Cara Kerja dan Manfaat FAQ Chatbot untuk Customer Service

faq chatbot

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apa itu FAQ chatbot? FAQ chatbots adalah bot yang dirancang khusus untuk menjawab pertanyaan umum yang dimiliki orang tentang suatu produk atau layanan. Seringkali, chatbot ini digunakan di situs website atau di aplikasi layanan pelanggan. 

Ada tiga jenis utama FAQ chatbot yang perlu diketahui, di antaranya adalah Chatbot Berbasis Aturan, Independen (Kata Kunci), dan AI Percakapan. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak ulasannya di bawah ini.

Cara Kerja FAQ Chatbot Berdasarkan Jenisnya

faq chatbot
Sumber: Freepik

1. Chatbot Berbasis Aturan

Chatbot ini mengandalkan data dan aturan tertentu yang menentukan cara mereka dalam merespons. Anda dapat menganggap bot ini bekerja seperti diagram alur. Bergantung pada permintaan yang dimasukkan, maka itulah yang akan mengarahkan pelanggan Anda ke jalur yang telah Anda tetapkan.

Sebagai contohnya, jika pelanggan mengetik “Bagaimana cara saya melakukan pengembalian?”, maka chatbot Anda mungkin meminta mereka untuk menjawab pertanyaan seperti, “apakah Anda memiliki nomor pesanan, ya atau tidak?”.

Bot ini tidak dapat belajar secara mandiri dan mudah kebingungan dengan permintaan di luar norma.

2. Chatbot Independen (Kata Kunci)

Chatbot jenis ini menggunakan pembelajaran mesin untuk melayani pelanggan Anda. Mereka akan menganalisis data yang dimasukkan konsumen Anda, menghasilkan jawaban yang sesuai, kemudian memasukkan beberapa kata kunci.

3. AI Percakapan

AI percakapan menggunakan pemrosesan bahasa secara alami dan pemahaman bahasa alami untuk mensimulasikan percakapan manusia. Bot ini tidak hanya belajar sendiri, tetapi juga dapat memahami nuansa dan melakukan percakapan dengan pelanggan Anda. 

Manfaat Penggunaan FAQ Chatbot untuk Customer Service

faq chatbot
Sumber: Freepik

Lantas, mengapa perlu menggunakan FAQ chatbot? Chatbot berbasis FAQ memiliki banyak manfaat, khususnya dapat meningkatkan produktivitas. Dengan lebih sedikit waktu untuk menanggapi pesan, maka Anda bebas untuk bekerja menuju tujuan bisnis lainnya dan menghabiskan waktu untuk pemasaran atau penjualan. Berikut ini adalah lima alasan menguntungkan untuk mengambil bot sendiri.

1. Dapat Menghemat Waktu dan Biaya Tenaga Kerja

Waktu dan uang, itulah alasan utama mengapa seseorang memilih menggunakan FAQ chatbot. Mengotomatiskan pertanyaan umum membuat tim Anda tidak perlu lagi menjawab secara manual. Tentunya, ini juga akan membebaskan mereka untuk melakukan tugas lain, menghemat waktu dan uang Anda.

2. Dapat Menghindari Kesalahan Manusia

FAQ chatbot hanya akan menjawab pertanyaan dengan informasi yang Anda berikan kepada mereka. Jadi, jika informasi itu benar, maka mereka akan memberikan informasi yang benar kepada para pelanggan Anda.

Selain itu, chatbot tidak akan berkata kasar atau tidak pantas (kecuali jika Anda membuatnya seperti itu), sehingga hal ini bisa menjadi taktik pemasaran yang menyenangkan. Sementara itu, chatbot juga tidak akan pernah menyerang pelanggan Anda, meskipun mereka bersikap antagonis.

3. Adanya Dukungan Multi-bahasa

Chatbot sering diprogram untuk berbicara dalam berbagai bahasa, jadi jika Anda memiliki pelanggan di negara multi-bahasa, maka chatbot mampu merespons dalam beberapa bahasa yang akan meningkatkan basis pelanggan Anda.

4. Dapat Meningkatkan Penjualan

Pelanggan Anda seringkali mengikuti perjalanan alami untuk berkonversi. Nah, chatbot FAQ dapat membantu mengarahkan mereka ke sana. Jika mereka mendatangi Anda dengan pertanyaan khusus seperti, “Apakah Anda mengirim ke Singapura?” maka Anda dapat memprogram chatbot Anda untuk menjawab, lalu mengarahkan konsumen Anda ke suatu tempat yang ingin mereka tuju, ”Ya, kami bersedia. Sudahkah Anda melihat koleksi sepatu kulit kami?”.

5. Meningkatkan Tingkat Respons Anda

Saat menggunakan FAQ chatbot, maka tingkat respons Anda akan sangat tinggi. Orang-orang, termasuk para pelanggan Anda tentu menyukai kepuasan instan, di mana kecintaan ini akhirnya akan menyebar ke merek atau brand Anda.

Selain itu, bot juga dapat menghentikan pelanggan Anda dari keharusan meninggalkan halaman mereka untuk mencari halaman lain untuk menemukan jawaban. Permudah orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mereka akan menyukai Anda karenanya.

Baca juga: Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

FAQ Chatbot, Solusi Tepat untuk Melayani Pelanggan

Chatbot berbasis FAQ yang cerdas dan komunikatif tentunya akan memberikan Anda ROI positif dari waktu ke waktu.

Meskipun chatbot harus dirancang untuk berkomunikasi secara profesional, namun mereka juga harus berbicara dalam bahasa yang terdengar alami. Jenis dan gaya dialog chatbot harus mencerminkan sikap bisnis, misalnya chatbot fasilitas kesehatan tidak boleh memiliki gaya percakapan yang sama dengan chatbot layanan pelanggan di ritel.

Selain itu, percakapan chatbot juga harus lebih berfokus pada melibatkan calon pelanggan daripada menawarkan beberapa solusi dan layanan pada saat yang bersamaan. Tujuan pertama dari chatbot adalah untuk mendapatkan informasi kontak pengguna dan pertanyaan umum untuk memberikan informasi yang relevan dan berpotensi menghasilkan petunjuk.

Baca juga: 3 Use Case Chatbot yang Paling Populer di Indonesia

Butuh Menerapkan Sistem Chatbot pada Bisnis Anda? Veriflow Solusinya!

Tidak ada yang melakukan AI percakapan lebih baik daripada Veriflow yang ditawarkan oleh Verihubs. Chatbot AI yang berspesialisasi tidak hanya dalam bisnis e-commerce dan social commerce, tetapi juga berfungsi untuk banyak jenis bisnis lainnya. Jika Anda mencari contoh FAQ chatbot utama, ini adalah pilihan terbaik!

Dengan Veriflow, Anda bisa mengatur flow chatbot untuk menjawab pelanggan secara real time. Anda tentu penasaran, apa saja keunggulan dari Veriflow ini? Keunggulan yang pertama adalah Anda bisa memberikan jawaban yang pelanggan Anda butuhkan dengan informasi yang tepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sederet keuntungan di bawah ini jika menggunakan Veriflow:

  • Layanan tersedia selama 24 jam non stop sehingga dapat menjangkau pelanggan di luar jam operasional.
  • Memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih akrab bersama pelanggan dengan percakapan yang lebih ramah.
  • Proses onboarding menjadi lebih mudah karena terintegrasi pada sistem verifikasi untuk validasi identitas para pelanggan.

Jadi, pastikan Anda memberikan rasa nyaman dengan komunikasi yang lebih ramah pada pelanggan bisnis Anda. Segera hubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!