Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Chatbot WhatsApp

chatbot whatsapp

Cepatnya respon dari bisnis ketika ada feedback dari pelanggan menjadi salah satu tolak ukur penting untuk kepuasan pelanggan. Ini mengapa otomatisasi respon dikembangkan. Chatbot WhatsApp kemudian banyak menjadi pilihan yang diambil, karena dianggap paling praktis dan paling ideal digunakan untuk keperluan bisnis.

Chatbot WhatsApp sendiri, seperti namanya, dijalankan menggunakan basis aplikasi WhatsApp yang populer di seluruh dunia. Penggunaannya lebih hemat, onboarding yang mudah, serta luasnya cakupan layanan menjadi beberapa faktor utama mengapa platform ini dipilih.

Tapi bagaimana dengan alasan mengapa bisnis yang Anda kelola juga memerlukan layanan ini? Apakah Anda sudah tahu?

Nah agar mengetahui alasan-alasan kuat mengapa bisnis Anda harus ditunjang dengan chatbot ini, Anda bisa simak penjelasannya di masing-masing poin berikut.

Baca Juga: Chatbot AI: Keunggulan dan Kegunaannya bagi Bisnis Anda

1. Layanan dan Respon Selama 24/7

Keberadaan chatbot utamanya akan memberikan layanan dan respon pada feedback dari pelanggan setiap saat, selama 24/7. Tentu saja, fitur ini menjadi sangat krusial untuk bisnis yang memiliki cakupan luas, yang mungkin saja lintas zona waktu.

Dengan adanya respon cepat setiap saat, pertanyaan pelanggan dapat memperoleh jawaban yang responsif dan sesuai dengan apa yang telah diatur sebelumnya.

2. Efisiensi Waktu untuk FAQ

chatbot whatsapp
Sumber: freepik.com

Frequently asked question, adalah sederet pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan menjadi dasar respon yang diberikan chatbot pada pelanggan. Dengan memformulasikan FAQ yang tepat, maka efisiensi waktu untuk persoalan umum yang ditemui pelanggan dapat ditingkatkan.

Karena balasan yang disediakan sudah diatur sebelumnya, maka ketika terdapat kata kunci yang terdeteksi chatbot akan memberikan respon dan jawaban untuk masalah tersebut.

3. Dari Segi Biaya, Lebih Hemat

Mengapa? Sebab sebagian besar layanan pelanggan yang tersedia akan dikerjakan oleh chatbot. Untuk pertanyaan yang sering ditanyakan, layanan ini sangat membantu. Baru kemudian untuk isu yang lebih sulit, staf atau bagian layanan pelanggan dapat turun tangan dan menyelesaikannya.

Setidaknya Anda tak perlu mengalokasikan sumber daya yang berjumlah banyak untuk urusan standby dalam merespon feedback pelanggan. Dari segi pengeluaran operasional, hal ini adalah bentuk efisiensi.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

chatbot whatsapp
Sumber: freepik.com

Jelas, dengan respon yang cepat dan keluhan yang terjawab, pelanggan akan menjadi jauh lebih puas. Pelanggan tak lagi perlu menunggu balasan lama dari layanan pelanggan yang mungkin saja sibuk mengurus feedback lain dari banyak pelanggan yang ada.

Meski terdapat batasan yang jelas pada respon yang diberikan chatbot WhatsApp, namun hal ini dapat sangat membantu menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi.

5. Potensi Meningkatkan Penjualan

Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan maka tentu potensi peningkatan penjualan akan muncul. Semakin puas pelanggan pada layanan yang diberikan, maka semakin besar pula potensi pembelian ulang pada produk yang Anda berikan.

Bahkan melalui chatbot Anda juga dapat menawarkan katalog produk menggunakan fitur lain yang masih terkait, yakni robot marketing.

6. Mengumpulkan Data Pelanggan

chatbot whatsapp
Sumber: freepik.com

Karena sifat komunikasi yang dilakukan melalui WhatsApp, maka secara langsung chatbot juga dapat membantu bisnis Anda dalam mengumpulkan data pelanggan. Seperti yang Anda pahami dengan baik, data pelanggan sangat penting untuk riset dan memformulasikan langkah pemasaran dan pengembangan produk yang dilakukan bisnis, agar semakin sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan.

Dengan komunikasi yang terjalin dengan akun WhatsApp milik pelanggan, chatbot WhatsApp dapat membantu Anda dalam urusan mengumpulkan datanya.

7. Tanpa Perlu Pemasangan Aplikasi Tambahan

Pada dasarnya, chatbot ini merupakan salah satu fitur yang dimiliki WhatsApp untuk akun bisnis yang digunakan pada banyak perusahaan atau bisnis kekinian. Maka dari itu, Anda sebagai  pengguna akun bisnis WhatsApp tidak lagi perlu melakukan instalasi perangkat lunak tambahan apapun.

Anda tinggal melakukan pembuatan chatbot, mengaturnya sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan Anda, dan selesai, Anda akan memiliki chatbot untuk bisnis.

8. Penggunaan Chatbot WhatsApp yang Fleksibel

chatbot whatsapp
Sumber: freepik.com

Fitur ini tidak hanya dapat digunakan pada perangkat komputer atau laptop kantor saja, namun juga dapat digunakan pada perangkat seluler. Hal ini meningkatkan fleksibilitasnya sehingga jadi opsi yang diambil oleh banyak pemilik bisnis.

Dengan penggunaan yang fleksibel, monitoring kinerja chatbot dan follow-up yang dilakukan layanan pelanggan Anda bisa dilakukan dengan mudah.

9. Lebih Dekat dengan Pasar Generasi Milenial

Generasi ini menjadi ‘penghuni’ pasar terbesar yang ada di era sekarang. Maka penting untuk bisnis Anda menggunakan kanal komunikasi yang juga digunakan oleh generasi tersebut. WhatsApp, telah terbukti sebagai salah satu aplikasi dan kanal yang paling banyak digunakan di dunia.

Dengan semakin dekatnya Anda dengan pasar yang Anda sasar, maka potensi konversi leads menjadi penjualan akan semakin tinggi.

10. Efek Jangka Panjang, pada Branding dan Trust Building

chatbot whatsapp
Sumber: freepik.com

Layanan pelanggan yang memuaskan dan memberikan pengalaman baik pada pelanggan, akan sangat baik efeknya untuk jangka panjang. Upaya branding akan menjadi semakin mudah dilakukan ketika citra baik telah tertanam di benak pelanggan Anda.

Di sisi lain, proses trust building juga akan terbentuk seiring berjalannya waktu, dan menjadikan brand yang Anda miliki semakin kuat di pasar.

Baca Juga: Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan 

Semua kemudahan ini bisa Anda peroleh dengan menggunakan chatbot WhatsApp yang dikelola oleh produk Verihubs, Veriflow. Dengan alur yang jelas dan ringkas, chatbot yang Anda perlukan untuk bisnis dapat segera dibuat dan beroperasi sesuai dengan keperluan bisnis Anda. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan penjelasan lengkap mengenai produk terbaru Verihubs ini!