Bermanfaat! Ini 5 Kegunaan Flash Call Verification bagi Bisnis

flash call verification

Di dunia ini, miliaran orang mampu menerima pesan teks SMS, tidak diperlukan internet atau telepon mewah. Itulah mengapa, autentikasi dua faktor menggunakan SMS telah banyak dipilih dan menjadi sangat populer. Tapi selain menggunakan SMS, ada Flash Call Verification yang juga tidak boleh dilewatkan.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Flash Call Verification, maka kami ingin memperkenalkannya kepada Anda sekarang.

Dengan Flash Call, maka para user atau pelanggan akan menerima panggilan ke ponsel mereka dan kata sandi satu kali (One Time Password) akan diberikan secara otomatis. Hal ini tentu saja akan membuat seluruh pengalaman pelanggan mulus dari titik kontak pertama dan tidak ada proses manual pengguna yang harus memasukkan kode yang diterima. Nomor pihak pemanggil akan berfungsi sebagai OTP, ini adalah bentuk autentikasi yang muncul dan seperti SMS, tidak diperlukan internet dan ponsel pintar. Hanya ponsel berfitur lama biasa juga bisa menerima fitur canggih ini.

Flash Call Verification dinilai lebih cepat daripada SMS dan berpotensi lebih murah juga. Tidak percaya? Mari simak penjelasan lebih lengkap mengenai sistem canggih ini.

Kegunaan Flash Call Verification bagi Bisnis

flash call verification
Sumber: Freepik

Flash Call Verification berfungsi sebagai mekanisme otentikasi yang mirip dengan SMS 2FA. Otentikasi dua faktor dikirim melalui API, tetapi kali ini alih-alih kode SMS, nomor dibuat, yang disampaikan melalui suara sama halnya dengan panggilan tidak terjawab. Karena cepat dan tidak memerlukan jawaban, maka disebut flash. Ini juga dapat membaca log penelepon dan memasukkan kata sandi ke dalam sistem untuk menyelesaikan otorisasi. Prosesnya terjadi dengan sangat cepat dan lancar.

Berbagai contoh penggunaan di seluruh industri dapat menemukan kebutuhan untuk mengintegrasikan layanan Flash Call Verification untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, di antara keuntungan lainnya.

1. Perbankan, Meliputi Pendaftaran Situs Website dan Aplikasi, Otorisasi, atau Pemulihan Akun

Mulai dari game hingga perbankan, dan ini berlaku untuk sektor apapun. Pengguna seringkali membuang waktu untuk memasukkan kata sandi, melupakannya, dan mendapatkan kembali akses. Flash Call merupakan teknik verifikasi yang jauh lebih baik, di mana pelanggan hanya perlu memasukkan beberapa nomor terakhir dari nomor telepon yang masuk untuk mulai berkomunikasi dengan layanan.

Solusi ini sangat berharga bagi bank ketika berinteraksi dengan para pelanggan yang berusia di atas 65 tahun untuk operasi terkait perbankan. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah mereka bergantung pada orang lain untuk memasukkan kata sandi satu kali secara manual untuk mereka dan dalam prosesnya, dapat memberikan informasi sensitif.

2. E-Commerce, Meliputi Pembayaran Digital

Verifikasi transaksi juga diperlukan untuk memastikan bahwa transaksi keuangan aman bagi pelanggan dan bisnis. Flash Call Verification memungkinkan pelanggan untuk mengkonfirmasi pembayaran mereka dengan cepat, serta menghilangkan kehilangan konversi.

3. Bisnis Ritel, Meliputi Verifikasi Offline

Bisnis ritel mengharuskan kasir untuk mengaktifkan program loyalitas pelanggan, diskon pribadi, dan kupon di kasir. Untuk mencegah kemungkinan penipuan, maka pelanggan diharuskan untuk memberikan nomor telepon mereka sebagai 2FA. Flash Call Verification dapat dikirim ke telepon pelanggan segera setelah kasir memasukkan informasi klien ke dalam sistem, yang cepat dan lancar.

4. Klinik atau Salon, Meliputi Pemesanan Janji Temu

Sementara itu untuk salon dan fasilitas medis, autentikasi Flash Call juga sangat praktis untuk digunakan. Tidak perlu menghubungi setiap pelanggan secara manual untuk mengonfirmasi janji mereka dengan ahli kecantikan atau dokter gigi. Namun sebagai gantinya, penggunaan Flash Call Verification dapat segera mengkonfirmasi pemesanan pelanggan setelah pendaftaran online mereka mencari janji temu. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa pemesanan tersebut berasal dari individu yang sebenarnya.

5. WiFi, Meliputi Koneksi WiFi Publik

Setiap layanan berkualitas tinggi tentunya harus memiliki WiFi gratis. Nah, Flash Call adalah solusi terbaik untuk perusahaan yang ingin menyediakan koneksi internet yang aman. Memasukkan kata sandi satu kali dinilai jauh lebih nyaman daripada mengganggu atau bergantung pada pengelola jaringan hotspot tentang kode tersebut.

Baca juga: Penting! Penerapan KYC Identity Verification bagi Perusahaan

Keunggulan dan Manfaat Flash Call Verification

flash call verification
Sumber: Freepik

Flash Call Verification dapat memberikan banyak manfaat dibandingkan proses yang sudah ada. Mengenai kecepatan layanan, interaksi pengguna, faktor keamanan, flash call terbukti lebih baik di semua level. Atribut Flash Call seperti peningkatan faktor keamanan juga membuatnya menarik bagi fintech dan bank.

Flash Call dapat menghemat uang bisnis, mempertahankan alur kerja yang konsisten, memastikan keamanan, hingga membuat pengalaman pelanggan lebih menyenangkan. Beberapa keuntungan bisnis dapat diperoleh dari pendekatan Flash Call Verification, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Biaya Rendah

Flash Call tidaklah mahal. Solusi ini telah menghemat uang perusahaan untuk autentikasi dan meningkatkan ROI mereka, di mana API dan SDK Route Mobile yang canggih memungkinkan integrasi Flash Call yang mulus, dan Anda dapat menerapkannya hanya dengan beberapa baris kode.

2. Prosesnya Sangat Cepat

Flash Call Verification hanya membutuhkan waktu selama 5-10 detik saja untuk menghasilkan OTP dan melakukan panggilan. Hal itu akan segera memverifikasi kode yang dimasukkan setelah beberapa detik.

3. Integrasi API Cepat

API yang diperlukan dalam proses pemanggilan flash cukup sederhana karena hanya diperlukan beberapa baris pengkodean, dan karenanya, proses dapat terjadi secara cepat.

4. Lebih Aman

Flash Call adalah layanan autentikasi aman yang memberikan keamanan pengguna lengkap tanpa kompromi apapun.

5. Dapat Diakses dan Tidak Obstruktif

Jika pengguna memiliki layanan di ponselnya, maka Flash Call dapat menghubungi mereka dari mana saja di dunia. Sistem akan segera menghentikan panggilan senyap, tetapi masih tercatat dalam riwayat telepon sebagai panggilan tidak terjawab. Kemudian, OTP dibacakan oleh bot suara, jadi pengguna tidak diharuskan untuk menanggapi atau mencoba menghafalnya.

Sementara itu, jika panggilan tidak terjawab dari bot suara memerlukan upaya masuk lagi, tidak demikian halnya dengan Flash Call. Saat berkomunikasi dengan nomor tidak dikenal, pengguna hampir tidak akan terganggu. Selain itu, autentikasi bot suara tidak dapat berhasil jika layanan pengguna tidak aktif atau sedang jelajah. Sedangkan hal ini bukan penghalang untuk Flash Call.

Baca juga: Mengenal Chatbot Flow, 3 Tipe dan Cara Membangunnya

Pilih Sistem Verifikasi yang Terbaik!

Flash Call Verification adalah metode otentikasi tanpa interaksi mutlak untuk pengguna Android dan memberikan validasi untuk pengguna aplikasi situs website di laptop atau PC. 

Verihubs hadir dengan solusi terbaiknya untuk membantu Anda mengintegrasikan solusi autentikasi Flash Call Verification yang hemat biaya, cepat, dan mudah untuk bisnis Anda. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman user atau pelanggan dan membuat keterlibatan pelanggan menjadi lebih nyaman.

Verihubs menyediakan berbagai fitur unggulan untuk memudahkan proses verifikasi bisnis Anda. Salah satunya adalah fitur Phone Number Verification Verihubs, yang memungkinkan Anda bisa menyelesaikan proses verifikasi nomor telepon user secara real-time! Skenario penggunaan fitur ini di antaranya adalah Pendaftaran Akun, Transaksi atau Pembayaran, dan Validasi Akses Perangkat. Nah, sekarang saatnya mengoptimalkan keamanan akun dengan OTP untuk verifikasi pengguna dengan verifikasi API yang dibuat untuk jangkauan skala global.

Silakan hubungi kontak layanan Verihubs sekarang, dan jadwalkan DEMO GRATIS!