5 Tips Memilih Identity Verification Platform Tepat

identity verification platform

Berkutat dengan jutaan data pelanggan setiap hari, tidak sedikit bisnis yang membutuhkan platform verifikasi identitas atau identity verification platform untuk memudahkan pekerjaannya terkait pelanggan. Pemilihan platform ini harus tepat, agar dapat membantu pekerjaan perusahaan dengan optimal sesuai peruntukannya.

Tapi jika dilihat, platform mana yang terbaik?

Sebelum masuk pada rekomendasi platform terbaik untuk urusan verifikasi identitas, terlebih dahulu mari pahami mengenai pengertian dan fitur umum yang idealnya dimiliki oleh penyedia produk dan layanan terbaik di bidang ini.

Baca Juga: Manfaat Teknologi Verifikasi Identitas KTP untuk Bisnis Anda

Apa Itu Identity Verification Platform?

identity verification platform
Sumber: freepik.com

Identity verification platform adalah sebuah platform yang dapat membantu perusahaan Anda untuk mengenal user dengan lebih baik, melalui identitas yang dimiliki user. Identitas yang dimiliki user ini kemudian akan diverifikasi dengan metode tertentu, sehingga dapat dipastikan identitas asli dan merupakan user asli.

Mengapa demikian?

Sebab tak sedikit orang yang melakukan pemalsuan identitas demi keuntungan pribadi, atau tujuan lain yang dapat merugikan perusahaan. Maka dari itu, verifikasi identitas user yang dimiliki pelanggan Anda wajib dilakukan agar semua user terdata dengan baik dan layanan dapat disajikan secara optimal.

Fitur Apa Saja yang Idealnya Dimiliki Platform Seperti Ini?

identity verification platform
Sumber: freepik.com

Platform ini jelas harus menyajikan berbagai fitur yang secara ideal dapat digunakan perusahaan Anda dalam melakukan verifikasi data user. Beberapa fitur yang paling utama adalah verifikasi biometrik, verifikasi identitas, verifikasi nomor telepon, dna verifikasi bisnis.

Verifikasi Biometrik

Verifikasi biometrik artinya platform dapat membantu Anda melakukan pengecekan kesesuaian identitas user dengan database melalui ciri biometrik yang dimiliki. Dapat berupa sidik jari, pengenalan wajah, dan berbagai jenis biometrik lainnya.

Dengan fitur ini, sistem yang Anda miliki dapat melakukan verifikasi dengan akurat, sebab data biometrik jadi salah satu jenis data yang sulit sekali untuk dipalsukan atau ditirukan. Sistem dapat mengenali dengan mudah mana ciri biometrik asli dan tiruan, berkat bantuan AI yang dilibatkan di dalamnya.

Verifikasi Identitas

Verifikasi identitas dilakukan dengan pengecekan silang antara data yang dimasukkan oleh user, yakni data dirinya dengan KTP atau dokumen sejenis, pada database yang memiliki arsip lengkap pada data diri masyarakat.

Validitas dari proses ini akan mudah dinilai karena platform yang ideal akan dapat melakukan verifikasi identitas user dengan database yang solid, sehingga akurasinya bisa mencapai 100%.

Verifikasi ini dapat didukung dengan kemudahan melakukan input data dengan fitur OCR. Dengan fitur ini, user hanya perlu melakukan pemindaian pada kartu identitasnya, dan secara otomatis data yang diperlukan akan masuk pada formulir yang disediakan.

Verifikasi Nomor Telepon

Ketiga adalah verifikasi nomor telepon. Seperti yang Anda pahami benar, setiap orang saat ini pasti memiliki nomor telepon yang dapat dihubungi untuk berbagai keperluan. Sifatnya personal, dan tidak bisa digandakan, sehingga cocok untuk menjadi media verifikasi identitas seseorang.

Verifikasi yang dilakukan dapat melalui dua cara, yakni dengan SMS Global OTP, atau dengan WhatsApp Global OTP. Kedua cara ini akan mengirimkan OTP pada nomor telepon yang dimasukkan, melalui pesan singkat atau pesan di WhatsApp.

OTP hanya berlaku beberapa menit dan bersifat unik, sehingga hanya pemegang nomor telepon atau akun WhatsApp saja yang dapat menerimanya.

Verifikasi Bisnis

Verifikasi keempat ini penting untuk melakukan kerjasama bisnis dengan perusahaan lain. Secara sederhana, validitas sebuah bisnis dapat dilihat dari sertifikat yang dimilikinya, dan dokumen legal yang lain.

Company check dapat membantu Anda untuk meningkatkan keamanan bisnis menggunakan teknologi informasi dengan sumber data yang terpercaya, sehingga dapat mengurangi risiko kejahatan yang mungkin muncul dari calon rekan bisnis Anda.

5 Tips Memiliki Identity Verification Platform

identity verification platform
Sumber: freepik.com

Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat akan memiliki identity verification platform yang tepat. Platform verifikasi terbaik, selalu akan menyediakan beberapa poin penting di bawah ini.

  1. Sistem yang solid, dapat dipastikan setiap platform verifikasi identitas memiliki sistem yang solid. Artinya, sistem yang dimiliki benar-benar aman, akurat, dan memiliki akses pada sumber database yang terpercaya.
  2. Fitur yang lengkap, memiliki fitur lengkap jadi poin selanjutnya yang harus dicermati. Dengan fitur lengkap ini, Anda dapat menggunakan ragam opsi paling tepat untuk keperluan bisnis Anda.
  3. Operasional yang mudah, tidak hanya untuk sistem yang Anda miliki, namun juga untuk user yang akan menggunakan platform tersebut. Operasional yang mudah dan interface yang ramah pengguna akan meningkatkan pengalaman penggunaan.
  4. Akurasi data yang terjamin, operasional yang mudah seperti yang disebutkan di atas tidak kemudian mengesampingkan akurasi data yang dimiliki platform verifikasi identitas tersebut. Keduanya harus berjalan berdampingan.
  5. Fleksibilitas pengaplikasian, pastikan platform yang Anda gunakan fleksibel dan mudah diadaptasi untuk berbagai keperluan verifikasi. Dengan demikian, Anda tak perlu menggunakan banyak platform verifikasi identitas untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Pentingnya Data Dukcapil untuk Proses Verifikasi Online Bisnis Fintech 

Memilih identity verification platform yang tepat memang perlu ketelitian. Namun kini, Anda dapat dengan mudah menemukan pilihan tepat, dengan hadirnya Verihubs.

Verihubs, Identity Verification Platform Handal di Indonesia

Dengan ragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan, Verihubs hadir sebagai salah satu identity verification platform handal untuk perusahaan Anda. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan operasional yang mudah, membuat user Anda menjadi lebih nyaman tanpa mengurangi kualitas akurasi pencocokan data. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan