Penting! Penerapan KYC Identity Verification bagi Perusahaan

KYC identity verification

Know Your Customer (KYC) adalah prinsip yang diterapkan oleh bank atau industri keuangan lainnya untuk mengetahui identitas dan memantau kegiatan transaksi para nasabah atau pelanggan. Seiring perkembangan teknologi saat ini, proses KYC juga dapat dilakukan secara elektronik atau digital yang dikenal dengan sebutan e-KYC. Penerapan e-KYC identity verification ini tidak perlu dilakukan tatap muka secara langsung, dan proses verifikasi dilakukan secara digital dan real-time.

Proses e-KYC identity verification dapat dilakukan melalui video call, atau kirim foto diri dan KTP saat melakukan proses verifikasi. Dengan begitu, kegiatan tatap muka tidak perlu lagi untuk dilakukan. 

Pentingnya e-KYC dalam Mengenal Customer

KYC identity verification
Sumber: Freepik

Penyedia layanan keuangan, baik itu perbankan, asuransi, atau lainnya memiliki mandat dan tanggung jawab untuk mengidentifikasi, memahami, serta menegosiasikan risiko pelanggan sebelum memberikan layanan kepada mereka.  Mengapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan?

Jawabannya, tidak lain adalah untuk mengetahui detail yang lebih mendalam serta dengan akurasi tinggi mengenai kategori pelanggan yang akan menggunakan layanan. Di dalam KYC, setidaknya ada tiga proses due diligence seperti berikut ini:

  1. Simplified Due Diligence (SDD) merupakan proses verifikasi di mana di mana risiko pencucian uang atau pendanaan teroris rendah dan CDD penuh tidak diperlukan.
  2. Basic Customer Due Diligence (CDD) merupakan informasi yang diperoleh semua pelanggan untuk memverifikasi identitas pelanggan dan menilai risiko yang terkait dengan pelanggan tersebut.
  3. Enhanced Due Diligence (EDD) merupakan informasi tambahan yang dikumpulkan untuk pelanggan berisiko tinggi untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang aktivitas pelanggan untuk memitigasi risiko terkait.

Baca juga: KYC adalah Mengenali Nasabah, Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

5 Keuntungan dari Penerapan KYC Identity Verification

KYC identity verification
Sumber: Freepik

Penerapan e-KYC identity verification dapat memberikan berbagai manfaat, baik untuk institusi finansial sebagai pengusung layanan maupun bagi para nasabah, pelanggan, atau penggunanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat dinikmati pelaku bisnis layanan keuangan:

1. Lahirnya Inovasi Layanan Keuangan

Proses verifikasi yang sepenuhnya digital akan mendorong lahirnya inovasi di bidang teknologi finansial (fintech), termasuk dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dan juga inklusi finansial. Pasalnya, pada faktanya belum semua kalangan masyarakat mendapatkan akses ke fasilitas keuangan dari perbankan, khususnya pengguna di kota tier-2 dan 3.

2. Menjangkau Lebih Banyak Kalangan Konsumen Baru

Sulitnya akses ke kantor cabang bank kerap kali menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat enggan untuk memiliki akun tabungan. Sementara saat ini, semua proses dapat dilakukan secara online, sehingga hal ini bisa mendorong masyarakat yang jauh dari kantor cabang untuk mendapatkan fasilitas finansial yang sama.

3. Menghadirkan Pengalaman Baru yang Lebih Baik

Hadirnya layanan proses verifikasi secara digital tentunya juga dapat mendukung transformasi digital nasional. Pasalnya, semua proses administrasi yang tadinya mengharuskan mobilitas fisik, kini bisa dilakukan di mana saja menggunakan perangkat yang ada di genggaman.

4. Terciptanya Efisiensi Operasional dan Layanan

Berkat bantuan dari teknologi kecerdasan buatan seperti face recognition, salah satu fitur dari layanan Verihubs, e-KYC akan memberikan proses validasi yang relatif lebih cepat ketimbang dilakukan secara manual oleh manusia. Hal ini tentu saja akan meningkatkan pelayanan bisnis, yang tadinya memakan waktu berhari-hari, maka dapat direduksi dalam beberapa menit bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

5. Menghindari Risiko Penipuan dan Kejahatan Lainnya

Adanya sistem verifikasi yang efektif juga akan meminimalkan terjadinya kejahatan seperti fraud, penipuan, hingga pencucian uang. Pasalnya, berbagai aktivitas keuangan memiliki landasan identitas yang kuat dan mengurangi celah untuk dimanipulasi karena dilakukan oleh sistem komputer yang cerdas.

Baca juga: Kenali 6 Jenis Produk Fintech yang Berkembang di Indonesia

Selain menciptakan pengalaman yang berpusat pada pelanggan, strategi KYC identity verification berbasis digital juga akan membantu industri bank atau perusahaan keuangan lainnya sebagai pendorong terjadinya transformasi digital. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengenal pelanggan atau konsumen secara lebih detail dengan adanya proses KYC secara elektronik.

Metode digital untuk para calon pengguna tentunya juga akan memberikan manfaat yang besar, terutama dalam hal efisiensi waktu. Contohnya, pada saat melakukan pemeriksaan latar belakang calon penjual dan pembeli dapat dilakukan secara singkat dan di mana saja, sehingga sebagai pelaku bisnis Anda dapat membagi diri Anda untuk fokus dalam pekerjaan lainnya.

Bagi Anda yang tengah mencari produk verifikasi yang handal, praktis, mudah diintegrasikan, dan terjamin validitasnya, Verihubs akan menawarkan solusi terbaiknya. Didukung dengan fitur Identity Verification yang dimilikinya, semua proses verifikasi informasi pengguna akan berjalan lebih cepat dan lancar.

Langsung saja, hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang, dan segera gunakan produk terbaik Verihubs sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya