudahan dan kecepatan proses verifikasi, jelas tanpa mengurangi akurasi proses yang berjalan. Dua hal ini penting untuk pengalaman user yang lebih baik.

User pasti ingin menggunakan layanan dalam waktu cepat dan ingin agar urusannya bisa lekas selesai. Tanpa proses yang mudah dan cepat, digital customer onboarding yang dilakukan tidak akan bisa memenuhi harapan ini. Hasilnya, kepuasan user dapat turun dan bisa saja user mengurungkan niatnya untuk meneruskan proses pendaftaran.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat dari Employee Onboarding bagi Perusahaan? 

Untuk dapat memastikan semua hal tersebut, Verihubs akan menjadi partner digital customer onboarding yang tepat. Verihubs memenuhi setiap poin di atas, dan menjamin dapat memberikan layanan terbaik untuk Anda. Dengan produk Face Recognition dan Liveness Detection yang dimilikinya, proses verifikasi akan berjalan lancar dan tanpa hambatan, sehingga user experience akan semakin baik. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan maksimalkan setiap fitur yang ditawarkannya!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya