Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Cara Cegah Joki Masuk Ujian dengan Sistem Verifikasi Terbaik Ini

joki

Penerapan sistem verifikasi identitas dapat memiliki aplikasi yang luas. Secara umum, penerapan verifikasi ini sering digunakan pada layanan keuangan digital dan perbankan. Namun tahukah Anda bahwa verifikasi identitas modern juga dapat mencegah joki ‘bekerja’ untuk membantu peserta sebuah ujian tertentu?

Ujian dilakukan untuk melakukan seleksi pada peserta, sehingga diperoleh kandidat yang memenuhi kualifikasi yang ditetapkan. Hal ini dilakukan di institusi pendidikan atau bisnis, untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standar tertentu.

Berbagai cara dilakukan oleh peserta ujian untuk lolos dari ujian tersebut dengan nilai yang ditetapkan. Tak sedikit yang kemudian menggunakan jasa joki, agar dapat memperoleh bantuan dalam mengerjakan soal atau ujian.

Baca Juga: Demi Keamanan, Penerapan Verifikasi pada Fintech adalah Sebuah Keharusan!

Selalu Cek Peserta Ujian yang Turut dalam Proses

joki
Sumber: freepik.com

Pengecekan peserta ujian yang turut serta dalam proses yang dilaksanakan menjadi hal wajib. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi agar peserta ujian tidak melakukan kecurangan, dan mendapatkan keuntungan dalam proses seleksi ini.

Pada beberapa kejadian yang telah berlalu, pengecekan perangkat komunikasi, jam tangan, kacamata, hingga perlengkapan lain dilakukan. Bahkan tak jarang perangkat ini diminta untuk dilepaskan, jika memang tidak secara krusial diperlukan oleh peserta ujian. Tentu, ada pengecualian untuk kondisi yang dimiliki, seperti keperluan penggunaan kacamata dan sebagainya.

Namun hal ini harus dipastikan diperiksa secara mendetail, sehingga alat-alat ini juga tidak digunakan untuk melakukan kecurangan dengan modus operandi yang canggih.

Untuk membantu pencegahan kecurangan, Anda juga bisa menggunakan sistem verifikasi modern untuk memastikan identitas setiap peserta yang masuk ke ruang ujian.

Penggunaan Joki untuk Mengerjakan Soal Ujian

joki
Sumber: freepik.com

Tidak sedikit pula kasus yang ditemukan pada berbagai proses seleksi, dengan penggunaan joki. Joki sendiri adalah oknum yang menyediakan jasa tertentu untuk pengerjaan ujian, atau membantu pengerjaan dari jarak jauh menggunakan metode tertentu yang telah disusun sebelumnya.

Tentu Anda tidak ingin bukan ujian yang dilakukan disusupi oleh oknum joki seperti ini?

Nah, salah atu cara paling efektif yang bisa digunakan untuk menghindari adanya joki dalam peserta ujian yang Anda lakukan adalah menggunakan sistem verifikasi identitas yang canggih. Mulai dari sidik jari, kartu identitas, hingga biometrik, bisa digunakan dalam rangka melakukan verifikasi peserta yang masuk ke ruang ujian.

Jelas, prosesnya akan memerlukan persiapan yang sangat baik dan cermat, didukung dengan produk verifikasi yang solid dan fleksibel. Namun jika semua dilakukan dengan baik, maka pencegahan masuknya joki ke ujian yang diadakan dapat terjadi dengan mudah.

Verifikasi Identitas untuk Mencegah Joki Masuk

joki
Sumber: freepik.com

Mengapa cara ini efektif untuk mencegah joki masuk ke proses seleksi yang Anda lakukan? Berikut beberapa alasannya.

  • Verifikasi mengacu pada data milik peserta yang diberikan sebelumnya. Setiap data peserta yang diberikan, seperti misalnya identitas, akan menjadi acuan verifikasi yang dilakukan. penggunaan identitas ini akan membuat joki sulit masuk, karena identitas yang dimiliki berbeda dengan peserta asli.
  • Verifikasi modern sulit ditembus oleh oknum tidak bertanggungjawab. Serupa dengan alasan di poin pertama, bahwa acuan utama dari verifikasi yang dilakukan adalah identitas pribadi milik peserta ujian, yang seharusnya tidak dibagikan pada orang lain.
  • Penggunaan verifikasi biometrik untuk pencegahan lebih lanjut. Verifikasi biometrik menggunakan profil fisik dari peserta ujian, seperti sidik jari atau bahkan wajah. Jadi secara logika, hal ini tidak dapat dicurangi karena sidik jari setiap orang akan berbeda, demikian pula dengan karakter wajah yang dimilikinya. Penerapan dan penggunaan sistem verifikasi biometrik ini akan benar-benar menihilkan risiko masuknya joki atau calo dalam proses ujian. Sebab sistem secara otomatis akan mengenali perbedaan identitas yang dimasukkan dengan profil fisik yang dipindai secara langsung dan akurat.

Proteksi yang diberikan pada kecurangan akibat joki ini dapat ditingkatkan, ketika sistem verifikasi yang digunakan berlapis. Mulai dari verifikasi nomor telepon, verifikasi identitas dengan kartu identitas, dan verifikasi biometrik, ketika ketiganya diterapkan secara bersamaan, maka verifikasi pada peserta ujian benar-benar bisa dimaksimalkan.

Baca Juga: Apa Tujuan Verifikasi KTP dalam Penggunaan Aplikasi Keuangan Online? Ini Ulasannya 

Teknologi verifikasi modern sendiri sebenarnya dapat digunakna pada berbagai aspek kehidupan. Absensi karyawan, validasi identitas peserta ujian, pengenalan wajah pada objek vital, verifikasi identitas dalam transaksi keuangan, hingga sektor bisnis dan kehidupan lain.

Selama produk verifikasi yang digunakan cukup canggih dan fleksibel, hal ini dengan mudah dapat terjadi. Perlindungan pada akses akan dapat ditingkatkan berlipat ganda, sehingga kepentingan semua pihak yang sah menurut hukum dapat terjamin.

Produk Verifikasi dari Verihubs, Solusi Semua Kebutuhan Anda

Verihubs menyediakan berbagai jenis fitur verifikasi yang dapat digunakan sesuai keperluan. Validitas database yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, sebab terhubung langsung dengan database yang dimiliki oleh pihak pemerintahan.

Fitur yang dapat mendukung urusan ini adalah Face Recognition, yang mampu mengenali dan mengidentifikasi seseorang, dan Liveness Detection untuk memastikan orang tersebut benar-benar orang yang berhak dengan menggunakan perintah ekspresi wajah. 

Verihubs juga paham benar bahwa keberadaan joki dalam ujian akan sangat merugikan Anda, baik institusi pendidikan atau institusi lain yang mengadakan seleksi. Verihubs dapat membantu cek peserta ujian yang masuk ke ruang ujian, sehingga dipastikan identitas setiap peserta yang masuk adalah peserta yang berhak dan berkewajiban untuk melaksanakan proses tes. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkapnya!