Verihubs, Rekomendasi Jasa OTP SMS Otomatis & Terpercaya!

jasa otp sms

OTP atau One-Time Password merupakan langkah dalam melakukan verifikasi keamanan. Salah satu jenis OTP yang sering digunakan adalah OTP SMS. Mari mengenal fungsi dan kegunaan OTP SMS ini lebih jauh, dan temukan jasa OTP SMS yang aman dan terpercaya untuk bisnis Anda.  

Apa itu OTP SMS?

Anda pasti sudah sering menggunakan kode OTP, tapi apa sebenarnya kode OTP itu? 

Sederhananya, One-Time Password atau OTP adalah metode autentikasi (proses membuktikan sesuatu secara autentik) dengan memasukan kode rahasia yang hanya berlaku satu kali. Biasanya, kode ini terdiri atas 6-8 nomor acak dan dikirim melalui SMS, email, atau bahkan token.

Bagi konsumen, kode OTP berfungsi untuk memberikan keamanan bagi data mereka. Di sisi lain, bagi penyelenggara bisnis, jasa OTP terpercaya dapat membantu memverifikasi pelanggan yang potensial. Selain itu, jasa tersebut akan memberikan rasa aman serta meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Metode OTP ada beberapa jenis, salah satunya adalah OTP SMS. OTP SMS adalah jenis OTP yang paling mudah dan juga populer. Seperti namanya, OTP SMS merupakan teknik autentikasi kode lewat layanan Short Message Service (SMS). 

Masa berlaku kode tersebut hanya sebentar, yaitu sekitar 1–2 menit, setelah itu kode akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi. Sifat dari kode OTP adalah rahasia jadi, pengguna tidak boleh membagikan kode ini kepada siapapun. Oleh sebab itu, kode OTP ini dapat menjadi kunci untuk mengakses data digital milik seseorang.  

Apa Kegunaan Jasa OTP SMS?

Anda telah tahu apa itu kode OTP, mungkin Anda juga bertanya jasa OTP buat apa? Baik konsumen maupun pelaku usaha dapat merasakan manfaatnya, terutama soal jaminan keamanan data pelanggan yang berdampak pada kredibilitas bisnis Anda. Supaya lebih paham, mari perhatikan kegunaan layanan OTP SMS berikut ini.

1. Melakukan Verifikasi Keamanan Pelanggan

Konsumen mungkin bertanya-tanya dimana bisa mendapatkan kode OTP? Umumnya, pelanggan bisa mendapatkannya ketika melakukan registrasi atau masuk ke dalam akun mereka di sebuah platform atau situs web.  

Kode inilah yang berguna sebagai fitur keamanan pada akun pelanggan. Kode ini akan memastikan bahwa pemilik akun lah yang masuk/registrasi ke dalam akun terkait, dan bukan orang lain.

Cara kerjanya hampir mirip dengan PIN, walaupun PIN dan OTP itu berbeda. PIN dapat Anda gunakan berkali-kali dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan, OTP cuma bisa digunakan satu kali dalam durasi yang singkat. Itulah alasannya penggunaan OTP dapat meningkatkan keamanan dalam melakukan registrasi atau login aplikasi. 

2. Meningkatkan Keamanan Ekstra dalam Bertransaksi

Sama halnya dengan ketika login atau registrasi, bertransaksi juga rawan akan kecurangan dari orang-orang tidak bertanggung jawab. Di sinilah, kode OTP akan bermanfaat untuk mencegah seseorang melakukan tindakan kejahatan siber (cybercrime). 

Anda bisa merasa aman melakukan transaksi, seperti jual-beli online, pinjaman online, hingga mobile banking bila sistem memfasilitasi keamanan  dengan jasa OTP SMS. Tentu saja, Anda harus bijak menggunakan OTP dengan tidak membagikan kode tersebut kepada sembarang orang.

3. Proteksi dari Aksi Phising

Phising adalah aksi membajak identitas digital seseorang. Kode OTP dapat mencegah terjadinya aksi tersebut. Pasalnya, si pembajak tidak akan bisa mengakses akun pemilik akun bila mereka tidak tahu kode OTP-nya. Bisa dibilang, OTP adalah salah satu lapisan keamanan untuk proteksi data Anda. 

4. Mengatur Ulang Password dengan Jasa OTP SMS

Mungkin saja Anda lupa password akun Anda, atau ada orang lain yang mengetahui password Anda sehingga berisiko melakukan tindakan kejahatan. 

Maka, Anda perlu mengatur ulang kata sandi Anda. OTP inilah yang memberikan keamanan serta jaminan bahwa Andalah yang sedang mengatur ulang password dan bukan peretas. Setelah itu, Anda dapat mengakses akun Anda secara aman dengan kata sandi yang baru. 

Baca Juga: Kenapa Kode OTP Tidak Masuk ke SMS? Ini 5 Penyebabnya!

5. Meningkat Engagement dengan Pelanggan

Fungsi yang satu ini akan bermanfaat bagi para pelaku usaha. Pelanggan akan lebih mempercayai bisnis Anda bila Anda memfasilitasi keamanan untuk data mereka. Selain itu, beberapa jasa OTP Indonesia juga memberikan akses lebih untuk mempermudah engagement dan brand awareness.

Verihubs adalah salah satu penyedia layanan tersebut.  Tidak hanya memberikan akses keamanan melalui SMS OTP, Verihubs juga memberikan Anda akses untuk mempromosikan bisnis Anda. Jadi, Anda bisa mempromosikan produk Anda melalui SMS. Tentunya, itu akan meningkatkan kesadaran konsumen akan produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur nama ID SMS dengan layanan Verihubs. Dengan begitu, bisnis Anda akan tampak lebih profesional dan lebih mudah dikenal secara luas. 

Bagaimana Cara Kerja Jasa OTP SMS?

Anda mungkin bertanya-tanya tentang cara kerja layanan OTP SMS ini, contohnya tentang berapa lama kode OTP terkirim ke pengguna. Cara kerja OTP SMS sebenarnya cukup sederhana. Ketika pengguna melakukan proses autentikasi, maka sistem secara otomatis akan mengirimkan SMS OTP dengan cepat. 

Bila layanan OTP memiliki sistem delivery yang cepat dan akurat, tentu pengguna akan merasa nyaman. Layanan Verihubs dapat menjamin kecepatan pengiriman OTP kepada pengguna.  

Lalu, apakah SMS OTP berbayar? Jawabannya adalah layanan OTP lewat SMS hampir mirip dengan SMS Masking. Artinya, layanan ini tentu berbayar, tetapi sistem biaya ditentukan berdasar jumlah SMS yang terkirim.

Anda perlu tahu bahwa sistem ini memang memiliki risiko kerugian bila SMS gagal terkirim karena nomor tujuan tidak aktif. 

Untungnya, Verihubs memiliki fitur yang bisa mendeteksi spam OTP pada nomor yang tidak aktif. Jadi, Anda bisa memutuskan OTP pada nomor yang tidak aktif sehingga tidak membuang biaya percuma. 

3 Penyebab Umum Jasa OTP SMS Tidak Dapat Mengirim Kode

Ada kalanya, kode OTP tidak dapat masuk melalui SMS dan akan mengganggu dalam proses autentikasi. Kenali tiga penyebab umum kode OTP tidak dapat terkirim lewat SMS di bawah ini!

1. Kesalahan Saat Memasukan Nomor

Penyebab pertama gagal kirim kode OTP adalah salah menginput nomor ponsel. Ketika Anda melakukan proses autentikasi, pastikan bahwa nomor yang Anda masukan sudah benar, dan masih aktif.

Jika Anda adalah pelaku usaha, Anda bisa memantau nomor yang melakukan spam OTP untuk menghentikan pengiriman kode OTP kepada nomor yang tidak aktif.

2. Terdapat Pemblokiran pada Panggilan atau Pesan

Penyebab selanjutnya adalah pengaturan ponsel untuk melakukan pemblokiran otomatis pada nomor-nomor yang tidak disimpan di ponsel. Pemblokiran tersebut bisa menjadi alasan kenapa kode OTP tidak masuk ke SMS.

Maka dari itu, Anda bisa mengecek kembali pengaturan ponsel. Pastikan Anda mengatur untuk bisa menerima panggilan atau pesan dari nomor yang tidak tersimpan. 

Baca Juga: OTP SMS dan OTP WhatsApp, Apa Beda Keduanya?

3. Terjadi Kendala pada Operator

Kendala yang terakhir biasanya terjadi karena koneksi internet. Koneksi yang buruk juga dapat menghambat pengiriman kode OTP. Oleh karena itu, periksa kembali koneksi Anda. Bila perlu, Anda bisa memuat ulang ponsel Anda dan menghapus cache aplikasi “Pesan” atau “Messenger”. 

Selain itu, server yang sedang dalam perawatan (maintenance) juga dapat menghambat pengiriman SMS. Anda perlu menunggu hingga proses maintenance selesai untuk dapat melewati kendala ini. 

Dapatkan Layanan Jasa OTP SMS Terjamin dengan Verihubs!

Berbagai manfaat SMS OTP yang dijelaskan di atas berpengaruh pada perkembangan dan peningkatan bisnis Anda di zaman teknologi canggih ini, lo. Verihubs memberikan solusi keamanan lewat layanan OTP SMS-nya bagi bisnis dan konsumen Anda. 

Dapatkan layanan phone verification number dengan akses SMS Global OTP. Nikmati fitur-fitur menarik, seperti:

  • Deteksi spam SMS OTP,
  • Delivery rate hingga 99% yang cepat dan akurat,
  • Kemudahan dalam penyampaian promosi, notifikasi, dan informasi kepada konsumen,
  • Kustomisasi ID pengirim untuk mengenalkan brand Anda, hingga
  • Akses pengiriman SMS secara Global ke lebih dari 100 negara.

Manfaatkan jasa OTP SMS Global Verihubs untuk membuka peluang bagi bisnis Anda untuk mendapat pelanggan baru dari berbagai negara serta menumbuhkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!