Perhatikan! Ini 5 Cara Tepat Memilih Identity Verification Service

identity verification service

Anda ingin menjaga keamanan perusahaan Anda, dan ingin membuat pelanggan Anda senang dan lebih tenang melakukan transaksi? Pastikan Anda memilih identity verification service yang paling tepat.

Perlu dipahami, jika pelanggan Anda mempercayai bisnis Anda, maka kemungkinan besar mereka akan merasa aman berbisnis dengan Anda dan mereka akan terus kembali. Tentunya, hal ini yang diinginkan oleh setiap bisnis, termasuk Anda, bukan?

Lantas, kenapa identity verification service itu penting?

Tidak adanya verifikasi identitas online pada customer onboarding, atau bahkan pada tingkat transaksi, kira-kira masalah apa yang dapat terjadi? Kemudian, jika Anda tidak tahu siapa pelanggan Anda, atau lebih tepatnya Anda tidak dapat percaya bahwa mereka adalah seperti yang mereka katakan, lalu bagaimana Anda bisa percaya bahwa tindakan mereka jujur? Dan bagaimana Anda bisa yakin bahwa tidak ada orang lain yang mengalami kerugian karena kurangnya keamanan di pihak Anda?

Ingat, sangat penting untuk memiliki hubungan yang transparan dengan pelanggan dan pengguna Anda sejak awal.

Bagaimana Identity Verification Dapat Memengaruhi Pengalaman Pelanggan?

identity verification service
Sumber: Freepik

Sebagian pebisnis mungkin bertanya, bagaimana verifikasi identitas dapat memengaruhi pengalaman pengguna? Di sinilah Anda benar-benar menguji penyedia identity verification service. Seharusnya, proses verifikasi identitas tidak menjadi rintangan bagi pelanggan yang ingin mendaftar dan tidak boleh merugikan pelanggan Anda yang sudah merasa puas.

Salah satu celah terbesar keamanan siber ada pada proses dan alat yang berhubungan dengan identitas digital. Seringnya, pengguna yang terkena serangan kejahatan siber adalah mereka yang tidak menerapkan otentikasi multifaktor dan otentikasi akun administrasi yang kuat. Beberapa bahkan tanpa sadar menerapkan proses yang sangat mudah ditembus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Sebenarnya perusahaan juga punya andil dalam menyebabkan permasalahan tersebut, karena masih banyak ditemukan perusahaan yang menggunakan sistem keamanan kuno.

Verifikasi identitas digital dinilai dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus acquisition rate. Ada beberapa hal yang menyebabkan proses verifikasi dapat mempengaruhi pengalaman pelanggan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Seamless Onboarding: saat ini pelanggan telah terbiasa untuk berbagi informasi dalam berbagai proses, seperti pembuatan akun atau bertransaksi. Namun, seringnya hal ini sangat menyita waktu dan tenaga. Nah, untuk menyederhanakan proses, biasanya situs hanya akan menanyakan pertanyaan yang dibutuhkan saja. Padahal, sebenarnya hal ini hanya menyingkat waktu tanpa memberikan efisiensi.  Seluruh proses itu bisa disederhanakan dengan verifikasi identitas digital. Sistem akan merekam informasi yang disampaikan pelanggan, dan nantinya mereka bisa memilih kepada siapa saja informasi tersebut dibagikan.
  • Meminimalkan Risiko Serangan Keamanan Siber: pada saat karyawan bekerja dari luar kantor, maka otomatis jaringan yang digunakan perusahaan lebih rentan terekspos serangan dari luar. Kebanyakan perusahaan masih mengandalkan penggunaan password, padahal sebenarnya hal itu bisa menimbulkan risiko, terutama bagi perusahaan yang profil pelanggannya memiliki data sensitif. Terlebih lagi, masih banyak pengguna yang menggunakan password lemah. Bahkan, tidak jarang ditemukan juga pengguna yang menggunakan satu password untuk semua akun digitalnya. Dengan identitas digital, maka risiko tersebut dapat diminimalkan, sebab identitas digital memiliki proses verifikasi khusus. Dengan minimnya risiko kejahatan siber, maka pengalaman pengguna akan jadi lebih baik. Secara paralel, hal ini juga akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Identity Verification Platform Tepat

Cara Memilih Identity Verification Service yang Tepat

identity verification service
Sumber: Freepik

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat akan memiliki identity verification service yang tepat. Pada umumnya, platform verifikasi terbaik akan selalu menyediakan beberapa poin penting di bawah ini:

  1. Sistem yang solid: sistem yang dimiliki benar-benar aman, akurat, dan juga memiliki akses pada sumber database yang terpercaya.
  2. Fitur yang lengkap: dengan adanya fitur lengkap ini, maka Anda dapat menggunakan ragam opsi paling tepat untuk keperluan bisnis Anda.
  3. Operasional yang mudah: tidak hanya untuk sistem yang Anda miliki saja, namun juga untuk user yang akan menggunakan identity verification service tersebut. Operasional yang mudah dan interface yang ramah pengguna tentunya akan meningkatkan pengalaman penggunaan.
  4. Akurasi data yang terjamin: operasional yang mudah seperti yang disebutkan di atas bukan berarti mengabaikan akurasi data yang dimiliki identity verification service tersebut. Namun, keduanya harus berjalan berdampingan.
  5. Fleksibel dalam pengaplikasiannya: pastikan identity verification service yang Anda gunakan fleksibel dan mudah diadaptasi untuk berbagai keperluan verifikasi. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak platform verifikasi identitas untuk berbagai keperluan.

Baca juga: Cek Keaslian Identitas Pelanggan, Teknologi Identity Check Solusinya

Verihubs, Identity Verification Service yang Handal di Indonesia

Dengan berbagai macam fitur dan kemudahan yang ditawarkan, Verihubs hadir sebagai salah satu identity verification service handal untuk perusahaan dan bisnis Anda. Verihubs dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan operasional yang mudah, sehingga akan membuat user Anda menjadi lebih nyaman tanpa mengurangi kualitas akurasi pencocokan data.

Langsung saja, hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs sekarang, dan dapatkan informasi selengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar