Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

4+ Manfaat Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Anda

kepuasan pelanggan

Senantiasa melakukan pengukuran pada tingkat kepuasan pelanggan akan menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis yang efektif. Pasalnya, pelanggan yang Anda miliki adalah aset jangka panjang, terlebih jika pelanggan tersebut telah melakukan pembelian ulang dan masuk ke kategori pelanggan setia.

Meski demikian, tidak banyak bisnis yang melakukan pengukuran ini dengan benar, sehingga hasil yang didapatkan cenderung tidak komprehensif. Di artikel ini, akan disampaikan bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan yang tepat, manfaatnya, serta cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ini.

Baca Juga: 9 Keunggulan Phone Number Verification

4 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan yang Dimiliki

kepuasan pelanggan
Sumber: freepik.com

Setidaknya terdapat 4 cara umum yang biasa digunakan dalam rangka mengukur tingkat kepuasan yang dimiliki pelanggan atas layanan, produk, atau brand yang Anda miliki. Mulai dari ghost shopping, kemudian melakukan analisis pada pelanggan, survei, hingga penanganan keluhan dan saran.

Penjelasan keempat cara tersebut dapat Anda peroleh di bawah ini.

Pertama, Ghost Shipping

Metode ini juga dikenal dengan sebutan metode pembelian bayangan. Perusahaan dapat merekrut orang-orang untuk melakukan pembelian pada produk milik perusahaan dan produk milik pesaing. Setelah selesai, kemudian pembeli ini dimintai keterangan terkait tingkat kepuasan dan perbandingan layanan dan produk antara milik Anda dan milik pesaing.

Kedua, Analisis Pelanggan

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis pada pelanggan yang dimiliki. Apa yang dianalisis adalah perilaku pelanggan sebelum, saat, dan setelah berbelanja. Data yang diperoleh dapat digunakan untuk melihat apakah pelanggan merasa puas dengan layanan dan produk yang Anda sediakan atau tidak.

Selanjutnya, Survei

Mungkin menjadi salah satu cara paling klasik yang bisa digunakan, yakni dengan serangkaian pertanyaan atau pertanyaan singkat yang diajukan pada pelanggan. Jawaban dari pertanyaan ini, yang diperoleh dari pihak pelanggan, akan menjadi data utama yang dianalisis untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan pelanggan yang ada saat ini.

Terakhir, Sistem Penanganan Keluhan dan Saran

Seberapa tinggi tingkat kepuasan yang dimiliki pelanggan juga dapat dilihat dari hasil penanganan keluhan dan saran yang masuk ke bagian customer service atau bagian ini pada umumnya. Pertanyaan dapat diajukan secara relevan dan komprehensif, dan hasil dari jawaban pelanggan dapat dianalisis untuk mengetahui sejauh mana kepuasan yang dimiliki.

Tapi Sebenarnya Apa Manfaatnya Mengetahui Kepuasan Pelanggan?

kepuasan pelanggan
Sumber: freepik.com

Pada bisnis atau dunia industri, kepuasan pelanggan yang diperoleh dapat membawa banyak sekali manfaat. Salah satunya jelas adalah bahwa akan terjadinya pembelian ulang pada produk yang Anda sediakan, karena pelanggan merasa puas, yang artinya apa yang dibutuhkan mereka dapat diperoleh dari produk Anda.

Namun tidak hanya itu saja, beberapa manfaat lain dari kepuasan dari sisi pelanggan adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat Posisi Brand di Pasar

Dengan pelanggan yang puas, posisi produk di pasar jelas akan menjadi kuat. Produk akan terus dicari oleh pelanggan, dan mendapatkan titik strategis di bagian display. Hal ini secara pemasaran juga sangat baik, karena lebih mudah dilihat oleh calon pelanggan yang hadir di pasar.

2. Impresi Positif pada Bisnis Anda

Pelanggan yang puas selalu berawal dari produk yang dapat memenuhi kebutuhannya, serta layanan yang membuat mereka nyaman. Citra baik akan muncul pada brand dan bisnis yang Anda miliki, sehingga keuntungan berupa value positif bisa didapatkan untuk banyak sekali kepentingan bisnis jangka panjang.

3. Pelanggan Loyal

Kepuasan akan merujuk pada loyalitas yang dimiliki pelanggan pada produk atau brand yang Anda miliki. Jelas, hal ini akan sangat baik untuk produk Anda, terlebih ketika Anda ingin mengeluarkan lini produk baru. Dengan brand yang sudah dipercaya oleh pasar, maka produk ini akan dapat tumbuh lebih mudah di pasar ketika dilepaskan.

4. Faktor Pembanding dengan Bisnis Kompetitor

Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan juga bisa bermanfaat untuk melakukan pengembangan bisnis, dalam hal ini membandingkan dengan produk pesaing. Jika kebetulan tingkat kepuasan pelanggan belum optimal, maka Anda bisa belajar dari pesaing Anda untuk meningkatkan kualitas atau layanan yang diberikan.

5 Tips Jitu untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Anda

kepuasan pelanggan
Sumber: freepik.com

Nah, agar tingkat kepuasan dari pelanggan semakin baik, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dengan adaptasi pada konteks bisnis yang Anda miliki.

  • Pertama, susun customer journey yang baik, sehingga produk tidak sekedar menjadi barang fisik saja, namun membuat pelanggan merasa nyaman sejak kontak pertama yang terjadi.
  • Kedua, cek laporan penjualan dengan teliti dan terus pelajari kondisi pasar. Dengan begini Anda akan mengetahui dinamika yang terjadi, sehingga penyesuaian strategi dapat dilakukan dengan cepat.
  • Ketiga, berikan sesuatu yang lebih. Harga yang lebih menarik, bundling produk, layanan yang lebih ramah dan berkualitas, hingga peningkatan kualitas produk, akan jadi cara efektif meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Keempat, berikan pengalaman yang unik dan berkesan. Jelas dalam artian positif, pengalaman yang diperoleh pelanggan saat menggunakan produk Anda akan berarti banyak dalam meningkatkan kepuasan yang didapatkannya.
  • Kelima, pastikan saluran keluhan pelanggan dan komunikasi yang lancar, salah satunya dengan menggunakan chatbot WhatsApp. Fitur ini sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan respon dari bagian CS Anda, sehingga pelanggan bisa memperoleh bantuan dengan cepat atas keluhan yang dimilikinya.

Baca Juga: OTP SMS dan OTP WhatsApp, Apa Beda Keduanya? 

Optimasi penggunaan chatbot WhatsApp akan jadi titik kuat bisnis Anda, dalam rangka meningkatkan kepuasan. Fitur ini juga dapat digunakan untuk membantu verifikasi data pelanggan, dengan dipadukan bersama produk WhatsApp Business Chatbot  dari Verihubs.

WhatsApp Business Chatbot dari Verihubs, Produk Verifikasi dengan Cakupan Luas

Produk ini sendiri dapat membantu proses verifikasi pelanggan yang dibutuhkan saat mengajukan keluhan melalui WhatsApp. Dengan integrasi dengan chatbot WhatsApp, Verihubs dapat membantu Anda mengumpulkan data pelanggan dengan akurat, sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan di waktu yang bersamaan. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan semua informasi yang diperlukan dalam penggunaannya!