Berkenalan dengan Sistem Identity Access Management, Simak di Sini!

identity accesss management

Server perusahaan, menjadi salah satu hal yang wajib dijaga keamanannya dengan berbagai metode proteksi yang tersedia saat ini. Salah satu metode yang banyak digunakan disebut dengan identity access management, atau awam disingkat IAM.

Sebagai penyedia sebuah layanan digital, pemahaman pada konsep IAM ini sendiri penting. Terlebih jika data yang Anda kelola adalah data-data berharga dengan nilai yang besar, maka proteksi seperti ini juga wajib diketahui dan dipertimbangkan penggunaannya.

Baca Juga: Optimasi Metode Age Verification pada Sistem Digital Anda

Pertama, Mengenal Apa Itu IAM

identity accesss management

Sumber: freepik.com

Identity access management merupakan proses melakukan identifikasi, pelacakan, kontrol, dan pengelolaan hak akses user pada sistem informasi yang disediakan oleh perusahaan. Dengan demikian, setiap aktivitas yang terjadi dan berkaitan dengan server dapat dipantau dengan baik.

Sistem yang digunakan pada IAM sendiri termasuk pada metode sign on, two-factor authentication, multifactor authentication, hingga bahkan pengelolaan akses pada user tertentu yang telah ditentukan.

Kemampuan untuk menyimpan identitas dan data profil dengan aman jadi andalan, termasuk di dalamnya data sensitif seperti milik pemerintah.

Apa Fungsinya?

identity accesss management

Sumber: freepik.com

Jika dilihat secara mendasar, fungsi dari IAM sendiri adalah memberikan proteksi dan meningkatkan keamanan data milik atau yang dikelola perusahaan dari akses yang tidak diinginkan. Hal ini sebagai langkah preventif pada ancaman cybercrime yang semakin canggih, dan ganas belakangan ini.

Pengecekan identitas secara otomatis dengan akurasi yang tinggi membantu proses kontrol akses granular dan audit semua aset perusahaan. Hal ini berlaku pada sistem on-premise atau model proteksi cloud, selama Anda memiliki partner penyedia layanan IAM yang handal.

Dukungan dari teknologi kecerdasan buatan pada metode autentikasinya membuat sistem dapat mengenali dengan akurat, cepat, dan efektif, pada setiap user yang mengajukan akses masuk. Bahkan, Anda dapat mengkombinasikannya dengan fitur biometrik sebagai upaya proteksi tambahan.

Cara Kerja Identity Access Management secara Umum

identity accesss management

Sumber: freepik.com

Tentu setiap penyedia jasa atau layanan identity access management akan memiliki cara kerja dan metodenya masing-masing. Namun demikian secara umum, cara kerja sistem IAM sendiri akan terbagi menjadi dua tugas utama, yakni authentication dan authorization.

Penjelasan lebih lengkapnya dapat Anda cermati pada dua poin di bawah ini.

Proses Authentication

Tahap ini IAM akan melakukan konfirmasi bahwa seorang user, perangkat lunak, atau hardware yang terhubung adalah entitas yang memiliki izin. Hal ini dilakukan dengan proses autentikasi kredensial pada database yang terhubung dengan sistem.

Konfirmasi langsung dilakukan pada ‘identitas’ dari entitas yang mengakses sistem yang dipasangkan IAM. Jika dilihat, sebenarnya teknologi IAM ini jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan konfirmasi menggunakan username dan password, sebab bagaimanapun juga kombinasi dua hal tersebut bisa dicuri atau dibajak, sedangkan IAM yang terhubung dengan fitur biometrik memiliki perlindungan akses yang sangat ketat.

Proses Otorisasi

Di tahap ini, IAM akan melakukan manajemen akses identitas dengan memberikan tingkat akses yang sesuai dengan kredensial yang dimiliki user. Alih-alih memberikan akses berdasarkan username dan password, sistem ini dapat memberikan akses dengan kategorisasi yang lebih baik.

Mulai dari editor, penampil, hingga pemberi komentar pada sistem manajemen sebuah konten. Salah satu sistem yang telah menggunakan IAM ini dalam hal kategorisasi akses adalah Google Docs,

Penerapannya dalam Dunia Riil

identity accesss management

Sumber: freepik.com

Secara umum, sistem identity access management sendiri sudah banyak diterapkan di banyak sektor industri. Mulai dari sektor industri kesehatan, pendidikan, pengelolaan data pemerintah, bisnis, keamanan, dan lain sebagainya.

Penerapan ini memiliki bentuk yang beragam, namun tetap terdapat satu benang merah yang digunakan, yakni penggunaan identitas sebagai acuan utama dalam pemberian akses pada user yang telah dikenali sistem.

Dalam Industri Perbankan

Industri perbankan menjadi salah satu industri strategis yang menerapkan sistem identity access management secara optimal. Dahulu, akses yang diberikan pada akan akan didasarkan pada kombinasi password dan username.

Lambat laun hal ini berubah menggunakan acuan data biometrik yang dimiliki user, baik dalam bentuk ciri biometrik, atau bahkan menggunakan konfirmasi identitas pada kartu identitas yang dimiliki. Dengan begini, proteksi akses benar-benar secara eksklusif dimiliki user, karena kunci yang ada hanya dipegang olehnya saja.

Pengelolaan Data Strategis

Pengelolaan data strategi di berbagai bidang juga telah menggunakan metode ini untuk turut melindunginya. Pada tahap awal, user akan dimintai identitas lengkap menggunakan fitur pemindaian pada ciri biometrik atau penggunaan OCR untuk kartu identitas yang dimiliki.

Setelah itu, penggolongan akses akan diberikan berdasarkan identitas tersebut. Nantinya, akses pada data tertentu hanya akan dimiliki oleh orang yang dianggap memiliki kualifikasi atau kredensial yang cocok dengan peruntukan data.

Kembali lagi, identitas dari user akan jadi acuan utama membuka akses, bukan sekedar kombinasi username dan password.

Baca Juga: 5 Ancaman yang Muncul dari Identity Fraud, Simak di Sini! 

Dalam mendukung penyediaan metode proteksi IAM ini, idealnya Anda memiliki  metode verifikasi dan autentikasi yang solid. Pada penggunaan kartu identitas dalam mengkonfirmasi dan menghimpun data misalnya, Identity Verification dari Verihubs akan menjadi pilihan yang tepat.

Mengapa Verihubs?

Sebab Verihubs dikenal luas menyediakan sistem dan produk verifikasi handal untuk berbagai sektor bisnis. Integrasi yang mudah dengan sistem perusahaan membuat fleksibilitas Verihubs dapat adaptif pada sektor yang Anda geluti, sehingga penerapan identity access management untuk sistem Anda memiliki acuan data yang solid. Praktis, cepat, dan akurat, produk dari Verihubs ini dijamin akan memberikan berbagai kemudahan untuk bisnis Anda! Hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi produk dan penggunaannya di bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar