Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

3 Cara Membuat & Mengelola Pesan Group Broadcast WhatsApp

group broadcast whatsapp

Mengirimkan pesan secara langsung ke pelanggan yang Anda miliki akan menjadi salah satu opsi tepat untuk menjaga hubungan baik. Terlebih ketika bisnis Anda sudah menggunakan otomasi dari WhatsApp Bisnis, yang dapat membantu Anda untuk mengirimkan group broadcast WhatsApp dengan cepat.

Tapi apakah Anda sudah paham mengenai cara membuat pesan broadcast ini secara langsung?

Untuk Anda yang belum memahami cara penggunaan dan berbagai benefit yang didapatkan dari pengiriman pesan ini, maka artikel ini akan sangat cocok untuk dibaca hingga selesai. Secara detail, berikut cara membuat group broadcast WhatsApp yang efektif dan efisien untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Chatbot WhatsApp

Sebelumnya, Pahami Dulu Definisinya

group-broadcast-whatsapp
Sumber: freepik.com

Group broadcast WhatsApp sendiri adalah grup yang digunakan untuk mengelompokkan pelanggan atau user yang Anda miliki sesuai kategori, dan menjadi tujuan berbagai pesan yang Anda kirimkan secara langsung.

Dengan keberadaan grup ini, maka pengiriman pesan yang akan disampaikan akan lebih terarah dan efektif, sehingga pesan spesifik dapat mengarah pada grup dengan kategori user yang spesifik pula.

Di sisi lain, broadcast WhatsApp adalah pesan yang dikirimkan secara massal ke banyak nomor kontak sekaligus menggunakan fitur dari WhatsApp Business. Dengan demikian, Anda hanya perlu membuat satu pesan yang terstruktur rapi dan cermat, kemudian dapat secara otomatis mengirimkan pesan tersebut ke setiap kontak dan grup yang sudah Anda buat sebelumnya.

Efektif untuk aktivitas promosi dan menjaga customer engagement bukan?

Lalu Bagaimana Cara Membuatnya?

group-broadcast-whatsapp
Sumber: freepik.com

Sebelum membuatnya, Anda wajib paham syarat pengiriman broadcast messages ini dengan menggunakan akun yang Anda miliki. Sedikitnya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan.

  • Pertama, Anda wajib menyimpan nomor kontak user yang akan dikirimi pesan.
  • Kedua, Anda hanya dapat mengirimkan pesan ke 256 user dalam waktu yang bersamaan jika tidak menggunakan WhatsApp Bisnis
  • Ketiga, perhatikan intensitas pengiriman chat ini, sebab jika dinilai terlalu banyak akan dianggap sebagai spam dan WhatsApp dapat melakukan pemblokiran.

Secara sederhana, berikut cara membuat siaran pesan ke kontak user yang Anda miliki, menggunakan perangkat Android, perangkat iOS, dan pemanfaatan WhatsApp Business Bot.

1. Menggunakan Perangkat Android

1. Klik tanda titik tiga yang ada di bagian kanan atas di aplikasi WhatsApp Anda

2. Klik menu Siaran Baru atau New Broadcast

3. Pilih kontak yang akan dikirimi pesan, jumlah maksimal dalam satu kali pengiriman adalah 256 kontak

4. Klik ikon Centang

5. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke laman chat pesan broadcast

6. Buat pesan yang ingin dikirimkan, pesan ini dapat mencantumkan foto, video, lokasi, atau kontak

7. Klik tombol Send

Selesai, pesan siaran Anda sudah dikirimkan ke 256 kontak yang dipilih tadi. Untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak kontak, ulangi proses di atas dan masukkan kontak lain yang ingin dikirimi pesan.

2. Menggunakan Perangkat iOS

1. Klik menu Broadcast List di bagian kiri atas aplikasi WhatsApp, tepatnya di laman Chats

2. Buat daftar kontak yang akan Anda kirimi pesan dengan cara pilih New List

3. Pilih kontak yang ingin Anda tuju

4. Tampilan akan berubah menjadi chat room baru untuk membuat pesan broadcast yang Anda inginkan

5. Buat pesan sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat mencantumkan foto, videdo, lokasi, atau kontak

6. Klik ikon Send

Pesan WhatsApp Anda akan dikirimkan ke kontak yang tadi dipilih. Serupa dengan penggunaan perangkat Android, untuk menambahkan penerima pesan Anda bisa mengulangi prosesnya.

3. Menggunakan WhatsApp Business Bot

1. daftarkan bisnis ke WhatsApp Official Partner, bisnis Anda wajib memiliki WhatsApp Business API terlebih dahulu melalui business solution provider terverifikasi yang solid

2. Verifikasi akun bisnis Anda, verifikasi ini dilakukan di Facebook Business Manager, dan menunjukkan bahwa bisnis Anda telah memenuhi persyaratan ditetapkan sebagai WhatsApp Business. Lengkapi data nama perusahaan, email resmi bisnis, URL situs perusahaan, dan NPWP, NIB, atau SIUP Bisnis

3. Aktifkan nomor Anda dan isi profil lengkap. Setelah berhasil diverifikasi, akun akan memiliki lambang centang hijau yang menunjukkan kontak resmi bisnis Anda

4. Buat daftar kontak broadcast yang diinginkan. Anda dapat mengintegrasikan datanya dengan menggunakan file berformat CSV atau Excel, dengan cara memilih menu Create New List

5. Selanjutnya, buat template pesan broadcast dengan klik Add New Template di bagian Templates. Setelah dibuat, pesan ini akan ditinjau oleh WhatsApp, dan dinilai kelayakannya

6. Kirim pesan yang sudah disetujui dengan klik New Broadcast Message. Pilih opsi Campaign dan buat struktur kampanye yang Anda inginkan. Pesan ini akan terkirim dalam hitungan menit.

Untuk menambahkan group broadcast WhatsApp, Anda tinggal membuat grup berdasarkan golongan dan kategori user yang Anda miliki. Pengiriman lewat grup-grup ini akan lebih efisien, sebab pesan yang dikirimkan dapat disesuaikan dengan karakter grup tersebut.

Tidak sulit bukan?

Baca Juga: Mengenal Chatbot Flow, 3 Tipe dan Cara Membangunnya 

Pengelolaan akun WhatsApp Bisnis memang bukan hal yang mudah, namun dapat membawa banyak sekali manfaat untuk perusahaan Anda. Maka dari itu, jangan ragu menggunakan fitur terbaru dari Verihubs, Veriflow, yang dapat membantu Anda dalam berbagai urusan seputar WhatsApp Bisnis dan optimasinya.

Veriflow, Produk Pengelolaan Chatbot Handal dari Verihubs

Dengan menggunakan Veriflow, urusan pengiriman pesan dan pengelolaan group broadcast WhatsApp ini dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja. Semua pesan dapat diformulasikan dengan akurat berdasarkan data yang dimiliki, dan pengelolaan feedback juga dapat diatur. Dengan demikian akun WhatsApp Bisnis Anda dapat berfungsi optimal dalam mendatangkan keuntungan untuk perusahaan, baik dalam nominal rupiah atau dalam value lain. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk terbaru kami!