12 Jenis Pelanggan Dalam Bisnis & Cara Tepat Menghadapinya

jenis jenis pelanggan dalam bisnis

Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Ini sebagai salah satu bukti bahwa pelanggan sangat penting dalam dunia bisnis. Namun, kenyataannya jenis jenis pelanggan dalam bisnis ada banyak sekali. 

Ada tipe pelanggan yang hanya melihat-lihat saja hingga ada juga yang menjadi pelanggan setia. Setiap tipe pelanggan tentu saja akan berbeda cara menghadapinya. Untuk itulah, pada artikel ini akan diuraikan secara lengkap, tipe tipe pelanggan dalam bisnis dan cara menghadapinya. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Jenis-Jenis Pelanggan Berdasarkan Sumbernya

jenis pelanggan berdasarkan sumber
Pelanggan Eksternal

Berikut ini tipe tipe pelanggan dalam bisnis berdasarkan sumbernya.

1. Pelanggan Eksternal

Pelanggan eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis pelanggan dalam bisnis. Apa yang dimaksud konsumen eksternal? Konsumen ini adalah semua pelanggan yang berasal dari kalangan masyarakat, yang secara langsung menggunakan produk yang perusahaan tawarkan. 

Adapun contoh tipe pelanggan ini adalah seorang ibu rumah tangga yang rutin belanja bulanan di suatu toko. Cara menghadapi pelanggan jenis ini adalah dengan memberikan pelayanan terbaik, agar mereka bisa secara terus menerus menggunakan produk dan layanan Anda. 

2. Pelanggan Internal

Apa yang dimaksud konsumen internal? Pelanggan internal adalah pelanggan yang berasal dari lingkup perusahaan yang membeli suatu barang atau layanan perusahaan, untuk kemudian mereka jual ke orang lain. Biasanya, pelanggan ini membuat kesepakatan bekerja dengan perusahaan demi mendapat keuntungan.

Tipe pelanggan ini termasuk bagian penting sebuah perusahaan, sehingga perlu untuk dijaga. Caranya, yaitu dengan mensupport mereka dalam bentuk pembuatan sistem dan struktur kerja yang efisien. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan support aplikasi Sales CRM, demi mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. 

3. Pelanggan Antara (Perantara)

Pelanggan antara adalah konsumen yang berperan sebagai perantara dan sifatnya mirip pelanggan eksternal dan internal. Ciri dari pelanggan ini yaitu tidak menggunakan produk untuk kepentingan pribadi dan berperan dalam mendistribusikan produk atau layanan bisnis kepada pelanggan akhir.

Selain itu, pelanggan ini juga berperan dalam memberikan masukan kepada produsen untuk meningkatkan layanan bisnis mereka. Adapun untuk keuntungan pelanggan ini dari perbedaan harga antara harga pembelian dari produsen dengan harga penjualan kepada pelanggan akhir. 

Jenis-Jenis Pelanggan Berdasarkan Tipe

pelanggan berdasarkan tipe
Pelanggan Analis

Tipe pelanggan sangat beraneka ragam, mulai dari yang ekspresif hingga yang dingin dan agresif. Berikut uraian dan penjelasan lengkapnya:

1. Ekspresif

Pelanggan dengan tipe ekspresif cenderung akan langsung mengekspresikan apresiasi tanpa pikir panjang. Bahkan, tidak jarang mereka akan menunjukkan emosi saat berbicara atau berkomunikasi. 

Cara menghadapi pelanggan tipe ini adalah menciptakan obrolan ringan dengan mereka, sebagai bentuk meningkatkan hubungan. Lakukan semuanya dengan santai, agar interaksi bisa berjalan dengan baik. 

Selain itu, usahakan juga Anda memperhatikan kata-kata saat berbicara dengan mereka. Hindari penggunaan kata yang menyinggung, karena kemungkinan bisa membuat mereka emosi dan malah meninggalkan toko Anda. 

2. Analis

Analis merupakan jenis jenis pelanggan yang cenderung memprioritaskan kualitas daripada kuantitas suatu produk. Tipe pelanggan ini akan selalu memikirkan setiap aspek produk secara serius. Untuk itulah, pelanggan jenis ini akan selalu mengambil keputusan secara lambat, demi mendapatkan keputusan yang tepat. 

Cara menghadapi pelanggan jenis ini yaitu dengan menyediakan data-data produk secara akurat dan lengkap. Ini penting, karena mereka tidak akan terkesan dengan kata-kata manis pemasaran, tetapi sebaliknya mereka akan lebih tertarik dengan penjelasan rinci berdasarkan data dan fakta yang ada. 

3. Suka Komplain

Tipe pelanggan ini sering sekali membuat pusing. Ini karena mereka akan sering mengeluhkan produk yang mereka beli. Namun, sebagai pemilik bisnis, Anda harus mendengarkan semua keluhan pelanggan, jika ingin mereka tetap membeli produk Anda. 

Selain itu, dalam menghadapi pelanggan jenis ini, Anda sebaiknya jaga suara dan ekspresi. Menjaga sikap ini penting, terlepas keluhan itu benar atau salah, karena memang memberikan penghakiman pada mereka malah akan memperbesar masalah. 

4. Dingin dan Agresif

Contoh tipe pelanggan selanjutnya yaitu dingin dan agresif. Jenis jenis pelanggan ini sering sekali membuat banyak orang bingung cara menghadapinya, karena sikap dinginnya. 

Dalam hal ini, cara paling tepat menghadapi mereka adalah dengan bersikap santai dan tenang. Hindari menggunakan tindakan atau kata-kata yang mengintimidasi saat berkomunikasi dengan mereka! Sebaliknya, bersikap ramah dan menggunakan kata-kata baik, akan membuat mereka bersikap lebih baik pada Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mencari tahu akar permasalahan mereka, untuk memberikan solusi secepatnya. Kemudian, Anda juga bisa menawarkan opsi solusi seperti kompensasi dan sejenisnya untuk mengembalikan mood mereka. 

Baca Juga: Kepuasan Pelanggan: Cara Meningkatkan Hingga Indikatornya

Jenis Pelanggan Berdasarkan Karakteristik 

pelanggan berdasarkan karakteristik
Pelanggan Loyal

Adapun jenis jenis pelanggan berdasarkan karakteristiknya adalah:

1. Pelanggan Baru

Jenis jenis pelanggan baru biasanya memiliki peluang besar untuk menjadi pelanggan setia, terutama jika produk Anda berkualitas. Untuk itulah, karakteristik dari pelanggan ini perlu untuk selalu Anda follow up, agar mereka bisa kembali lagi berbelanja di toko Anda. 

Cara menghadapi pelanggan jenis ini yang paling utama adalah dengan memberikan layanan terbaik. Anda bisa mulai dari hal kecil, seperti memberikan informasi produk secara lengkap dan melakukan pelayanan yang menyenanngkan serta responsif kepada mereka. Ini penting, agar mereka mau datang lagi ke toko Anda. 

2. Pelanggan Potensial

Contoh jenis jenis pelanggan berdasarkan karakteristik selanjutnya yaitu pelanggan potensial. Ini merupakan pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk Anda secara terus menerus. Biasanya, pelanggan ini akan mengunjungi website, menyukai produk, hingga mengikuti akun bisnis Anda. 

Cara menghadapi pelanggan jenis ini adalah dengan menarik perhatian mereka dan memberikan rasa takut ketinggalan. Anda bisa menawarkan promo dalam waktu-waktu tertentu, seperti cashback, diskon produk, hingga promo ongkir. Ini biasanya akan cukup ampuh untuk menarik minat mereka.

3. Pelanggan Pengincar Diskon

Tipe pelanggan ini sangat senang saat melihat promo atau diskon produk. Bahkan, mereka biasanya akan langsung membeli produk yang sedang diskon tanpa pikir panjang. Ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. 

Anda bisa menawarkan promo terbaik pada mereka, agar langsung membeli produk tersebut. Misalnya, dengan menawarkan produk beli 2 jadi lebih murah atau bahkan mendapatkan hadiah.

4. Pelanggan Loyal atau Setia

Jenis jenis pelanggan ini paling susah dicari, namun biasanya muncul ketika produk Anda benar-benar berkualitas. Selain itu, selalu memberikan pelayan terbaik juga bisa mendatangkan pelanggan setia pada toko Anda. 

Misalnya dengan memberikan penawaran proses pengiriman yang aman dan cepat dalam setiap pembelian produk. Atau mungkin bisa juga dengan memberikan  rewards pada setiap pembelian dengan jumlah tertentu, sampai voucher diskon besar-besaran.

Baca Juga: Apa Itu Customer Retention Dalam Bisnis? Ini Strateginya!

5. Pelanggan Impulsif

Tipe pelanggan terakhir ini adalah jenis konsumen yang mengambil keputusan secara cepat. Mereka biasanya akan langsung membeli saat harga produk turun atau promo menguntungkan. 

Adapun memberikan pelayanan dan harga terbaik adalah pondasi paling kuat untuk mendapatkan pelanggan ini. Misalnya, dengan responsif saat ditanya pelanggan hingga menawarkan berbagai pilihan pembayaran dan pengiriman untuk mereka.

Sudah Tahu Jenis Jenis Pelanggan?

Jenis pelanggan ada beragam dan cara menghadapinya juga berbeda-beda. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengenali dengan baik calon pelanggan agar bisa sukses dalam berbisnis nantinya. Namun, terkadang di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, ada pelanggan yang melakukan penipuan. 

verifikasi pelanggan
ID Check Verihubs

Dalam hal ini, produk ID Check dari Verihubs adalah solusi terbaik untuk ini. Karena, Verihubs menawarkan produk untuk memverifikasi keaslian kartu identitas pengguna dengan cepat, mudah, dan bahkan sudah terverifikasi OJK. Sehingga, mampu membuat proses pendaftaran akun atau aplikasi menjadi lebih cepat.

Menariknya, tak hanya untuk memverifikasi identitas, produk ID Check Verihubs juga mampu menginput data identitas pelanggan Anda ke dalam form di sistem maupun aplikasi Anda secara otomatis setelah proses scan selesai. Jadi, tentunya hal ini akan mempermudah proses kerja karyawan perusahaan Anda dan membuat pelanggan tidak perlu menunggu lama dan meminimalisir potensi human error, seperti pada saat proses input manual. Jadi, tunggu apa lagi, yuk coba!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya