Cara Kerja Facial Match dalam Sistem Verifikasi Online

facial match

Penasaran, bagaimana cara kerja facial match dalam sistem verifikasi online? Facial match adalah teknologi pengenalan wajah yang dibuat untuk mencegah penipuan identitas, dengan mencocokkan wajah user atau pelanggan bisnis Anda dengan dokumen identitas yang sudah Anda simpan sebelumnya.

Untuk menjelaskan sedikit lebih mendalam, perangkat lunak yang satu ini akan menganalisis gambar wajah user atau pelanggan secara real-time, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk melakukan verifikasi online yang kuat dan aman. Facial match akan melakukannya menggunakan gabungan kompleks dari pembelajaran mesin (ML), otomatisasi, dan pola verifikasi biometrik.

Hal ini memungkinkan alat untuk membuat berbagai keputusan cerdas untuk Anda, termasuk liveness detection untuk mencegah siapa saja yang melewati sistem menggunakan gambar statis. Dalam beberapa ketukan layar pada perangkat user, facial match akan memungkinkan masuk tanpa hambatan untuk pihak yang berwenang, sambil memblokir dan mengingatkan Anda secara instan terhadap risiko yang dirasakan atau ancaman keamanan.

Mengenal Fungsi Utama Facial Match

facial match
Sumber: Freepik

Terdapat beberapa fungsi utama dari sistem facial match yang perlu dipahami, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Verifikasi Identitas. Identifikasi individu dan terapkan aturan tertentu berdasarkan kategori mereka, seperti VIP, pengunjung terdaftar, daftar blokir, karyawan, atau siswa. Kemudian gunakan informasi untuk meningkatkan dan mengotomatiskan proses seperti kontrol akses, perlindungan keamanan, salam pelanggan atau pengunjung, dan jam waktu karyawan.
  • E-KYC dan Pencegahan Spoofing. Validasi identitas seseorang menggunakan pengambilan foto atau video langsung dengan ID yang dipindai dan diverifikasi), di mana ini disebut e-KYC.
  • Otorisasi. Identifikasi apakah seseorang dalam database pra-otorisasi untuk menarik uang tunai dari ATM, mengakses lemari medis yang berisi obat-obatan yang diamankan, atau membuka kunci mesin mahal yang membutuhkan operator terlatih.
  • Segmentasi dan Analitik Pelanggan. Untuk periklanan cerdas, analisis karakteristik seseorang yang berdiri di depan tanda digital, seperti jenis kelamin, usia, hingga emosi.
  • Tindakan Kesehatan. Konfirmasi bahwa seseorang mengenakan masker dengan benar, serta memverifikasi bahwa mereka tidak demam sebelum memberikan akses ke gedung atau restoran.

3 Cara Penggunaan Facial Match

Perhatikan baik-baik, di bawah ini adalah penjelasan mengenai cara penggunaan sistem facial match:

  1. Menyetel Ulang Kredensial. Hanya dengan menggunakan gambar wajah, maka setiap user Anda dapat dengan mudah mengatur ulang pengaturan akun mereka setelah diverifikasi, dengan facial match bertindak sebagai metode autentikasi dua faktor bawaan mereka.
  2. Pelanggan Berisiko Tinggi. Facial match juga dapat menjadi langkah tambahan saat pelanggan membuat permintaan unik, seperti menambahkan rekening bank baru, melakukan penarikan dalam jumlah besar, atau masuk dari wilayah yang tidak biasa. Fitur pemeriksaan keaktifan selama pengambilan gambar tentunya akan membantu mencegah pencurian identitas, meskipun calon penipu memiliki akses ke gambar yang ada dari user yang sah.
  3. Verifikasi Jarak Jauh Karyawan. Perangkat lunak pengenal wajah juga memungkinkan Anda memverifikasi ulang identitas karyawan sebelum mereka dapat mengakses data perusahaan yang berisiko tinggi atau sensitif. Selain mencegah penyusupan yang tidak diinginkan melalui pencurian identitas eksternal, hal ini juga menawarkan lapisan tambahan perlindungan digital untuk sistem dan dokumen internal, bahkan dalam kasus di mana user yang sah sudah masuk di bagian lain jaringan.

Baca juga: Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Face Recognition Ini

Bagaimana Cara Kerja Facial Match dalam Sistem Verifikasi Online?

facial match
Sumber: Freepik

Pada dasarnya teknologi facial match serupa dengan face recognition, bahkan hingga cara kerja yang dimiliki. Penjelasan terkait cara kerja dari teknologi ini dalam sistem verifikasi online bisa disimak dalam poin singkat berikut ini:

  1. Penyimpanan Data Wajah. Setiap user wajib memasukkan data primer yang akan berperan sebagai data utama yang disimpan dalam database.
  2. Deteksi Wajah. Setelah ada data yang menjadi acuan, maka proses facial match dapat dilakukan. User akan di ekstrak datanya ketika akan melakukan aksi tertentu, dan dideteksi menggunakan perangkat pemindai. Citra yang diperoleh pada proses pemindaian akan digunakan sebagai pembanding dengan citra yang telah dimiliki dalam database
  3. Analisis Struktur Wajah. Data yang diperoleh dari deteksi wajah akan dianalisis oleh sistem setelah data yang didapatkan diubah ke bentuk kode unik.
  4. Proses Pengubahan Menjadi Face Print. Citra yang telah berhasil direkam dan dianalisis akan diubah menjadi data unik yang disebut dengan face print. Face print terdiri dari data numerik yang akan menjadi acuan sistem dalam mengenali wajah user yang akan diperiksa kecocokannya.
  5. Identifikasi Face Print. Setelah gambar wajah diubah menjadi face print, sistem akan melakukan identifikasi pada data tersebut. 

Setelah semua proses dilakukan, maka facial match dapat dieksekusi dengan baik, dan sistem dapat mengenali wajah dari user yang ada di hadapannya. 

Baca juga: Intip Cara Kerja Absensi Face Recognition dan 5 Kelebihannya

Canggihnya Teknologi Biometric Verification Verihubs

Teknologi Biometric Verification Verihubs memungkinkan Anda bisa mengenali identitas wajah user dengan teknologi AI. Apa yang didapat pada Biometric Verification dari Verihubs ini?

  • Ada Face Recognition, yang bisa diandalkan untuk membandingkan dan mengenali wajah user melalui AI dengan akurasi yang sangat tinggi. Verifikasi kemiripan wajah user bisa diselesaikan dalam hitungan detik saja.
  • Untuk menghindari upaya penipuan identitas dengan mendeteksi wajah user secara langsung, maka bisa mengandalkan fitur Liveness Detection. Dengan fitur ini, Anda dapat mendeteksi objek di depan kamera secara akurat dan memastikan objek tersebut adalah identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto ataupun topeng.

Segera dapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan dari Verihubs! Sesuaikan solusi terbaik dari Verihubs dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!