Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

7 Keuntungan Penggunaan Kode OTP WhatsApp untuk Bisnis

kode otp whatsapp

Dalam rangka memberikan proteksi pada akses akun WhatsApp yang dimiliki penggunanya, penyedia layanan komunikasi digital tersebut memberikan kode OTP WhatsApp. Kode ini nantinya berguna untuk memastikan akses yang diminta oleh user merupakan akses yang legal dan valid, diminta oleh user pemilik akun asli.

Tapi tahukah Anda apa sebenarnya yang dimaksud kode OTP WhatsApp itu sendiri?

Nah, untuk Anda yang mungkin belum mengetahui banyak perihal kode ini, artikel ini secara singkat akan memberikan ulasannya. Mulai dari pengertian hingga cara mendapatkannya, Anda bisa simak di poin singkat berikut ini.

Baca Juga: Proses Validasi Data adalah Hal Penting dalam bisnis Fintech, Simak di Sini!

Apa Itu Kode OTP WhatsApp?

kode otp whatsapp
Sumber: freepik.com

Pada dasarnya, kode ini merupakan kode yang disampaikan melalui akun WhatsApp yang dimiliki, sehingga dapat melanjutkan transaksi sesuai dengan kebutuhan. Kode OTP yang diberikan serupa dengan apa yang dikirimkan melalui pesan singkat, namun menggunakan platform WhatsApp sebagai media penyampaiannya.

One-Time Password merupakan kepanjangan dari OTP, merupakan metode verifikasi yang digunakan oleh sebuah layanan untuk memastikan akses atau permintaan transaksi yang dilakukan benar-benar diajukan oleh user yang valid.

Kode OTP WhatsApp kemudian kode yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp, ke akun yang telah ditunjuk sebelumnya. Untuk melanjutkan transaksi maka user harus memasukkan kode yang diterima pada akun WhatsApp secara benar.

Seperti namanya, kode ini hanya dapat digunakan satu kali saja, atau dalam periode waktu tertentu. Maka dari itu, ketika kode ini tidak segera dimasukkan, masa berlakunya akan hangus dan harus diminta kode baru untuk melakukan transaksi.

Cara Mendapatkan Kode OTP dari WhatsApp

kode otp whatsapp
Sumber: freepik.com

Sebenarnya jika berbicara mengenai cara mendapatkan OTP dan WhatsApp, prosesnya tidaklah sulit. Selama layanan yang digunakan sudah memiliki fitur tersebut, atau menggunakan layanan CRM yang terintegrasi, maka hal ini tidak akan jadi masalah.

Cara mendapatkan OTP dari WhatsApp secara umum adalah sebagai berikut.

Buka aplikasi atau layanan yang akan digunakan

  • Lakukan transaksi seperti biasa
  • Saat diminta memilih pengiriman kode OTP, pilih WhatsApp. Tidak semua layanan menyediakan opsi pengiriman OTP ini, namun jika opsinya tersedia maka Anda bisa menggunakan opsi tersebut
  • Tunggu beberapa saat hingga kode OTP dikirimkan ke akun WhatsApp Anda
  • Masukkan kode OTP sesuai arahan dari layanan
  • Dan selesai, transaksi telah berhasil dilakukan

Pada dasarnya, penggunaan kode ini sendiri serupa dengan penggunaan kode OTP melalui layanan pesan singkat. Hanya saja tentu ketika menggunakan metode ini, smartphone Anda harus terhubung dengan internet aktif, karena pada dasarnya WhatsApp menggunakan jaringan internet untuk dioperasikan.

Kelebihan Penggunaan Kode OTP WhatsApp

kode otp whatsapp
Sumber: freepik.com

Penggunaan kode OTP dinilai sebagai cara paling aman dalam melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja, sebab password yang dikirimkan hanya dapat digunakan satu kali. Perihal penggunaan platform yang berbeda, tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk penggunaan kode OTP WhatsApp sendiri, beberapa kelebihan dapat diperoleh, baik dari sisi user atau dari sisi penyedia layanan.

Kelebihan dari Sisi User

  • Pengiriman kode tidak terpengaruh dengan sinyal seluler yang dimiliki, sebab penggunaan jaringan internet jadi kanal utamanya
  • Menjamin keamanan kode karena sistem enkripsi WhatsApp yang kuat
  • Tidak bergantung pada aktif atau tidaknya nomor seluler, selama akun WhatsApp aktif, maka OTP dapat diterima

Kelebihan dari Sisi Penyedia Layanan

  • Hemat biaya dengan transaksi transparan
  • Tetap aman dan terpercaya karena dapat dihubungkan dengan akun WhatsApp bisnis
  • Tingkat pengiriman lebih tinggi
  • Identitas pengirim dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Dari kelebihan-kelebihan di atas, semuanya menguntungkan user dan penyedia layanan. Maka tak heran rasanya jika beberapa waktu ke depan, pengiriman OTP menggunakan WhatsApp akan lebih populer daripada pengiriman kode OTP menggunakan layanan pesan singkat.

Pilih Penyedia Layanan Verifikasi dan OTP WhatsApp Terbaik

Pemilihan penyedia layanan verifikasi OTP WhatsApp yang terbaik akan menjadi kunci baiknya pengalaman user yang Anda miliki. Dengan akurasi tinggi, pengelolaan pengiriman kode yang tersistem, dan jaminan keamanan yang tinggi, hendaknya penyedia layanan verifikasi yang dipilih mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan Anda.

Verihubs, dalam hal ini, menyediakan sejumlah layanan verifikasi yang dapat dipilih dengan leluasa. Salah satu produk andalan dari Verihubs adalah WhatsApp Global OTP, yang memungkinkan pengiriman kode OTP menggunakan WhatsApp dengan efektif dan efisien.

Proses kerjanya sangat sederhana, user akan melakukan log in, kemudian kode akan dikirimkan ke akun milik user, user memasukkan kode OTP dengan benar, dan layanan yang Anda sediakan akan dapat memverifikasi akses masuk atau transaksi yang diminta tersebut.

Baca Juga: Mengenal OTP WhatsApp dan Perbedaannya dengan OTP SMS 

Verihubs sebagai salah satu produk verifikasi terbaik di Indonesia selalu mengedepankan kenyamanan user dalam menggunakan sebuah layanan. Ini mengapa metode verifikasi yang diberikan begitu sederhana, begitu mudah, namun tanpa mengesampingkan proteksi yang diberikan. Dengan menggunakan produk Verihubs, pengiriman kode OTP WhatsApp dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, sehingga semua pihak akan diuntungkan. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan penawaran terbaik untuk bisnis Anda!