Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Kenali Jenis-Jenis Dompet Digital yang Populer di Indonesia

dompet digital

Sejauh ini, berapa banyak jenis dompet digital yang sudah Anda ketahui? Dompet digital atau e-wallet adalah suatu layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai alternatif sistem pembayaran yang dibuat untuk memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi. 

Sebagai salah satu financial technology, e-wallet berguna untuk menyimpan uang secara digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi baik online maupun offline dengan menggunakan QR code. Dompet digital tidak hanya digunakan untuk melakukan transaksi secara online saja, melainkan juga bisa digunakan untuk transfer ke sesama bank, bahkan antar bank.

Nah, aplikasi e-wallet ini juga memiliki fungsi yang beragam, tidak hanya sebagai alat pembayaran saja, namun juga digunakan sebagai alat untuk memverifikasi terhadap suatu aktivitas jual beli. Lantas, apa saja jenis dompet digital yang populer di Indonesia? Untuk mengetahuinya, mari langsung simak rangkumannya berikut ini. 

Mengenal Jenis-Jenis Dompet Digital

dompet digital

Di bawah ini ada 10 dompet digital yang paling populer di Indonesia. Langsung saja simak daftar selengkapnya di bawah ini! 

1. OVO

Salah satu jenis e-wallet yang populer di Indonesia adalah OVO, yang diklaim telah menguasai lebih dari 70 persen transaksi dan pusat perbelanjaan di Indonesia. Pada mulanya, OVO ini dimiliki oleh Lippo Group, namun kini telah bekerja sama dengan Grab. Dompet digital ini juga memiliki beraneka fitur menarik mulai dari pembelanjaan online, transportasi, pesan antar, transfer antar bank, dan lain sebagainya.

2. GoPay

GoPay yang merupakan salah satu layanan yang berada di bawah naungan GoJek, juga menjadi salah satu e-wallet yang sangat populer di Indonesia. Dompet digital yang satu ini sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia, sehingga setiap pengguna tidak perlu lagi mengkhawatirkan atau meragukan keamanannya.

GoPay ini bisa digunakan untuk membayar transaksi transportasi, memesan makanan, membayar tagihan, mengisi pulsa, investasi, hingga membayar jasa pengiriman, dan bahkan ada penawaran promo, diskon, hingga cashback untuk pengguna yang sering menggunakannya.

3. Dana

Dana juga menjadi e-wallet lain yang bisa diandalkan. Dompet digital buatan anak Indonesia ini sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital, bahkan Dana telah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga masa approval menjadi lebih cepat dari dompet digital lainnya.

Menariknya lagi, Dana juga sudah terhubung dengan ATM Bersama dan juga BPJS yang bisa digunakan untuk transaksi dengan scan QR code, transfer uang, dan lain sebagainya dengan sangat mudah.

4. ShopeePay

Shopee juga telah meluncurkan dompet digital, yaitu ShopeePay. Pertumbuhan dompet digital yang satu ini cukup pesat dibandingkan dengan dompet digital lainnya, karena ShopeePay langsung terhubung dengan Shopee selaku marketplace. Menariknya lagi, ShopeePay tidak hanya bisa digunakan untuk membayar tagihan atau belanja di Shopee saja, tapi juga bisa digunakan untuk pembayaran Shopee Food dan lain sebagainya. 

5. LinkAja

LinkAja termasuk produk bank digital hasil sinergi dari beberapa perusahaan besar di Indonesia, yaitu Himpunan Bank Milik Negara, Pertamina, dan Telkomsel. Karena banyaknya sinergi pada produk ini, maka tentunya menunjang fitur yang dihadirkan untuk kemudahan transaksi digital penggunanya.

6. Jenius

Bisa dikatakan, Jenius menjadi bagian dari Bank BTPN yang telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan. Dompet digital yang satu ini juga memiliki sertifikat keamanan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan sehingga semakin terpercaya keamanannya. Setiap pengguna bisa memanfaatkan Jenius untuk membuat akun PayPal dan membayar aneka transaksi memakai QRIS, dan aneka fitur menarik lainnya.

7. DOKU

DOKU merupakan sebuah aplikasi pembayaran elektronik milik PT Nusa Satu Inti Artha yang cukup dikenal banyak orang di Indonesia. Sama seperti dompet digital pada umumnya, DOKU memiliki layanan pembayaran untuk berbagai keperluan. Yang lebih menariknya, DOKU mengamankan data dan privasi para penggunanya dengan menerapkan sistem keamanan ganda yang tentunya canggih.

Baca juga: Verifikasi Data adalah Hal Krusial dalam Pengamanan Akses di Era Kekinian, Ini Ulasannya

8. Sakuku

Bank BCA juga tidak mau ketinggalan untuk mengeluarkan produk dompet digital, yaitu Sakuku yang memudahkan transaksi digital dan juga transaksi lainnya. Sakuku sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Bedanya, jumlah saldo yang bisa disimpan di dalam aplikasi Sakuku, hanya bisa mencapai saldo maksimal Rp2 juta. Sementara itu, Sakuku Plus memungkinkan pengguna menyimpan saldo hingga Rp10 juta. Sakuku Plus juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti tarik tunai dan juga split bill.

9. OCTO Go Mobile

Sebagai produk dompet digital keluaran Bank CIMB Niaga, OCTO Go Mobile juga telah berhasil meraih popularitas di Indonesia. Sedikit berbeda dengan produk e-wallet lainnya, OCTO Go Mobile ini sejatinya hadir untuk membantu transaksi pembayaran online para nasabahnya dan lebih mirip m-banking. Namun, fitur yang diberikan sangat beragam dengan keamanan aplikasi pembayaran elektronik yang canggih dengan menggunakan sistem kunci fingerprint dan face lock.

10. i.Saku

Indomaret juga memiliki e-wallet mereka sendiri yaitu i.Saku, di mana layanan pembayaran elektronik ini memudahkan para pelanggan Indomaret dalam bertransaksi. Menariknya, i.Saku juga terintegrasi dengan Indomaret Poinku sehingga produk pembayaran digital yang satu ini lebih sering digunakan oleh pelanggan Indomaret itu sendiri. Meski begitu, fitur yang tersedia di dalamnya juga beragam mulai dari pembayaran seperti tiket, pulsa, dan lain sebagainya.

Penggunaan Dompet Digital Sangat Praktis! 

dompet digital
Sumber: Freepik

Dibandingkan dengan penggunaan mata uang koin atau kertas, proses transaksi dengan menggunakan dompet digital memang relatif menjadi lebih cepat. Setiap pengguna hanya perlu melakukan pemindaian pada barcode yang sudah disediakan, tanpa harus mengeluarkan dompet atau uang fisik untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, penggunaan e-wallet juga mampu mengurangi adanya peredaran uang palsu,  dan terjamin keamanannya. Pasalnya, setiap orang yang akan memiliki dompet digital ini harus melakukan verifikasi data dengan identitas yang benar. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk mengaktifkan fitur keamanan yang disediakan, seperti verifikasi PIN, sidik jari, hingga pemindaian wajah. 

Baca juga: Enkripsi adalah Kunci Pengamanan Data di Era Digital, Ini Cara Kerjanya!

Untuk urusan verifikasi, percayakan saja pada Verihubs. Verihubs hadir menawarkan berbagai solusi untuk bisnis Anda, mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, Business Verification, hingga Employee Verification.

Berpartner dengan Verihubs, dijamin Anda bisa membangun ekosistem digital dan mendapatkan kemudahan dalam sistem verifikasi serta otentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan digital Anda. Teknologi yang dikembangkan oleh Verihubs ini akan membantu bisnis atau perusahaan digital Anda dalam berinovasi dan semakin populer. Mari, jadwalkan demo sekarang juga!