Kenapa Kode OTP Tidak Masuk ke SMS? Ini 5 Penyebabnya!

kenapa kode otp tidak masuk ke sms

Dalam rangka meningkatkan proteksi akses pada akun yang dimiliki, tak jarang penyedia layanan memberikan fitur OTP untuk melakukan login atau transaksi. Namun terkadang OTP yang dikirimkan gagal mencapai user. Sebagai penyelenggara layanan, Anda harus paham kenapa kode OTP tidak masuk ke SMS atau WhatsApp yang digunakan oleh user.

Artikel ini kemudian akan membahas satu per satu kemungkinan kendala dari OTP yang gagal masuk atau tidak diterima oleh user. Setidaknya dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menekan risiko tersebut dari sisi perusahaan, sehingga secara ideal ketika hal ini terjadi permasalahan bukan berasal dari penyedia layanan tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Kode OTP, Mana yang Paling Baik?

1. Pastikan Kartu SIM Aktif

kenapa kode otp tidak masuk ke sms
Sumber: freepik.com

Nomor seluler yang digunakan untuk mengirimkan kode OTP SMS wajib dipastikan dalam kondisi aktif. Sebab jika tidak, pengiriman dipastikan akan gagal karena nomor telepon yang dituju tidak dapat ditemukan oleh sistem.

Selalu pastikan nomor seluler atau nomor telepon user dalam keadaan aktif dan digunakan pada perangkat yang dimilikinya, sehingga kode OTP bisa segera diterima dan digunakan sebagaimana mestinya. Memang hal ini berada dalam kendali user, namun setidaknya ketika melakukan pendaftaran, sistem juga wajib memberikan peringatan akan hal tersebut.

Nomor telepon atau kartu SIM yang tidak aktif menjadi salah satu penyebab kenapa kode OTP tidak masuk SMS.

Cara mengatasinya tentu dengan memastikan bahwa nomor di dalam kartu SIM tersebut aktif dan digunakan oleh user saat ini.

2. Nomor Telepon User yang Dimasukkan Salah

Kesalahan mendasar kedua yang bisa saja dilakukan adalah bahwa nomor yang dimasukkan pada sistem untuk tujuan pengiriman OTP SMS adalah nomor yang salah. Hal ini mungkin terjadi sebab di era sekarang, memiliki beberapa nomor seluler menjadi hal yang wajar.

Tentu kesalahan ini juga berada pada sisi user, dan sebagai penyedia layanan Anda harus senantiasa mengingatkan user untuk memasukkan nomor yang benar, yang saat ini sedang digunakan, dan berada dalam keadaan aktif.

Solusi dari permasalahan ini adalah mengganti nomor yang dimasukkan dengan nomor yang benar. Idealnya sistem akan membutuhkan beberapa saat untuk melakukan penggantian nomor yang digunakan, karena jika terlalu cepat akan dianggap sebagai upaya fraud.

3. Jaringan yang Tersedia Sedang Bermasalah

kenapa kode otp tidak masuk ke sms
Sumber: freepik.com

Bukan tidak mungkin salah satu penyebab dari kode OTP SMS tidak masuk adalah bahwa jaringan yang tersedia sedang bermasalah. Hal ini awam terjadi karena maintenance jaringan seluler dilakukan secara berkala sehingga membuat pesan berisi kode OTP tidak diterima oleh user.

Hal ini benar-benar diluar kapasitas sistem yang Anda sediakan dan user yang menggunakan layanan Anda, dan sepenuhnya kedua pihak hanya dapat menunggu hingga proses maintenance ini selesai. Pada proses rutin, durasinya tidak akan lama.

Tentu, untuk permasalahan ini solusi sepenuhnya diserahkan pada penyedia layanan seluler. Namun untuk penggunaan kode OTP WhatsApp, user mungkin saja masih bisa menerimanya jika terhubung pada jaringan internet WiFi yang aktif.

4. Berada di Area Blind Spot

Kenapa kode OTP tidak masuk ke SMS? Bisa jadi user berada di area yang tidak memiliki sinyal seluler sama sekali. Beberapa titik di wilayah Indonesia masih dapat dikatakan blind spot, bahkan untuk sinyal seluler sekalipun.

Biasanya hal ini terjadi pada area-area yang terpencil, memiliki objek atau bentang alam yang bergunung-gunung atau hutan, dan faktor lain yang dapat menghambat sinyal diterima oleh perangkat yang digunakan user.

Tentu solusi yang bisa diberikan adalah dengan mencari area yang terjangkau sinyal. Hal ini bisa disiasati dengan berpindah ke area lebih tinggi, atau ke area yang tidak terhalang objek besar atau tebal.

Meski demikian hal ini sangat jarang terjadi, sebab SMS hanya memerlukan sinyal seluler yang terhubung ke layanan, untuk dapat menerima pesan yang dikirimkan oleh sistem Anda.

5. Cek Pengaturan Pemblokiran Panggilan atau Pesan Singkat

kenapa kode otp tidak masuk ke sms
Sumber: freepik.com

Pada beberapa perangkat, pengaturan default yang dimiliki adalah memblokir panggilan atau pesan singkat yang nomornya tidak dikenal. Hal ini dapat menjadi penyebab kenapa kode OTP tidak masuk ke SMS, karena sistem dalam perangkat tidak didesain untuk mengizinkan pesan masuk dari nomor yang tidak dikenal.

Untuk mengatasinya, user dapat memeriksa pengaturan ini pada smartphone yang digunakan, dan memastikan pembatasan panggilan atau penerimaan pesan telah dihilangkan. Hal ini sering terjadi ketika sistem tidak dapat mengganti nama pengirim dengan nama khusus yang dipilih, sehingga dibaca sebagai nomor asing.

Pada beberapa sistem yang lebih canggih, hal ini tidak akan jadi masalah sebab nama pengirim dapat diubah sesuai dengan nama layanan yang Anda miliki. Dengan demikian mungkin saja identitas sistem lebih mudah dikenali oleh perangkat yang digunakan user.

Baca Juga: 7 Keuntungan Penggunaan Kode OTP WhatsApp untuk Bisnis 

Pada dasarnya, penyebab kenapa kode OTP tidak masuk ke SMS lebih banyak berasal dari sisi user. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik dan penyedia layanan tidak perlu terlalu cemas. Namun tentu akan lebih baik jika pengetahuan ini juga sampai ke tangan user, sehingga user lebih aware pada penyebab tidak masuknya SMS OTP ke perangkat yang mereka gunakan.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya