Sistem Pendeteksi Wajah Online Paling Unggul dari Verihubs

pendeteksi wajah online

Merebaknya perkembangan teknologi yang semakin masif menjadi sesuatu yang patut disyukuri. Pasalnya, hal itu menandakan kemajuan peradaban umat manusia dalam menciptakan berbagai alat yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Termasuk adanya sistem pendeteksi wajah online yang canggih.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa perkembangan teknologi yang cukup pesat menawarkan berbagai kemudahan, membuat sesuatu yang mustahil menjadi mungkin, bahkan hal-hal yang tidak pernah dibayangkan sekali pun dapat terlaksana berkat kemajuan tersebut. 

Tren teknologi saat ini ditengarai lebih mengarah pada kecerdasan buatan atau yang populer dengan istilah artificial intelligence (AI). Istilah dan riset mengenai kecerdasan buatan ini sebetulnya sudah dikenal sejak tahun 1956 dan semakin populer dewasa ini berkat algoritma canggih, penyimpanan komputasi, hingga peningkatan daya.

Teknologi ini bahkan diklaim mampu untuk menggantikan beberapa pekerjaan atau profesi di masa depan. Betapa tidak, AI memungkinkan mesin untuk mengerjakan tugas layaknya manusia, karena konsep utama dari AI sendiri adalah teaching machine like human (mengajari mesin untuk bisa berperilaku seperti manusia).

Cabang dari AI yang saat ini banyak dipelajari adalah pembelajaran mendalam atau deep learning, di mana terobosan deep learning inilah yang membuat AI semakin populer karena implementasinya banyak digunakan hampir di semua lini industri. Deep learning juga mampu melatih komputer untuk mengerjakan pekerjaan manusia, seperti mengenali suara, mengidentifikasi gambar, bahkan membuat prediksi.

Sistem pendeteksi wajah online atau yang dikenal dengan istilah face recognition merupakan salah satu sistem implementasi deep learning yang dapat mengenal wajah secara spesifik dari gambar digital atau frame video. Tidak hanya wajah yang dapat dikenali, termasuk juga usia, keadaan emosional, hingga fitur-fitur wajah, dan lain sebagainya. 

Apa Itu Sistem Pendeteksi Wajah?

pendeteksi wajah online
Sumber: Freepik

Sistem pengenalan wajah dibangun berdasarkan pemodelan (pre-trained model), di mana ketika membuat sistem pengenalan seperti ini, maka konsep machine learning mengharuskan kita membuat pemodelan terlebih dahulu  sebelum menjadi sistem yang utuh.

Dalam kasus face recognition, pemodelan yang dibuat adalah pemodelan wajah. Sederhananya, mengajari komputer supaya dapat mengenali gambar dan karakteristik wajah untuk kemudian diintegrasikan dengan sistem database yang memuat berbagai data pemilik wajah. Wajah yang terdeteksi kemudian akan muncul berdasarkan pada sebuah ukuran dan orientasi dalam posisi tertentu.

Implementasi dari sistem face recognition ini dapat digunakan dalam ragam aplikasi, misalnya untuk sistem absensi, monitoring sistem pengunjung di pusat perbelanjaan dan di tempat-tempat keramaian, hingga untuk mengenali statistik perilaku konsumen bagi industri retail. Sistem ini tentunya dapat menggantikan kartu dan sidik jari untuk aplikasi absensi dan gate system karena dinilai lebih canggih dan praktis dalam segi penerapannya. 

Memangnya, Apa Manfaat dari Penerapan Sistem Pendeteksi Wajah Online?

Mari lihat kelebihan atau keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda menerapkan sistem pendeteksi wajah online pada perusahaan:

  • Keamanan menjadi lebih baik, di mana sistem deteksi wajah akan menambah taktik pengawasan dan menjadi dasar proses identifikasi teroris dan penjahat.
  • Sistem yang mudah diintegrasikan, karena sebagian besar solusi deteksi wajah kompatibel dengan perangkat lunak keamanan.
  • Proses identifikasi dapat dilakukan secara otomatis, sehingga meningkatkan efisiensi di samping tingkat akurasi yang tinggi.

Baca juga: 5 Tahapan dan Cara Kerja Facial Matching dan Fungsinya

Sistem Pendeteksi Wajah Online dari Verihubs

pendeteksi wajah online

Sistem pendeteksi wajah memang menjadi semakin umum di lingkungan online. Misalnya untuk memverifikasi identitas user yang masuk ke situs website dan aplikasi. Atau untuk mengautentikasi user saat mereka melakukan pembelian, serta untuk mengamankan informasi pribadi seperti kata sandi, dan lain sebagainya.

Sistem pendeteksi wajah online semakin berkembang, dan menjadi semakin akurat dari waktu ke waktu. Jadi, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk bisnis atau perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memilih Verihubs sebagai partner terbaik dan paling tepat.

Anda bisa memilih untuk menerapkan Face Recognition yang memiliki sederet keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Deteksi teknologi AI secara akurat, sehingga mampu membedakan antara seseorang dengan atau tanpa kacamata, masker, atau jilbab.
  • Gambar putar otomatis menjadi posisi yang benar.
  • Proses akan berlangsung secara real-time dan hanya dalam hitungan detik.
  • Proses touchless, yang terbukti lebih aman dan juga akurat.
  • Bisa dihubungkan dengan sumber data terpercaya, misalnya database pemerintahan untuk mendapatkan hasil yang lebih meyakinkan.

Baca juga: Intip Cara Kerja Absensi Face Recognition dan 5 Kelebihannya

Selain Face Recognition, Verihubs juga menawarkan beberapa fitur lain yang tidak kalah menarik. Untuk menghindari upaya penipuan identitas dengan mendeteksi wajah pengguna secara langsung, Anda bisa mengandalkan fitur Liveness Detection. Dengan fitur ini, maka Anda dapat mendeteksi objek di depan kamera secara akurat. Serta dapat memastikan objek tersebut merupakan identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto atau topeng.

Dapatkan informasi lebih detail mengenai verifikasi berbasis teknologi yang canggih dari Verihubs, langsung saja hubungi kontak layanan Verihubs dan jadwalkan demo secara GRATIS!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya