Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Teknologi Facial Identification dalam Industri Keamanan, Perbankan, dan Kesehatan

facial identification

Pemanfaatan facial identification dalam berbagai bidang mulai digandrungi, karena telah terbukti membawa banyak manfaat untuk penggunanya. Mungkin bisnis Anda juga sudah menggunakan fitur ini? Atau justru masih mempertimbangkan untung dan ruginya?

Pemanfaatan teknologi identifikasi wajah banyak membawa manfaat pada industri keamanan, kesehatan, hingga perbankan atau retail. Bukan tanpa alasan, sebab industri-industri ini akan berkaitan erat dengan data-data sensitif yang berbahaya jika sampai bocor akibat oknum tidak bertanggungjawab.

Namun bagaimana sebenarnya aplikasi penggunaan facial recognition dalam berbagai bidang tersebut? Untuk mendapatkan gambarannya, Anda dapat melihat penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Cegah Joki Masuk Ujian dengan Sistem Verifikasi Terbaik Ini

Kegunaan Face Identification

facial identification
Sumber: freepik.com

Secara sederhana, teknologi ini merupakan teknologi yang memunkginkan pencocokan data masukan atau input berupa wajah seseorang, untuk dibandingkan dengan data yang telah ada di dalam database. Jika ditemukan kecocokan, idealnya orang tersebut dapat dikenali identitasnya.

Pada penerapannya di bidang keamanan, kesehatan, dan perbankan atau retail, teknologi ini akan banyak membantu untuk melakukan pengenalan, identifikasi, dan pemberian akses pada lokasi dan data tertentu.

Hak akses ini akan diberikan sesuai dengan identitas yang dimiliki, dan telah diatur sebelumnya. Jadi, tidak ada akses lokasi atau akses data yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak dikenali oleh sistem, yang secara langsung diberikan akses ini.

Penerapannya pada Berbagai Segmen Industri

facial identification
Sumber: freepik.com

Aplikasinya pada sistem keamanan, kesehatan, dan perbankan atau retail sebenarnya cukup mudah dikenali. Bahkan terbaru pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, penggunaan teknologi ini telah dioptimalkan untuk mendukung sistem keamanan yang ada.

Untuk penjelasan masing-masing bidang di atas, Anda bisa simak di bawah ini.

1. Pada Sektor Keamanan atau Security

Untuk sektor ini mari ambil contoh pada penerapannya di KTT G20 di Bali kemarin, yang terasa sangat relevan.

Teknologi face identification diterapkan menggunakan perangkat pemindai yang canggih, dan dihubungkan dengan pusat pengelolaan data, sehingga setiap peserta yang hadir dan sudah tercatat sebelumnya dapat dikenali dengan cepat.

Melibatkan banyak delegasi dan pemimpin negara-negara besar di dunia, jelas pengamanan yang diterapkan pada setiap fasilitas acara tidak main-main. Selain didukung penuh oleh aparat TNI dan POLRI, pengamanan dengan teknologi canggih ini juga sangat menunjang kelancaran acara.

Alhasil acara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu tersebut berjalan dengan lancar, dan berhasil dengan kesan yang sangat baik dari seluruh peserta yang hadir sebagai undangan.

2. Pada Sektor Kesehatan

Di sektor kesehatan sendiri dapat diambil contoh pada sistem yang diterapkan di beberapa rumah sakit di Korea Selatan. Rumah sakit menengah dan besar di negara tersebut telah menggunakan teknologi ini untuk membantu memperkuat sistem keamanan, serta verifikasi identitas dari pasien yang masuk.

Tujuannya sederhana, yakni untuk menghindari kerugian finansial karena penipuan serta mempromosikan stabilitas keuangan asuransi kesehatan. Dengan penerapan ini terbukti proses verifikasi identitas pasien berjalan lebih cepat, karena sistem yang digunakan juga telah terhubung pada database utama di negara tersebut.

Di Indonesia, dalam waktu dekat, dapat dipastikan bahwa penerapan teknologi ini di rumah sakit untuk mendukung operasional akan dilakukan. Efisiensi proses dan administrasi akan berjalan lebih cepat, sehingga pasien dapat memperoleh perawatan maksimal.

3. Pada Sektor Perbankan atau Industri

Pada sektor terakhir yang ada di artikel ini, yakni perbankan dan retail, penggunaan teknologi ini juga banyak diterapkan. Selain untuk proses presensi masuk dan presensi keluar, face identification juga diterapkan untuk melakukan akses pada berbagi data penting.

Seperti dipahami bersama, industri perbankan dan retail adalah industri besar yang kini bersinggungan dengan banyak data sensitif. Maka akses pada data-data ini idealnya hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang yang memang berkepentingan, dan dipercaya oleh perusahaan.

Tidak hanya berlaku untuk pegawainya saja, teknologi ini juga dimanfaatkan untuk mengenali pelanggan yang datang dan akan melakukan transaksi. Tak heran, optimasinya dalam waktu dekat akan benar-benar terjadi, dan mungkin saja Anda bisa segera mengenali pelanggan Anda dan memberikan treatment yang tepat sesuai dengan identitas dan golongan pelanggan pada bisnis Anda.

Lalu Adakah Produk Verifikasi Ini yang Handal?

facial identification
Sumber: freepik.com

Industri verifikasi identitas di Indonesia semakin hari semakin ramai oleh pebisnis. Hal ini karena masyarakat juga telah mulai menyadari betapa pentingnya melakukan verifikasi identitas untuk berbagai keperluan, dan demi pengalaman transaksi yang lebih baik.

Tentu saja, jika berbicara produk verifikasi terbaik, Anda harus memastikan bahwa produk yang ditawarkan fleksibel dan dapat digunakan untuk kebutuhan perusahaan Anda. Dengan sistem yang solid dan terhubung ke database secara resmi, jawaban dari pertanyaan ini adalah Verihubs.

Baca Juga: Optimasi Computer Vision untuk Verifikasi Identitas 

Verihubs dengan Berbagai Produk Verifikasinya

Menyediakan produk Biometric Verification yang dapat Anda aplikasikan dalam facial identification, Verihubs memiliki sistem yang solid dan handal. Dengan penggunaan yang sangat fleksibel, Verihubs dapat membantu Anda melakukan proses verifikasi identitas dengan cepat, akurat, dan tepat, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu juga masih banyak produk verifikasi yang lain yang dapat Anda gunakan, dan memiliki sistem yang tidak kalah solid. Jadi gunakan Verihubs sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya! Hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi lebih lanjut.