Manfaat Teknologi Verifikasi Identitas KTP untuk Bisnis Anda

verifikasi identitas ktp

Dalam rangka meningkatkan keamanan data yang dimiliki sebuah bisnis, memiliki metode verifikasi identitas KTP yang akurat dan solid menjadi hal yang wajib. Hal ini akan terkait secara langsung dengan database yang dimiliki perusahaan atas setiap karyawan yang ada di dalamnya.

Namun bukankah terkait identitas sendiri dapat dengan mudah diketahui melalui informasi yang diberikan oleh karyawan ketika rekrutmen?

Secara sederhana, ya. Namun secara lebih relevan, data yang ada di KTP secara langsung merupakan data yang dapat dilacak dengan mudah melalui sistem legal. Perusahaan kemudian dapat mengetahui informasi lebih jauh mengenai karyawan di setiap level, sehingga banyak persoalan dapat diselesaikan lebih mudah.

Untuk mengetahui alasan mengapa perusahaan memerlukan teknologi verifikasi identitas dengan KTP, Anda bisa simak di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Identitas Digital pada Konteks Kekinian, Simak di Sini!

1. Proses Verifikasi Karyawan Lebih Cepat

verifikasi identitas ktp
Sumber: freepik.com

Untuk memastikan data yang disetorkan karyawan terkait dirinya adalah benar, Anda bisa memanfaatkan teknologi verifikasi identitas KTP yang terhubung langsung dengan database milik DUKCAPIL. Dengan demikian, verifikasi akan berjalan dengan akurat, karena database milik pemerintah ini benar-benar solid.

Dengan metode verifikasi ini, maka hasil akan diperoleh dalam waktu yang singkat tanpa harus mengorbankan akurasi data yang dicek secara langsung. Proses pendataan karyawan berjalan cepat dan efektif, dan database perusahaan juga akan tersusun lebih rapi.

Pada proses selanjutnya, verifikasi karyawan untuk melakukan presensi juga dapat dipermudah menggunakan metode ini. Sangat bermanfaat bukan?

2. Verifikasi Identitas KTP Mencegah Duplikasi Akun

Ketika setiap karyawan memiliki akun untuk masuk ke dalam sistem perusahaan, tentu ada tanggung jawab besar di dalamnya. Karyawan akan bertanggung jawab atas akses yang dimiliki, dan informasi yang bisa diperoleh dengan akun tersebut.

Verifikasi identitas KTP menjadi salah satu upaya efektif untuk mencegah adanya duplikasi akun, karena pada dasarnya satu KTP yang dimiliki karyawan hanya akan bisa digunakan untuk membuat dan mengakses satu akun saja.

Dengan demikian, upaya duplikasi akun akan sangat sulit dilakukan. Duplikasi akun ini biasanya dimanfaatkan untuk melakukan tindakan merugikan untuk perusahaan, dan karyawan terkait.

3. Mengurangi Risiko Pencurian Data

verifikasi identitas ktp
Sumber: freepik.com

Disamping manfaatnya untuk menghindari risiko duplikasi akun, verifikasi data diri dengan KTP juga dapat membantu Anda mengurangi risiko pencurian data dari perusahaan. Hal ini bisa terjadi ketika karyawan yang memiliki akses pada data tertentu memutuskan melakukan pengambilan data secara ilegal, dan menyalahi prosedur yang ditetapkan untuk kepentingan pribadi.

Sistem perusahaan yang telah menggunakan model serba elektronik dan digital akan dapat mendeteksi akun siapa yang terakhir kali mengakses data, dan memberikan perlakuan pada data tertentu. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak beres, Anda bisa segera melakukan pengecekan pada pemilik akun terkait.

Pencurian data dapat segera ditindak, dan idealnya tidak akan terulang di masa mendatang sebab sanksi yang diberikan atas hal ini cenderung tegas.

4. Mendeteksi Adanya Catatan Kejahatan

Verifikasi identitas ini juga dapat membantu Anda melihat catatan kriminal yang dimiliki oleh karyawan atau calon karyawan. Data-data ini dapat terhubung dengan database milik pihak terkait secara legal, dengan sistem tertentu.

Dengan demikian Anda bisa melihat secara jelas apakah ada catatan kriminal yang dimiliki orang tersebut. Jika ada, apakah catatan ini akan berdampak pada penilaian Anda terhadap orang tersebut, dan apakah hal ini bisa mempengaruhi keputusan yang diambil.

Memang manfaat ini tidak terlalu sering digunakan sebab idealnya seorang yang melamar kerja akan menyertakan surat keterangan dari pihak kepolisian. Namun tidak ada salahnya untuk menjadi lebih tahu bukan?

5. Database Kuat dengan Verifikasi Identitas KTP

verifikasi identitas ktp
Sumber: freepik.com

Salah satu manfaat utama dari metode verifikasi identitas KTP adalah membuat perusahaan memiliki database yang solid berdasarkan data yang disetorkan oleh karyawan. Seperti yang Anda pahami, database akan menopang banyak fungsi di dalam perusahaan, salah satunya pengelolaan SDM yang dimiliki.

Bermodalkan database yang kuat dan informasi valid, setiap catatan terkait karyawan dapat diproses dengan cepat. Terkait pencapaian individu, informasi penting yang dimiliki karyawan, akses masuk yang diberikan pada lokasi-lokasi tertentu, baik digital maupun lokasi secara fisik, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, perusahaan dengan database yang kuat dan terlindung mampu mengoptimalkan SDM yang dimilikinya secara teknis. Hal ini akan memperkuat perusahaan, dan mampu mengembangkan karyawan yang ada di dalamnya secara optimal.

Baca Juga: Mengenal Metode Verifikasi Identitas Biometrik, Proteksi Maksimal pada Akses User 

Penerapan verifikasi identitas KTP ini juga wajib dilakukan dengan sistem atau produk verifikasi yang memiliki jaminan kualitas. Terlebih data yang disetorkan melalui KTP adalah data pribadi milik karyawan, yang wajib dilindungi setiap saat.

Lalu Apa Jawaban atas Kebutuhan Produk Verifikasi Ini?

Verihubs, menjadi salah satu produk verifikasi terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Telah bekerjasama dengan berbagai brand dan perusahaan besar dalam membantu proses verifikasi yang diperlukan, Verihubs menyediakan produk Identity Verification dengan OCR for ID Card untuk input data, dan ID Check untuk memastikan validitas data. Dengan demikian semua proses verifikasi identitas KTP bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai penawaran menarik untuk produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan