5 Alasan Melakukan Deteksi Wajah Customer pada Bisnis

identifikasi wajah customer

Menjadi salah satu ciri biometrik yang kompleks dan unik, wajah seseorang dapat menjadi ‘kunci’ akses untuk banyak ‘pintu’ yang ada saat ini. Pengamanan akun yang dilengkapi dengan fitur deteksi wajah customer menjadi penting, mengingat upaya pembobolan dan pembajakan akun juga kian marak.

Sebagai seorang pengusaha, penting bagi Anda untuk memahami mengapa penerapan metode verifikasi ini sangat krusial. Dengan proteksi yang kuat, seperti data biometrik dari wajah, maka akun yang dimiliki customer cenderung akan semakin aman.

Baca Juga: Sistem Pendeteksi Wajah Online Paling Unggul dari Verihubs

Mari Kita Simak Sederet Alasan Mengapa Hal Ini Menjadi Penting

identifikasi wajah customer

Sumber: freepik.com

Jika ditelisik lebih dalam, sedikitnya terdapat lima alasan mengapa deteksi wajah customer menjadi penting dalam proses verifikasi atau identifikasi pelanggan yang akan menggunakan layanan dan melakukan transaksi.

Selengkapnya, dalam poin singkat berikut ini.

1. Melindungi dari Spoofing

Deteksi wajah customer yang diperkuat dengan liveness detection atau pendeteksi kehidupan dapat membantu pelanggan dan sistem mengurangi serangan yang mungkin terjadi pada akun. Di waktu yang sama ini artinya perlindungan pada upaya spoofing akan dapat ditingkatkan.

Akun dan akses yang dimiliki pelanggan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai risiko keamanan. Potensi pembobolan akun dapat ditekan, sistem perusahaan dan user merasa lebih aman dalam beraktivitas.

2. Proteksi dan Perlindungan yang Meningkat

Proteksi yang diberikan pada akun dan aksesnya akan menjadi lebih baik, sebab akun hanya akan diakses dengan konfirmasi menggunakan data biometrik wajah saja. Profil wajah memiliki karakter yang unik, dan tidak dapat diduplikasi.

Dari sisi sistem yang Anda miliki, pengecekan dari hasil deteksi wajah juga dapat membantu memastikan data yang dimasukkan oleh user adalah data yang benar, sehingga akses dapat diberikan ke orang yang tepat.

3. Pengenalan Wajah Akurat

Deteksi wajah customer yang didukung dengan liveness detection dapat membantu sistem mengenali user yang sedang melakukan aktivitas dan meminta akses pada akun yang dimiliki. Dengan demikian, sistem tidak akan mudah dikelabui, bahkan ketika seorang menggunakan deepfake sekalipun.

Sistem dapat mengenali dan mendeteksi wajah asli, dan memproses datanya. Sebaliknya ketika wajah yang disajikan palsu atau tiruan, sistem juga akan menghentikan transaksi dan menolak akses yang diminta.

4. Deteksi Wajah Customer Terus Berkembang

Teknologi untuk mendeteksi wajah customer ini sendiri terus berkembang, dan belajar untuk dapat mengenali wajah user riil dan mengenali citra tiruan. Ketika dihubungkan dengan teknologi AI, proses belajar akan terus terjadi selama teknologi ini dikembangkan.

Anda hanya perlu melakukan update pada sistem yang digunakan, sehingga teknologi yang Anda miliki terus relevan hingga waktu yang lama.

5. Memberikan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Dalam melakukan verifikasi, user tentu ingin semua proses berjalan cepat tanpa mengesampingkan akurasi data. Maka dengan teknologi ini, Anda dapat memberikan hal tersebut pada pelanggan setia Anda. User experience yang lebih baik akan meningkatkan kenyamanan pengguna, dan akhirnya berujung pada loyalitas dari pelanggan Anda.

Proses Deteksi Wajah dan Verifikasinya

identifikasi wajah customer

Sumber: freepik.com

Nah untuk memahami proses deteksi wajah yang akan Anda gunakan ini, Anda dapat melihat penjelasannya secara umum di bawah ini. Meski disediakan oleh perusahaan berbeda, secara garis besar prosesnya hingga sampai ke tahap verifikasi adalah sebagai berikut.

  • Deteksi wajah, algoritma sistem akan menyoroti wajah yang ada di dalam citra yang ditangkap oleh pemindai atau yang dikirimkan oleh pelanggan Anda. Dengan cepat, sistem dapat membedakan bidang wajah dan bidang lain yang tidak terkait dengan kebutuhan deteksi ini.
  • Deteksi fitur wajah, algoritma akan menghitung titik antropometri wajah yang dimiliki user, yang dimasukkan pada tahap pertama tadi.
  • Normalisasi wajah, sistem pengenalan dan deteksi wajah kemudian melakukan transformasi gambar tambahan untuk menjadikan citra wajah seperti yang dibutuhkan oleh sistem. Gambar diubah sedemikian rupa agar jelas dan tampak ideal.
  • Ekstraksi fitur dan komputasi deskriptor, sistem kemudian akan menghitung deskriptor atau karakter wajah yang dimiliki oleh pelanggan. Data yang didapatkan kemudian dibandingkan dengan data yang dimiliki di database, untuk mendapatkan penilaian kecocokan antara dua data yang ada, data yang dimasukkan dan data yang telah tersimpan.
  • Verifikasi, yakni template digital yang dihasilkan akan dibandingkan dengan wajah-wajah yang dikenal dalam database untuk menyelesaikan proses identifikasi.

Proses ini berjalan demikian cepat, sehingga user atau customer sama sekali tidak merasa membuang waktunya untuk menunggu.

Baca Juga: Berkenalan dengan Teknologi Face Match, Pencocokan Wajah Akurat 

Jelas saja, produk deteksi wajah customer yang handal harus digunakan pada perusahaan yang Anda miliki guna mendukung optimalnya layanan bagi pelanggan. Untuk memperolehnya, Anda tak lagi perlu bingung karena Verihubs telah hadir untuk bisnis Anda.

Verihubs sendiri memiliki produk yang dapat membantu proses deteksi wajah customer hingga pada proses verifikasi. Mulai dari Biometric Verification, hingga teknologi OCR untuk memindai berkas seperti KTP. Dengan jangkar database yang valid, proses ini dapat berjalan cepat dan akurat, tanpa harus membutuhkan banyak waktu. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produknya sekarang!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!