Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Face Recognition Ini

kelebihan dan kekurangan face recognition

Teknologi face recognition semakin hari semakin canggih, dan banyak diterapkan di berbagai segmen bisnis. Tidak hanya di bagian hulu, namun juga di bagian hilir untuk menunjang efisiensi serta proteksi pada akses. Namun seperti kebanyakan hal lain, terdapat kelebihan dan kekurangan face recognition ini.

Kelebihan dan kekurangan dari face recognition sendiri dapat Anda cermati pada penjelasan di bawah ini. Jelas, pemahaman pada keduanya akan membantu Anda membuat pertimbangan yang matang terkait penggunaan teknologi ini.

Maka tanpa berpanjang-lebar lagi, mari simak penjelasan lengkapnya pada poin-poin berikut ini!

Baca Juga: 5 Keuntungan Penerapan Verifikasi Biometrik untuk Proses Boarding Penumpang

6 Kelebihan dari Teknologi Face Recognition

kelebihan dan kekurangan face recognition
Sumber: freepik.com

Pertama, mari bahas mengenai kelebihan yang ditawarkan dari teknologi ini terlebih dahulu. Kelebihan yang dibahas akan dilakukan secara umum, dan sifatnya general untuk setiap jenis industri dan segmen penerapan teknologi ini.

1. Pertama, Mudah dan Praktis

Teknologi ini memungkinkan pengamanan akses dengan cara yang mudah dan praktis. Jika dahulu seorang user harus mengingat kombinasi username dan password, kini user tinggal berdiri di depan mesin pemindai, dan akses akan dengan mudah diberikan ketika data terverifikasi.

Hal ini juga berarti membawa banyak kemudahan pada setiap golongan masyarakat karena prosesnya yang tidak rumit dan sangat sederhana untuk user.

2. Tingkat Akurasi Data yang Tinggi

Karena menggunakan basis data profil wajah yang kemudian dianalisis sebagai serangkaian kode dalam sistem, akurasi data yang dimiliki terbilang sangat tinggi. Kesalahan akan berada pada titik minimal, pada bidang pencocokan dan verifikasi data.

Bahkan pada orang-orang yang memiliki kemiripan profil atau bentuk wajah, perbedaan akan tetap dapat diidentifikasi dengan baik.

3. Sulit Diduplikasi atau Dipalsukan

Ekstraksi data pada profil wajah dilakukan berulang pada tahap awal, untuk mendapatkan data seakurat mungkin pada akun milik user. Dengan demikian, sistem dapat mengidentifikasi dengan identik seorang user, dan aksesnya akan sulit diduplikasi.

Bahkan, pada beberapa teknologi yang telah lebih maju, dapat pula dideteksi apakah wajah yang ada di depan mesin pemindai merupakan topeng atau wajah manusia asli. Hal ini dapat dikombinasikan dan didukung dengan fitur seperti liveness detection.

4. Terhubung dengan Database yang Solid

Pada produk face recognition yang baik, sistem akan dapat terhubung dengan database solid seperti milik pemerintah. Hal ini tentu dilakukan secara legal, dalam rangka meningkatkan akurasi data yang diverifikasi serta proteksi akses yang dimiliki user.

Dengan begini, data akan senantiasa diperbarui dari waktu ke waktu.

5. Proses Touchless

Jelas, fitur ini memungkinkan permintaan akses dilakukan secara touchless. Tidak seperti sidik jari, yang juga menggunakan teknologi biometrik, face recognition hanya memerlukan pemindaian citra wajah secara mudah, tanpa menyentuh perangkat apapun.

Dalam era kekinian, tentu hal ini menjadi proses yang jauh lebih higienis dan bersih.

6. Fleksibilitas Penerapan dalam Berbagai Industri

Serupa dengan metode proteksi akses lain, penerapan face recognition dapat digunakan pada berbagai jenis industri berbeda. Hal ini karena pengenalan dilakukan pada bagian wajah, dan bukan melalui sidik jari atau harus memasukkan serangkaian kode.

Mulai dari perbankan, fintech, aplikasi smartphone, kesehatan, pariwisata, pertambangan, pengelolaan bisnis, dan lain sebagainya.

Simak Juga Sedikit Kekurangannya

kelebihan dan kekurangan face recognition
Sumber: freepik.com

Lebih kepada sedikit tantangan yang harus dihadapi saat bisnis Anda menggunakan fitur ini secara praktis, Anda dapat melihatnya di bagian ini.

Tantangan pada Kondisi saat Pemindaian

Kesesuaian cahaya, kebersihan perangkat pemindai, penggunaan aksesoris di bagian wajah, akan menjadi tantangan kecil yang harus dihadapi atas semua kelebihan di atas. Kelebihan dan kekurangan face recognition sendiri dipandang hal yang wajar, dan tidak kemudian mengurangi manfaat yang diberikan.

Tantangan ini dapat diselesaikan dengan penyesuaian sederhana pada ruangan atau area pemindaian wajah, serta memberikan notifikasi sederhana pada user untuk prosedur scanning yang dilakukan.

Baca Juga: Berbeda dari Otentikasi, Ternyata Begini Cara Kerja Otorisasi Wajah! 

Secara umum, kelebihan dan kekurangan face recognition ini akan Anda temui pada berbagai produk dan layanan tersebut. Hanya saja, perbedaan akan muncul pada keunikan dan cara perusahaan menangani risiko yang dimiliki, serta memastikan dukungan untuk setiap masalah yang ditemui ketika menggunakan produknya. Meskipun, sekali lagi, hal ini akan jarang sekali muncul pada produk berkualitas seperti Verihubs.

Verihubs, Face Recognition dengan Dukungan Deteksi Teknologi AI

Verihubs hadir sebagai salah satu produk verifikasi yang dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis yang ada di dunia. Pada produk Face Recognition yang ditawarkannya, Verihubs telah menggunakan teknologi AI dalam meningkatkan efisiensi verifikasi data yang dilakukan.

Prosesnya singkat, dengan pengunggahan gambar pertama, kemudian pengunggahan gambar kedua, kemudian data yang dimasukkan akan dianalisa dan dibandingkan dengan data yang ada di database, dan verifikasi selesai.

Proses ini hanya berlangsung dalam hitungan detik tanpa mengurangi akurasi pencocokannya. Verihubs memahami benar bahwa mengetahui kelebihan dan kekurangan face recognition adalah hal mendasar untuk calon kliennya. Maka dari itu, segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lebih lengkap dan terperinci sekarang juga!